Investasi

Apa Itu Investasi? Berikut Pengertian Lengkapnya

Investasi dapat menjadi sarana untuk menyimpan dan meningkatkan nilai uang atau suatu barang. Salah satu alasan yang mendasari seseorang memutuskan untuk memulai investasi karena adanya perasaan tidak aman jika uang yang dimilikinya perlahan habis terkikis oleh adanya inflasi.

Pengertian Investasi Secara Umum

Investasi digambarkan sebagai upaya penanaman modal atau dana demi memperoleh manfaat di kemudian hari. Modal yang dimaksud bisa berupa uang tunai maupun sumber daya yang lain. Dalam pengertian keuangan, investasi merupakan aktivitas seseorang dalam menyimpan uangnya sebagai aset keuangan seperti halnya saham, reksa dana, dan obligasi, dengan harapan akan menerima nilai yang lebih tinggi dan kaya manfaat di masa mendatang.

Investasi Menurut Para Ahli

Para ahli turut mengemukakan pendapatnya terkait pengertian investasi. Haming dan Basalamah mengartikan investasi sebagai pengeluaran masa kini untuk membeli aktiva riil seperti tanah, mobil, rumah, atau yang lainnya. Atau bisa juga aktiva keuangan yang memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan lebih besar di masa depan.

Menurut Mulyadi, investasi merupakan pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang akan memperoleh hasil laba di kemudian hari. Sementara Sadono Sukirno memandang investasi sebagai sebuah pembelanjaan atau penanaman atas suatu modal atau perusahaan untuk membeli sejumlah barang modal berikut perlengkapan produksi demi menambah kemampuan produsen dalam memproduksi barang dan jasa yang diminta dalam perekonomian.

Jenis Investasi

Secara garis besar, investasi bisa digolongkan menjadi 2 jenis berdasarkan jangka waktunya. Nah, berikut merupakan penjelasan dari masing-masing jenis investasi tersebut.

1. Investasi Jangka Pendek

Dalam investasi jangka pendek, investor mungkin mampu meraih keuntungan atau kenaikan nilai modalnya dalam kurun waktu 1-3 tahun. Meskipun manfaat bisa diperoleh lebih cepat, nilai imbal hasil yang ditawarkan pada jenis investasi ini relatif lebih kecil.

2. Investasi Jangka Panjang

Investor setidaknya harus menunggu selama 3-5 tahun bahkan belasan hingga puluhan tahun, untuk bisa menikmati hasil dari investasi jangka panjang. Walaupun harus memakan waktu lebih panjang, imbal hasil pada investasi jangka panjang bisa jadi lebih tinggi. Anda dapat memenuhi kebutuhan jangka panjang dengan menginvestasikan modal yang dimiliki pada instrumen investasi jangka panjang seperti dana pensiun.

Ragam Manfaat Investasi

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat yang bisa diraih investor saat memutuskan untuk melakukan investasi. Let’s jump to the list!

1. Meningkatkan Kekayaan dan Nilai Aset

Salah satu tujuan dari kegiatan investasi ialah meningkatkan kekayaan dan nilai aset yang dimiliki investor. Tingkat suku bunga yang ada pada investasi dapat menambah kekayaan yang Anda miliki saat ini. Investor dapat menikmati efek compounding. Sekilas, efek compounding atau bunga bergulung ialah kemampuan aset investasi dalam menghasilkan imbal hasil yang berkelanjutan. Bisa dibilang, efek compounding merupakan bunga berbunga.

2. Meraih Financial Freedom

Financial freedom alias kebebasan finansial merupakan kondisi dimana seseorang dapat menggunakan pendapatan pasif (passive income) atau tabungan untuk memenuhi kebutuhan berikut gaya hidupnya, tanpa harus bekerja atau bergantung pada orang lain. Passive income yang dimaksud bisa diperoleh dari imbal hasil investasi.

3. Melindungi Sumber Daya dari Inflasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, investasi dapat melindungi sumber daya Anda dari risiko inflasi. Berdasarkan data historis, rata-rata inflasi di Indonesia mencapai 8,2% tahunnya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan investasi demi bisa melawan inflasi yang mencekik.

Dari informasi di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa investasi adalah kegiatan menanamkan sumber daya untuk melipatgandakan nilainya dalam kurun waktu tertentu.

Referensi:

Kabrina Rian Ferdiani. 26 Desember 2019. Pengertian Investasi, Jenis, dan Manfaatnya. Modalrakyat.id: https://bit.ly/3xqol62

Guru Ekonomi. 30 Juni 2020. Pengertian Investasi Menurut Para Ahli. Sarjanaekonomi.co.id:  https://bit.ly/2TYDY6o

Share this Post

Artikel Terbaru