Investasi

Berikut 5 Cara Menabung yang Benar, Ayo Mulai Berhemat!

Menabung adalah hal penting yang perlu Anda lakukan demi mencapai semua rencana masa depan Anda. Menabung bisa dikatakan sebagai investasi pribadi untuk sesuatu yang ingin dicapai di masa depan. Terlepas dari apapun tujuannya, mulai dari menabung untuk menikah, beli rumah, beli mobil, naik haji, maupun untuk tujuan jangka pendek, menabung membutuhkan niat yang kuat didukung dengan konsistensi yang baik.

Nah, selain niat dan konsistensi, keberhasilan Anda menabung juga dapat dilihat dari cara Anda menabung. Tak perlu khawatir, berikut Investree sajikan pembahasannya untuk Anda. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menentukan Tujuan Menabung

Sebelum mulai menabung, tentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda menabung. Apakah menabung untuk jangka pendek atau jangka panjang. Apabila Anda memiliki lebih dari satu tujuan, buatlah daftar tujuan tersebut. Setelah itu, tentukan tujuan mana yang perlu Anda prioritaskan terlebih dahulu. Anda dapat menentukan prioritas berdasarkan kebutuhan yang paling mendesak.

Misalkan, Anda ingin menabung untuk membeli smartphone baru dan motor. Tapi, ternyata smartphone yang Anda miliki saat ini masih berfungsi dengan baik, sedangkan motor sudah sering mogok, padahal digunakan untuk mobilitas setiap harinya. Maka, prioritaskan menabung untuk membeli motor terlebih dahulu.

Dari tujuan itulah maka akan jelas tabungan itu nantinya akan digunakan untuk apa dan harus dicapai dalam berapa lama. Dengan begitu, Anda akan terus termotivasi untuk berhemat dan menabung setiap hari supaya tujuan dapat tercapai sesuai rencana.

2. Menetapkan Target

Setelah menentukan tujuan, tetapkan juga target yang diperlukan supaya tabungan tercapai. Perkirakan harga barang yang diminati serta waktu yang diperlukan untuk untuk mencapai target tersebut. Target yang ditentukan tentu perlu disesuaikan kembali dengan penghasilan Anda setiap bulannya.

3. Membuat Anggaran

Tips menabung yang sering diabaikan adalah dengan menyisihkan, bukan menyisakan. Supaya jumlah yang ditabungkan konsisten sesuai target yang telah ditetapkan, mulai saat ini Anda harus menerapkan kebiasaan menyisihkan penghasilan atau pemasukan di awal bulan, bukannya menabung sesuai sisa di akhir bulan.

Untuk itu Anda harus mencatat pemasukan dan pengeluaran bulanan secara rutin. Pemasukan bulanan tidak hanya dari gaji saja, akan tetapi juga pemasukan lainnya seperti pemasukan bisnis, komisi penjualan, pekerjaan sampingan, maupun pemasukan lainnya.

Sedangkan untuk pengeluaran, catat mulai dari kebutuhan bulanan, tagihan, belanja, cicilan utang, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi persentase menabung minimal per bulan dari selisih pemasukan dan pengeluaran yang telah dicatat.

4. Menabung Mulai Nominal Terkecil

Anda perlu konsisten agar tabungan tercapai sesuai target dan tujuan. Mulailah dengan niat dan menabung dari nominal terkecil. Jika dirasa Rp 1 juta per bulan terlalu berat, maka Anda bisa menyiasati dengan cara menabung yang unik, seperti menyesuaikan nominal yang ditabung per hari sesuai tanggal di hari itu. Dengan demikian, dalam satu bulan saja, Anda sudah bisa memperoleh setidaknya Rp 465 ribu.

5. Mulai Berinvestasi

Investasi juga dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan finansial Anda. Anda hanya harus pandai-pandai memilih produk investasi yang sekiranya nilainya tetap tumbuh dan mengalahkan inflasi. Pilih investasi yang fluktuasinya stabil dan likuid serta mudah dicairkan untuk jangka pendek. Sedangkan, untuk jangka panjang, pilih investasi yang dapat memberikan imbal hasil tinggi dengan fluktuasi yang juga lebih tinggi. Jangan lupa juga untuk terus memperhatikan tingkat risiko dan terus melakukan diversifikasi pada portofolio investasi Anda.

Investasi kini pun kian mudah untuk dilakukan karena dapat dilakukan secara online. Salah satu alternatifnya adalah dengan melakukan pendanaan pinjaman pada platform Investree. Anda berkesempatan untuk memperoleh imbal hasil hingga 20% per tahun dan juga membantu pertumbuhan UKM di Tanah Air. Cari tahu info selengkapnya di sini.

Itulah 5 cara menabung yang dapat Anda terapkan mulai saat ini. Berhemat dengan mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak diperlukan juga akan sangat membantu Anda dalam mencapai target tabungan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Benny Fajarai. 8 Juni 2021. 9 Tips Menabung yang Benar dan Efektif Biar Cepat Kaya. Lifepal.co.id: https://bit.ly/3wqGH6V

Share this Post