Investasi

Apa Itu FDI? Simak Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Foreign Direct Investment atau FDI adalah investasi yang berasal dari luar negeri atau pihak asing. FDI ini tidak jauh berbeda dengan penanaman modal asing yang sering disebut PMA. Di Indonesia sendiri hingga saat ini jumlah investasi asing masih cukup tinggi yaitu sekitar 63,42% dari total seluruh investasi yang ada. Fakta tersebut menandakan bahwa FDI masih mendominasi investasi di Indonesia.

Pengertian dari Foreign Direct Investment (FDI)

Seperti sudah dijelaskan secara singkat bahwa FDI merupakan jenis investasi yang berasal dari luar negeri atau asing. FDI ini biasanya dilakukan oleh investor yang berasal dari suatu negara di luar Indonesia yang memiliki minat untuk mengembangkan bisnis yang ada di negeri ini melalui pemberian modal.

Modal yang diberikan atau ditanamkan tersebut bisa berasal dari perseorangan ataupun perusahaan yang ada di luar negeri. Salah satu contoh dari FDI yaitu joint venture yang merupakan jenis Bentuk Usaha Tetap atau BUT. Joint venture adalah perusahaan yang dimiliki oleh dua negara atau lebih secara bersama-sama. FDI juga merupakan alat atau media di dalam sistem ekonomi global. Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa FDI tersebut merupakan bentuk investasi yang tidak dilakukan melalui bursa saham.

Cara untuk Melakukan Penanaman Modal Asing (FDI)

Sebagai sebuah bentuk kerjasama atau investasi dari pihak luar negeri maka tentu saja ada tata cara tersendiri dalam melakukannya. Berikut ini adalah tata cara bagaimana FDI tersebut bisa dilakukan.

  1. Membeli perusahaan yang telah ada di suatu negara maupun dengan menyediakan modal yang akan digunakan untuk membangun perusahaan baru pada sebuah negara.
  2. Membeli saham perusahaan di suatu negara setidaknya sebesar 10%. Jika pembelian saham perusahaan tersebut masih kurang dari 10% maka IMF akan menggolongkannya sebagai portofolio saham saja.
  3. Membeli barang, tanah ataupun membangun konstruksi pabrik yang dilakukan oleh investor asing. Sedangkan bentuk kepemilikan dari tanah maupun bangunan yang telah dibeli investor asing tersebut umumnya bersifat hampir penuh atau bisa juga secara penuh.

Manfaat dari Penanaman Modal Asing (FDI)

Lantas apa sebenarnya manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya Foreign Direct Investment (FDI) atau penanaman modal asing tersebut? Secara garis besar manfaat yang akan didapatkan dengan adanya FDI antara lain adalah sebagai berikut.

  1. FDI merupakan sebuah kunci integrasi ekonomi secara internasional (global) sehingga karenanya adanya modal asing akan menciptakan suatu hubungan yang sifatnya lebih stabil serta bertahan dalam jangka panjang antara dua negara terkait masalah perekonomian.
  2. Dengan adanya FDI yang berupa penanaman dari modal dari luar negeri maka akan membuat terjadinya sebuah transfer teknologi yang terjadi antar negara yang melakukan kerjasama tersebut.
  3. Membuka akses bagi perusahaan yang berasal dari dalam negeri untuk bisa melakukan promosi ke luar negeri atau ke negara lain. Dengan begitu maka pasarnya akan semakin luas bukan hanya di dalam negeri saja melainkan juga memungkinkan merambah pasar internasional.
  4. FDI menjadi salah satu cara untuk melakukan perluasan usaha dimana salah satu manfaatnya adalah sebagai alat pembangunan bagi perekonomian di suatu negara. Perluasan usaha dan perdagangan tersebut bisa melalui aliran modal, keluar masuknya nilai saham serta pendapatan yang berasal dari negara mitra yang telah menanamkan modalnya.

Dari semua penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan sederhana bahwa FDI adalah penanaman modal asing yang membawa cukup banyak manfaat baik bagi negara atau pihak yang menjadi investor maupun negara yang diberikan menjadi penerima investasi.

Referensi:

ZS Azya. 28 November 2019. Apa Itu Foreign Direct Investmen? . online-pajak.com : https://bit.ly/3y2IkYT

Apa Foreign Itu Direct Investment?. simulasikredit.com : https://bit.ly/2Ucs9tj

Share this Post