Apa Itu Staking? Inilah Pengertian dan Cara Kerjanya

Kebanyakan orang yang berinvestasi pada aset kripto menganggap bahwa volatilitas menjadi satu-satunya faktor untuk mendapatkan untung. Padahal sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan. Misalnya dengan menggunakan metode staking. Namun, apa itu staking?

Singkatnya, staking merupakan cara untuk mengunci cryptocurrency guna mendapatkan reward atau imbalan. Lantas, bagaimana cara kerja staking? Untuk Anda yang penasaran, simak artikel ini sampai akhir, ya.

Apa Itu Staking?

Staking merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mendapat imbalan dengan mengunci koin ke dalam jaringan untuk membuat jaringan blockchain menjadi aman. Adapun berbagai contoh blockchain yang beroperasi dengan mekanisme proof-of-stake antara lain adalah Solana, Cosmos, dan Cardano.

Jadi, proof-of-stake adalah sistem yang memastikan jika seluruh transaksi telah diverifikasi dan diamankan tanpa institusi penengah tertentu. Jaringan akan aman tergantung dari kejujuran validator dan staking tersebut.

Cara Kerja Staking Crypto

Setelah mengetahui apa itu staking, pasti Anda penasaran dengan cara kerjanya, bukan? Secara umum, cara kerja staking mengharuskan validator untuk mengunci koin mereka. Kemudian selanjutnya akan dipilih acak oleh protokol dengan interval tertentu untuk membuat blok baru.

Umumnya para staker yang mempertaruhkan koin mereka dalam jumlah lebih besar akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dipilih validator. Berbeda dengan proof-of-stake yang mana semua orang dapat menambang koin selagi mereka mempunyai mesin mining dan mesin tersebut dapat menjalankan proses hashing.

Adapun cara untuk menghitung hadiah staking pada blockchain akan berbeda-berbeda. Akan tetapi, umumnya mereka menggunakan metode berdasarkan blok per blok. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan saat menghitung hadiah staking.

  • Banyaknya jumlah koin yang dipertaruhkan oleh validator.
  • Berapa lama validator aktif dalam mempertaruhkan koinnya.
  • Jumlah koin yang dipertaruhkan di jaringan secara total.
  • Tingkat inflasi.

Pada beberapa jaringan lainnya, staking reward juga ditentukan dengan persentase tetap. Nantinya imbalan tersebut akan didistribusikan ke validator yang kemudian mendorong pengguna untuk membelanjakan koin mereka dibanding menyimpan koin tersebut.

Cara Melakukan Staking

Bagi Anda yang baru mencoba staking, tetapi tidak mempunyai dana yang besar, maka bisa coba untuk bergabung dengan staking pool. Jadi, staking pool merupakan sekelompok pemegang koin yang akan menggabungkan koin mereka yang di-stake. Tujuannya untuk meningkatkan peluang mendapatkan hadiah.

Staking pool ini sangat cocok bagi pengguna baru yang masih ingin coba-coba. Nantinya mereka akan menggabungkan kekuatan taruhan dan membagi hadiah secara proporsional sesuai dengan kontribusi masing-masing.

Nah, Anda harus mengunduh dompet digital terlebih dulu sebelum memulai staking. Contohnya jika Anda memilih Solana, maka bisa menggunakan SolFlare atau Cardano dengan menggunakan Daedalus Wallet.

Setelah mengunduh dompet digital tersebut, Anda akan diminta untuk mentransfer sejumlah koin dan kemudian memilih validator untuk mendelegasikan koin Anda. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah melakukan riset untuk memilih validator yang sesuai dengan kebutuhan, ya.

Keuntungan Staking

Sebenarnya staking ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan pasif lewat aset kripto. Khususnya jika Anda tidak punya banyak waktu untuk memantau pergerakan harga secara terus-menerus.

Keuntungan staking didapat dari bunga atas aset yang dikunci tersebut. Meski sekilas terlihat mudah, nyatanya staking juga memiliki sejumlah risiko. Maka dari itu, Anda wajib melakukan riset dan memilih platform yang terpercaya sebelum memutuskan untuk staking.

Hal ini karena staking akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Artinya, Anda tidak bisa menjual koin yang dikunci sebelum jangka waktunya tiba. Akibatnya, Anda mungkin saja akan mengalami kerugian dan kehilangan momen saat nilai aset kripto sedang naik.

Itu dia penjelasan singkat tentang apa itu staking. Mulai dari pengertian hingga keuntungannya yang dapat Anda ketahui.

Jika Anda ingin mencoba investasi dengan risiko yang lebih rendah dan keuntungan yang cukup atraktif, disarankan memilih layanan Reksa Dana for Lender dari Investree. Anda bisa mulai berinvestasi dengan nilai yang terjangkau sehingga sangat cocok bagi pemula. Selain itu, prosesnya yang dilakukan secara online juga memudahkan Anda dalam berinvestasi kapan saja dan dimana saja.

Referensi:

https://zipmex.com/id/learn/apa-itu-staking-dan-bagaimana-staking-bisa-menghasilkan-passive-income/#:~:text=Staking%20adalah%20salah%20satu%20cara,wallet%20yang%20memiliki%20layanan%20staking.

https://pintu.co.id/academy/post/staking-adalah