Investasi

Apa Itu Investasi Jangka Pendek? Simak Lebih Lengkapnya

Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang berlangsung kurang dari satu tahun. Biasanya investasi jangka pendek memiliki rentang waktu antara 3 hingga 12 bulan saja. Investasi dengan jangka waktu pendek tersebut memiliki kelebihan seperti kemudahan dalam mencairkan dana serta sifatnya lebih fleksibel.

Jika investasi jangka panjang tujuan utama investor adalah jaminan finansial di masa depan serta nilai imbal hasil yang tinggi maka berbeda dengan jangka pendek. Para investor jangka pendek lebih memikirkan bagaimana agar bisa memenuhi kebutuhan dalam jangka waktu yang relatif dekat.

Di samping itu, modal untuk investasi jangka pendek tidaklah semahal investasi jangka panjang. Bahkan bisa dimulai dari dana puluhan ribu rupiah saja, tidak perlu sampai jutaan atau ratusan juta.

Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek

Jika Anda berminat untuk mengembangkan dana melalui investasi jangka pendek, ada beberapa instrumen yang bisa dipilih. Tentunya Anda harus mempertimbangkan dengan kondisi dan kebutuhan. Berikut ini beberapa instrumen investasi dengan jangka pendek yang bisa Anda pilih sebagai alternatif penyimpanan dan pengembangan dana Anda.

1. Sekuritas

Instrumen jangka pendek yang cukup diminati adalah produk sekuritas berupa saham baik saham biasa maupun saham preferen. Dengan berinvestasi melalui saham berarti Anda telah memiliki sebagian dari perusahaan tersebut sesuai dengan banyaknya jumlah saham yang dimiliki. Meskipun umumnya saham memiliki jangka yang panjang namun ada juga beberapa jenis yang berjangka pendek.

2. Obligasi Negara Ritel

Ingin berinvestasi jangka pendek yang terjamin keamanannya 100% maka Obligasi Negara Ritel adalah pilihan tepat. Sebagai bagian dari Surat Utang Negara, Obligasi Negara Ritel menjadi alternatif bagi masyarakat untuk berinvestasi dengan modal yang terjangkau mulai dari Rp. 1 juta.

Jangka waktu investasi Obligasi Negara Ritel rata-rata sekitar 3 tahun dan Anda akan mendapatkan imbal hasil yang cukup besar yang dibayarkan setiap bulan. Obligasi Negara Ritel diterbitkan oleh pemerintah sebagai pendanaan bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan akan dikelola untuk membiayai berbagai macam pembangunan dan kebutuhan negara.

Salah satu contoh obligasi ritel yang diterbitkan oleh negara adalah ORI19 yang bertujuan untuk mendanai keperluan penanganan pandemi Covid-19. SBN Ritel dapat Anda pesan di https://sbn.investree.id/ori atau aplikasi mobile Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nilai mulai Rp1 juta hingga Rp3 miliar. Tenor untuk obligasi ini sama, yaitu 3 tahun. Untuk pendaftaran dan pemesannya dilakukan 100% online di Investree, dan terjamin aman oleh Pemerintah Republik Indonesia.

3. Deposito

Investasi jangka pendek lainnya yaitu deposito yang berupa tabungan di bank dengan periode waktu tertentu. Sebelum jatuh tempo uang yang disimpan dalam deposito tidak boleh dicairkan dan pemilik dana akan menerima bunga setiap bulan yang besarnya fluktuatif.

Jangka waktu deposito juga bermacam-macam yaitu 1,3,6,12 dan 24 bulan. Anda tinggal pilih jangka waktu yang sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan.

4. Reksa Dana

Gambar 4

Investasi melalui reksa dana juga cukup banyak peminatnya karena dianggap mudah dan tidak merepotkan. Anda tinggal menyetorkan dana melalui konsorsium yang biasanya dilakukan oleh perusahaan sekuritas dan manajer investasi sudah akan mengatur semuanya. 

 

Dana Anda tersebut akan ditempatkan pada beberapa instrumen investasi. Kalau ingin yang jangka pendek Anda bisa meminta kepada manajer investasi untuk menempatkan dana pada instrumen dengan jangka kurang dari 12 bulan.

 

Beli Reksa Dana sekarang di https://investree.id/invest/reksadana atau melalui aplikasi Investree for Lender yang bisa Anda download di Google Play Store dan App Store. Investree sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan seperti Investree. Selain itu, Investree juga memiliki tim Manajer Investasi terbaik untuk mengelola Dana Anda yang selanjutnya diinvestasikan oleh Manajer Investasi ke berbagai aset investasi berupa efek atau surat berharga dengan tujuan meningkatkan nilai aset dari waktu ke waktu. Daftar Reksa Dana for Lender di Investree sekarang yang mudah, cepat, terjangkau dan risiko rendah.

5. Tabungan

Bentuk investasi jangka pendek yang sudah dilakukan banyak orang sejak dulu adalah tabungan. Ya, tabungan yang Anda simpan di bank merupakan salah satu bentuk investasi jangka pendek. Kapanpun Anda membutuhkan dana bisa dicairkan dengan cara yang sangat mudah. Namun memang tabungan kurang bisa diandalkan untuk keperluan finansial jangka panjang. 

Jadi investasi jangka pendek manakah yang menarik minat Anda? Pelajari dulu setiap instrumen investasi yang ada sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Referensi :

5 Juli 2021. Pengertian Investasi Jangka Pendek : Jenis, Contoh dan Bentuknya. Menlhk.go.id : https://bit.ly/3BpYmyc

Share this Post

Artikel Terbaru