Investasi

Apa Itu Pasar Uang? Berikut Pengertian dan Penjelasannya

Pasar uang atau yang juga akrab disebut sebagai pasar kredit jangka pendek merupakan wadah berlangsungnya transaksi jual-beli terhadap barang abstrak. Sederhananya, pasar kredit jangka pendek adalah tempat yang mempertemukan pemilik dana (funder) dan pihak lain yang memerlukan dana (consumer). Yang mana pertemuan tersebut bisa secara langsung maupun melalui broker atas transaksi permintaan atau penawaran terhadap sejumlah dana maupun surat berharga jangka pendek.

Karakteristik Pasar Kredit Jangka Pendek

Sebagaimana definisi di atas, jenis pasar ini mempunyai karakteristik tertentu yang membedakannya dengan bentuk pasar lain seperti pasar modal. Adapun karakteristik yang dimaksud sebagai berikut:

  1. Mekanisme pasar uang lebih menekankan pada pertemuan funder dan consumer.
  2. Hanya dapat memenuhi permintaan dan penawaran pendanaan dalam jangka pendek, yakni kurang dari 12 bulan.
  3. Segala proses transaksi jual-beli yang terjadi di pasar kredit jangka pendek tidak terikat pada tempat tertentu.

Tujuan Pasar Kredit Jangka Pendek

Secara garis besar, tujuan pasar kredit jangka pendek ialah mempertemukan pemilik dana dengan pihak yang membutuhkannya. Secara spesifik, berikut ialah beberapa tujuan dari pasar kredit jangka pendek dari sisi funder dan consumer.

1. Funder

  • Memperoleh pendapatan dari dana yang diserahkan dengan tingkat bunga tertentu.
  • Membantu pihak lain yang sedang memerlukan pendanaan jangka pendek.
  • Tindakan spekulasi.

2. Consumer

  • Memenuhi keperluan likuiditas.
  • Memenuhi kebutuhan modal kerja.
  • Memenuhi kebutuhan dana jangka pendek.

Fungsi Pasar Kredit Jangka Pendek

Selain menjadi sarana alternatif bagi lembaga-lembaga keuangan dalam memenuhi kebutuhan dana jangka pendeknya, pasar kredit jangka pendek mempunyai beberapa fungsi lainnya seperti:

  1. Sebagai instrumen pelaksanaan operasi pasar tujuan yang berguna untuk konstruksi moneter.
  2. Sebagai bentuk dukungan atas program pemerataan pendapatan.
  3. Sebagai fasilitator bagi masyarakat Indonesia yang tertarik untuk membeli SBPU atau SBI.
  4. Sebagai fasilitator sekaligus mediator untuk aktivitas investasi dari investor asing kepada pengusaha lokal dalam bentuk kredit jangka pendek.
  5. Sebagai sumber dana untuk keperluan modal kerja bagi instansi/perusahaan/organisasi yang memerlukan modal tambahan untuk ekspansi bisnisnya.

Instrumen Money Market

Di bawah ini merupakan beberapa instrumen surat berharga yang diperjual-belikan dalam pasar kredit jangka pendek.

1. SBI

SBI merupakan surat berharga berupa utang jangka pendek yang diterbitkan langsung oleh pemerintah. Lebih tepatnya oleh Bank Sentral, Bank Indonesia.

2. SBPU

Merupakan surat berharga yang diperdagangkan secara diskonto oleh Bank Indonesia atau lembaga keuangan lainnya sebagaimana ketentuan dari Bank Indonesia.

3. Sertifikat Deposito

Surat deposito diartikan sebagai instrumen keuangan yang diterbitkan oleh Bank terhadap simpanan dana nasabahnya dengan tingkat suku bunga tertentu dan periode jatuh tempo sebagaimana kesepakatan keduanya.

4. Promissory Notes

Promissory Notes adalah surat berharga yang menyatakan kesanggupan salah satu pihak untuk membayar transaksi utang-piutang jangka pendek yang dilakukan antara kreditur dan debitur.

5. Treasury Bills

Surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah dari suatu negara dengan jatuh tempo kurang dari 12 bulan.

6. Call Money

Call money adalah instrumen keuangan yang digunakan dalam aktivitas pinjam-meminjam sejumlah dana yang dilakukan antar Bank dengan kurun maksimum 12 bulan.

7. Commercial Paper

Merupakan instrumen utang yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan kepada investor tanpa jaminan. Biasanya commercial paper digunakan untuk keperluan pembiayaan kewajiban jangka pendek.

8. Banker’s Acceptance

Adalah surat berharga yang digunakan dalam kegiatan ekspor-impor suatu barang. Bisa jika digunakan pada transaksi valuta asing.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian pasar uang berikut karakteristik, tujuan, fungsi, dan instrumennya. Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah untuk dipahami, ya?

Referensi:

M. Prawiro. 7 Juli 2020. Pasar Uang: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, dan Instrumen Pasar Uang. https://bit.ly/2TS8Yot

Share this Post

Artikel Terbaru