Investasi

Apa Itu Pasar Perdana? Simak Pengertian Lengkapnya

Pasar perdana adalah tempat yang pertama kali dikunjungi dalam proses jual beli instrumen investasi di pasar modal. Sederhananya, ini adalah tempat dimana investor individu atau investor institusi untuk ‘kulakan’ produk efek yang nantinya bakal diperjualbelikan dalam pasar sekunder. Lalu, apa saja karakteristik dari pasar primer? Cek informasi berikut, yuk!ACD marketplace

Mengenal Apa Itu Pasar Perdana

Pasar perdana atau yang juga akrab disebut sebagai pasar primer merupakan wadah penjualan efek atau sertifikat lain yang diterbitkan langsung oleh emiten. Dimana aktivitas pembelian efek dalam pasar ini hanya diberi waktu terbatas, yakni sekitar 90 hari sejak Bapepam memberikan izin emisi resmi kepada emiten terkait.

Bila ditinjau dari sisi definitif, pasar primer adalah tempat berlangsungnya penawaran efek pertama kali dari emiten kepada investor selama waktu yang sudah ditetapkan oleh pihak penerbit, alias issuer, sebelum akhirnya saham tadi diperdagang luaskan di pasar sekunder. Selain pasar primer, pasar perdana juga populer dengan nama go public atau public offering.

Dalam pasar perdana, hanya ada 2 pihak yang terlibat dalam kesepakatan jual beli, yaitu penjamin emisi dan calon emiten. Pada prakteknya, pemilik modal yang sudah melakukan pemesanan efek bakal memperoleh produk investasi sesuai dengan sistem penjatahan yang diterapkan langsung oleh pihak penjamin emisi.

Adapun beberapa karakteristik utama dari pasar ini adalah harga saham yang cenderung tetap, hanya diperuntukkan untuk transaksi pembelian saham, memiliki jangka waktu terbatas, hanya bisa membeli efek dan bukan menjualnya, serta tidak menjatuhkan komisi kepada investor yang bertransaksi di dalamnya.

Prosedur dalam Pasar Perdana

    1. Penawaran pertama suatu saham atau obligasi pada investor publik akan dilakukan melalui perantara penjamin emisi dan/atau agen penjual. Pada fase ini, pihak emiten akan membagikan sejumlah informasi krusial terkait dengan produk efek yang dipasarkan seperti harga penawaran, jumlah efek yang ditawarkan, masa penawaran, dan berbagai informasi penting lainnya.
    2. Apabila investor tertarik dengan berita produk efek tersebut, mereka dapat memesannya dengan menghubungi langsung penjamin emisi atau agen penjual sesuai dengan prosedur yang dijelaskan.
    3. ACD lender

    4. Selanjutnya, investor perlu melengkapi detail pemesanan yang disertai dengan pembayaran.
    5. Lalu, penjamin emisi akan mengeluarkan pengumuman publik terkait hasil penawaran umum pada investor-investor yang sudah melakukan pemesanan efek.
    6. Penjamin emisi dan pihak penerbit efek kemudian akan melangsungkan proses penjatahan saham/obligasi (allotment) kepada para investor.
    7. Apabila emiten mengeluarkan pengumuman undersubscribed, maka nilai keseluruhan obligasi atau saham yang dipesan investor kurang dari jumlah total efek yang ditawarkan. Pada kondisi seperti ini, seluruh investor pasti akan memperoleh efek sebagaimana jumlah yang dipesannya.
  • Oversubscribed merupakan kondisi dimana jumlah efek yang dipesan investor melebihi ketersediaan efek dalam emiten. Jika demikian, ada kemungkinan investor akan menerima pesanan efek kurang dari jumlah yang dipesan. Dalam beberapa kondisi, investor bahkan berpotensi tidak mendapatkan efek sama sekali. Apabila kasus seperti ini terjadi, kelebihan dana investor akan dikembalikan (refund).

Kesimpulannya, pasar perdana adalah media yang menjembatani emiten selaku penerbit efek berupa saham, obligasi, reksadana, atau instrumen investasi lainnya, dengan pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) untuk melakukan transaksi investasi. Sambil memperkaya pengetahuan terkait dengan instrumen investasi, Anda dapat mencoba melakukan pendanaan pinjaman di Investree terlebih dahulu. Mulai dari Rp 1 juta, dapatkan imbal hasil hingga 20% per tahun. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang dan Surat Berharga Negara (SBN Ritel) melalui Investree.ACD borrower

 

Referensi :

Firman Hardiansyah. 12 Juli 2021. Pasar Perdana (Pasar Primer): Pengertian Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan. Belajarekonomi.com : https://bit.ly/3B81Q7S

Share this Post

Artikel Terbaru