Investasi

Apa Itu Reksa Dana Indeks? Simak Secara Mendalam Di Sini

Apakah Anda pernah mendengar tentang investasi reksa dana indeks? Secara umum investasi reksa dana adalah investasi di mana komposisi dari portfolionya dibuat dan disusun menyerupai indeks tertentu. Dengan begitu, imbal hasil atau profit yang didapatkan juga akan setara indeks yang diikuti tersebut. Indeks yang dimaksud adalah sebuah acuan, baik saham maupun obligasi.

Pada prinsipnya jenis reksa dana ini tidak jauh berbeda dengan reksa dana terbuka. Anda tetap bisa menjualnya kapanpun pada hari pasar bursa dibuka. Reksa dana jenis indeks ini lebih ditujukan kepada mereka para investor yang menginginkan adanya transparansi terkait instrumen investasinya. Sedangkan, manfaat ataupun risiko reksa dana ini tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya.

Pengertian Reksa Dana Indeks

Reksa dana indeks adalah jenis reksa dana yang dalam pengelolaannya memiliki tujuan untuk mendapatkan imbal hasil dan manfaat investasi yang mirip indeks yang dijadikan acuan, baik itu indeks dari obligasi maupun saham seperti IHSG.

Indeks-indeks tersebut dijadikan acuan oleh para manajer investasi untuk membuat portofolio bagi para investor. Tujuan dari indeks itu sendiri yaitu untuk mengukur sentimen pasar modal apakah positif atau negatif.

Pengertian lainnya dari reksa dana jenis ini adalah reksa dana berbentuk saham yang meniru portfolio dari indeks acuannya. Contohnya reksa dana yang mengacu pada indeks saham berkapital besar dan sering diperdagangkan, misalnya LQ45 maka akan mempunyai portfolio yang sama dengan saham-saham dalam LQ45 tersebut.

Tujuan Reksa Dana Indeks

Secara garis besar tujuan diterbitkannya reksa dana jenis ini adalah untuk meniru pergerakan dari indeks yang menjadi acuannya tersebut. Semakin mirip portofolio reksa dana tersebut dengan acuannya, maka semakin bagus.

Mudahnya bisa diibaratkan bahwa reksa dana jenis indeks ini adalah hasil olahan yang meniru resep masakan yang sudah terkenal enak rasanya. Semakin mirip hasil olahan tersebut dengan resep masakan yang digunakan, maka dikatakan semakin bagus kualitasnya.

Reksa dana indeks ini adalah pilihan yang tepat bagi investor yang tidak mempunyai cukup waktu luang untuk selalu memantau pergerakan dari saham. Selain itu, reksa dana indeks ini juga dapat Anda beli dengan modal yang sangat terjangkau, yaitu mulai dengan Rp 100 ribu saja.

Keunggulan Reksa Dana Indeks

1. Lebih Murah dalam Pengelolaannya

Biaya untuk mengelola terhitung lebih murah daripada reksa dana konvensional pada umumnya. Komposisi saham yang terdapat pada sebuah indeks tidak banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Sedangkan, pada reksa dana konvensional biasanya manajer investasi lebih sering melakukan perubahan pada komposisi saham agar sesuai dengan strategi pengelolaan.

Dengan tidak terdapat banyak perubahan pada komposisi, maka biaya pengelolaan yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Dengan begitu, imbal hasil yang diperoleh investor bisa lebih tinggi.

2. Menghindari Reksa Dana Konvensional yang Kurang Bagus

Pemilihan pada jenis reksa dana dengan acuan indeks secara otomatis investasi yang Anda lakukan sudah mengikuti kerja pasar modal. Artinya tidak membutuhkan strategi tersendiri agar investasi tersebut bisa mendatangkan imbal hasil yang tinggi.

Anda bisa memilih reksa dana indeks sebagai instrumen investasi yang cukup aman dan mudah dipantau. Pemilihan instrumen investasi akan berpengaruh pada imbal hasil dan manfaat yang Anda dapatkan. Satu hal yang perlu Anda pahami sebelum berinvestasi adalah setiap investasi pastinya memiliki risiko, termasuk reksa dana sekalipun. Oleh karena itu, Anda harus dapat memahami produk atau instrumen investasi terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.

 

Di Investree, Anda juga dapat berinvestasi reksa dana melalui Reksa Dana for Lender dengan modal yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10 ribu saja. Reksa dana yang ditawarkan adalah reksa dana pasar uang yang tergolong cocok bagi Anda, investor konservatif yang memiliki preferensi investasi risiko rendah. Selengkapnya, cek di sini.

 

Referensi :

Reksa Dana Indeks. Sikapiuangmu.ojk.go.id : https://bit.ly/3dsJllr

Bareksa. 18 Juni 2018. Indeks Saham dan Reksa Dana Indeks, Apa Bedanya?. Bareksa.com : https://bit.ly/3y61zRj

29 Mei 2020. Penjelasan tentang Reksa Dana Indeks. Blog.bibit.id : https://bit.ly/3qCtIwM

Share this Post

Artikel Terbaru