Apa Itu Pasar Sekunder Obligasi? Kenali Secara Lebih Jauh

Perdagangan di pasar sekunder obligasi biasanya jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan pasar perdana. Anda bisa mendapatkan instrumen obligasi di pasar sekunder dimana saja dan kapan saja. Disamping itu masa jatuh tempo obligasi yang ditawarkan pada pasar perdana umumnya lebih panjang yaitu mencapai 5 hingga 10 tahun atau malah lebih dari itu.

Pada pasar sekunder terdapat dua jenis seri obligasi negara yang bisa dibeli yaitu yang menggunakan mata uang Rupiah (IDR) konvensional (FR) dan juga obligasi yang memakai mata uang USD seperti INDON dan INDOIS. Hal itu jugalah yang membuat kebanyakan orang lebih senang membeli obligasi di pasar sekunder daripada pasar perdana.

Mengenal Pasar Sekunder Obligasi

Perdagangan efek di pasar modal secara umum dilakukan melalui pasar perdana dan pasar sekunder. Sedangkan instrumen investasi yang diperjualbelikan pada kedua jenis pasar tersebut juga beragam termasuk surat utang berharga atau obligasi. Perdagangan obligasi melalui pasar sekunder nyatanya lebih menarik minat para investor karena dirasa lebih fleksibel dan mudah.

Lantas apakah yang dimaksud dengan pasar sekunder tersebut? Pasar sekunder yaitu pasar yang menjadi kelanjutan dari pasar perdana dimana efek-efek atau instrumen investasi yang telah dicatat pada Bursa Efek akan diperjualbelikan. Melalui pasar sekunder ini para investor mempunyai kesempatan untuk melakukan transaksi jual beli efek termasuk obligasi yang sudah tercatat di Bursa Efek.

Transaksi yang terjadi pada pasar sekunder yaitu antara satu investor dengan investor lainnya bukan lagi antara investor dan perusahaan penerbit efek. Artinya investor bisa menjual maupun membeli efek salah satunya obligasi secara bebas dari dan kepada investor lainnya untuk mendapatkan imbal hasil.

Obligasi yang saat ini tengah populer dan diminati masyarakat adalah Surat Berharga Negara (SBN) yang bisa Anda pesan di https://sbn.investree.id/ori atau aplikasi mobile Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nilai mulai Rp1 juta hingga Rp3 miliar. Tenor untuk obligasi ini sama, yaitu 3 tahun. Untuk pendaftaran dan pemesannya dilakukan 100% online di Investree, dan terjamin aman oleh Pemerintah Republik Indonesia. Produk obligasi yang ditawarkan oleh Investree antara lain ORI19,SBR010,sukuk ritel014 dan sebagainya.

Keuntungan Jual Beli Obligasi di Pasar Sekunder

Para investor yang sudah cukup berpengalaman biasanya memang lebih memilih perdagangan obligasi melalui pasar sekunder. Alasannya adalah karena pasar sekunder memberikan keuntungan-keuntungan sebagai berikut.

1. Fleksibilitas

Perdagangan obligasi pada pasar sekunder jauh lebih fleksibel dibanding pasar perdana. Obligasi pasar sekunder dapat dibeli kapan saja dan dilakukan secara berulang-ulang selama belum mencapai jatuh temponya. Pembelian yang berulang memberikan peluang meraih capital gain yang nilainya lebih tinggi.

2. Bisa Memperoleh Imbal Hasil Lebih Besar

Obligasi yang diperdagangkan pada pasar sekunder biasanya mengikuti kondisi pasar saat itu sehingga nilai jual belinya bisa saja bervariatif. Selama Anda tahu dan bisa melakukan analisis kapan waktu yang tepat untuk menjual dan membeli obligasi maka imbal hasil yang diperoleh juga akan lebih besar.

3. Aman

Siapapun pasti ingin investasi yang dilakukannya aman agar tidak mengalami kerugian besar. Nah, investasi melalui obligasi di pasar sekunder aman karena pemerintah telah memberikan jaminan pengembalian modal pokok ketika sudah masa jatuh temponya tiba.

4. Jangka Waktu Lebih Panjang

Obligasi yang diperdagangkan melalui pasar sekunder umumnya mempunyai jangka waktu jatuh tempo lebih panjang dibandingkan pasar perdana. Obligasi pasar sekunder biasanya mempunyai jangka waktu mulai dari 5 tahun bahkan sampai dengan 50 tahun.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pasar sekunder obligasi. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Hai Calon Investor, Yuk Mengenal Jenis Pasar Modal. sikapiuangmu.ojk.go.id : https://bit.ly/3HbXKP5

Aulia Firafiroh. 25 September 2021. Ternyata Ini Bedanya Obligasi di Pasar Perdana dan Sekunder. Kompas.com :  https://bit.ly/3HdyyIg