How-To

Berikut 4 Cara Tepat Membeli Surat Utang Negara

Cara membeli surat utang negara saat ini sangat mudah dilakukan secara online. Surat utang ditawarkan kepada masyarakat individu perorangan melalui mekanisme di pasar perdana. Dilanjutkan dengan bekerja sama dengan mitra atau agen penjualan seperti lembaga finansial terpercaya yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan seperti Investree. Investree menjadi salah satu Mitra Distribusi Penjualan Surat Berharga Negara Ritel yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pesan Surat Berharga Negara sekarang di https://investree.id/invest/sbn atau aplikasi mobile Investree for Lender.

Apa Itu Surat Utang Negara?

Surat Utang Negara merupakan surat berharga yang diterbitkan dan dijual oleh perusahaan negara kepada publik supaya memperoleh suntikan modal. Modal yang diperoleh bisa digunakan untuk melanjutkan pembangunan negara.

Tujuan negara menerbitkan Surat Utang Negara adalah menambal kekurangan kas jangka pendek, membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan mengatur portofolio utang negara.

Surat Utang Negara biasanya diperjualbelikan di pasar primer dan juga pasar sekunder. Pasar primer merupakan tempat penjualan surat utang pertama kali antara suatu perusahaan dengan investor maupun masyarakat. Pada umumnya, harga surat yang dijual bersifat tetap serta jumlahnya cukup terbatas.

Pasar sekunder adalah tempat perdagangan surat utang setelah proses pembelian untuk yang pertama kalinya. Jual beli surat utang ini dilakukan antara investor sehingga harganya bervariasi dan fluktuatif. Keuntungan dari proses jual beli akan didapatkan investor sendiri sehingga perusahaan tidak akan mendapatkan imbal hasil.

4 Cara Membeli Surat Utang Negara

1. Registrasi 

Sebelum melakukan pembelian, Anda diharuskan untuk melakukan registrasi. Registrasi yang dilakukan cukup mudah karena pemerintah menyediakan sistem registrasi secara online pada laman penyedia surat utang yang dipilih. Siapkan identitas diri, berupa Kartu Tanda Penduduk, Nomor Rekening Dana, Nomor Rekening Surat Berharga dan Nomor Single Investor Identification.

Apabila Anda belum memiliki rekening surat berharga, rekening dana, dan nomor Single Investor Identification tidak perlu khawatir karena bisa membuatnya. Saat proses pembuatan akan dipandu oleh Mitra Distribusi yang ditunjuk langsung oleh oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia yaitu Investree. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membuka website resmi Investree di https://investree.id/invest/sbn.

  1. Pemesanan 

Jika proses registrasi sudah selesai dilakukan, langkah selanjutnya yaitu melakukan pemesanan. Inilah langkah-langkah dalam melakukan pemesanan:

  • Pilih dan buka mitra distribusi yang diinginkan yaitu Investree melalui https://investree.id/invest/sbn.
  • Pahami ketentuan yang tertulis pada Memorandum Informasi.
  • Siapkan rekening surat berharga, rekening dana dan nomor Single Investor Identification.
  • Masukkan jumlah nominal surat utang yang akan dibeli.
  • Setelah selesai Anda akan menerima kode billing dan notifikasi yang menginformasikan pesanan telah diverifikasi.

3. Pembayaran

Cara membeli Surat Utang Negara berikutnya yaitu melakukan pembayaran. Jumlah nominal pembayaran yang dilakukan sesuai dengan nominal yang Anda tulis saat proses pemesanan.

4. Konfirmasi Pembayaran

Apabila proses pembayaran selesai Anda lakukan, selanjutnya bisa mengkonfirmasi pembayaran yang dilakukan kepada Mitra Distribusi yaitu Investree. Pastikan Anda sudah mendapatkan kode Nomor Transaksi Penerimaan Negara. Anda juga akan mendapatkan konfirmasi kepemilikan surat utang setelah pemerintah menerbitkannya. Konfirmasi akan berlangsung pada tanggal yang telah ditentukan pemerintah. Jadi, Anda hanya perlu menunggu saja.

Itulah informasi tentang 4 cara membeli Surat Utang Negara. Bisa dibilang proses pembeliannya sangat mudah dilakukan dan imbal hasil yang diterima investor cukup menjanjikan.

Referensi :

Dinda Silviana Dewi. 16 Januari 2020. Keuntungan Investasi Surat Utang Negara dan Cara Beli Via Online.tirto.id. https://bit.ly/2YniCCw

Share this Post