Apa Itu Deposito Berjangka? Berikut Pengertiannya

Deposito berjangka adalah salah satu jenis deposito yang cocok untuk Anda yang ingin menabung dalam jangka waktu yang lama. Selain untuk tabungan, manfaat deposito berjangka juga masih banyak lagi salah satunya untuk investasi di masa depan. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar deposito berjangka, Anda bisa pelajari apa itu deposito berjangka beserta manfaat-manfaatnya dibawah ini.

Apa Itu Deposito Berjangka?

Deposito berjangka merupakan jenis deposito yang mempunyai jangka waktu tertentu. Deposito jenis ini hanya bisa ditarik pada jangka waktu yang telah ditetapkan sesuai jangkanya masing-masing. Biasanya jangka waktu yang berlaku untuk deposito berjangka tersebut antara 1 hingga 24 bulan.

Anda sebagai nasabah bebas menentukan jangka waktu deposito kepada bank sesuai dengan keinginan masing-masing. Deposito jenis ini juga dapat diterbitkan dengan atas nama perorangan maupun lembaga. Jika Anda ingin mengambilkan deposito tersebut ketika telah sampai pada waktunya, maka pihak yang diperbolehkan untuk mengambil hanyalah pihak yang namanya tertera pada bilyet deposito.

Manfaat Deposito Berjangka 

1. Investasi Lebih Mudah

Deposito berjangka sangat mudah untuk diinvestasikan untuk mendapatkan imbal hasil. Selain itu, resiko investasi menggunakan deposito ini sangat rendah sehingga jarang terjadi kerugian yang signifikan. Anda sebagai nasabah akan tenang dan tetap mendapatkan imbal hasil.

Nilai deposito juga cenderung tidak berpengaruh terhadap naik turunya nilai uang di pasar modal dan saham. Hal ini berarti uang yang Anda depositokan tersebut tetap memiliki nilai yang sesuai dengan aslinya walaupun nilai uang di pasar modal sedang menurun.

2. Administrasi Mudah

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, membuat deposito jadi semakin mudah. Deposito berjangka yang ingin Anda ambil kini sudah bisa diurus dengan cepat dan menggunakan persyaratan yang tidak ribet hanya dengan sistem online saja.

Anda tidak perlu repot-repot datang langsung ke kantor bank dan mengantri selama berjam-jam di sana. Faktor inilah yang membuat masyarakat sangat tertarik mendepositokan uang mereka.

3. Bunga Lebih Mudah Diakses

Meskipun deposito berjangka tidak membolehkan nasabah untuk mengakses uang yang telah di deposito, tetapi bunga dari deposito tersebut tetap bisa Anda akses dengan sangat mudah. Anda tetap bisa menikmati imbal hasil setiap bulannya.

Namun, jika Anda tidak menginginkan bunga dari deposito tersebut diambil setiap bulan, maka bunga tersebut langsung ditambahkan ke tabungan deposito yang telah Anda miliki. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman karena uang deposito beserta bunganya akan tetap utuh.

Kesimpulannya, deposito berjangka adalah pilihan terbaik untuk Anda menabung dan berinvestasi. Selain deposito berjangka, Anda juga bisa mengembangkan dana Anda ke Pendanaan untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Pendanaan di Investree for Lender. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Anda bisa memilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender untuk mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store. Selain bisa melakukan pendaan, Anda juga bisa melakukan pinjaman untuk modal pengembangan usaha di Investree. Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan.

Referensi:

Fajria Anindya Utami. Jum’at, 06 November 2020, 08:50 WIB. Apa Itu Deposito Berjangka?. Wartaekonomi.co.id : https://bit.ly/3yLfFcm