Investasi

Apa Itu Deposito? Berikut Pengertian Lebih Dalamnya

Deposito adalah sebuah produk simpanan yang ditawarkan lembaga keuangan dengan bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan reguler. Deposito menjadi produk investasi yang menguntungkan karena selain menawarkan bunga tinggi, tingkat risikonya juga relatif rendah. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mempelajari penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Deposito?

Deposito dikenal sebagai salah satu jenis simpanan dalam bank yang sistem penyetoran berikut penarikannya hanya dapat dilakukan saat jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, nasabah hanya perlu menyetorkan dana di awal periode dan menunggu jatuh tempo tiba untuk mencairkannya. Sebenarnya, nasabah memiliki kesempatan untuk mencairkan dana deposito sebelum jatuh tempo, namun tindakan ini sangat tidak disarankan. Sebab, pencairan sebelum waktunya akan dikenai tarif denda. Disamping itu, bunga yang didapat pun masih sangat sedikit. Untuk kisaran setoran awal deposito, pada dasarnya setiap bank memberlakukan kebijakan yang berbeda-beda. Kendati demikian, rata-rata bank di Indonesia memulainya dari angka Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Sebagaimana disinggung sebelumnya, deposito mempunyai suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga dari jenis simpanan lainnya. Menilik data yang dihimpun pada tahun 2020 lalu, suku bunga deposito yang ditawarkan bank-bank di Indonesia mencapai 3-7,5% per tahunnya. Sementara tabungan reguler hanya mampu meraih bunga sebesar 1%. Opsi tenor yang bisa dipilih nasabah juga cukup beragam, mulai dari 1, 3, 6, 9, 12, dan 24 bulan. Semakin lama jenis tenor yang diambil, akan semakin besar suku bunga yang bisa diperoleh.

Keuntungan Deposito

1. Bunga Tetap

Besaran suku bunga deposito cenderung stabil, sehingga nasabah bisa memperoleh keuntungan hanya dengan bunga yang diberikan. Namun perlu diperhatikan, jangan sampai suku bunga yang diperoleh melebihi suku bunga penjaminan sebagaimana ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan, alias LPS. Pasalnya, apabila bunga melebihi batas yang sudah ditentukan, kemungkinan besar deposito Anda tak lagi terlindungi oleh LPS. Sejauh ini, LPS menetapkan nilai Rp 2 miliar sebagai batas maksimum simpanan yang bisa dilindungi.

2. Bebas Administrasi Bulanan

Deposito menjadi salah satu produk simpanan yang tidak mensyaratkan biaya administrasi bulanan kepada nasabahnya. Sehingga, uang utama yang disetorkan dalam bentuk deposito tidak akan berkurang, meski sepeserpun, sampai jatuh tempo. Kendati demikian, bunga yang diterima dari deposito bakal dikenai pajak.

3. Aman

Selain dilindungi oleh LPS, deposito adalah produk simpanan yang tidak bergantung pada pergerakan pasar ataupun kondisi perekonomian nasional. Jadi, meski ekonomi negara sedang porak poranda akibat inflasi tinggi, nilai deposito Anda akan tetap terjaga dengan aman.

4. Jaminan Kredit

Tidak hanya bermanfaat untuk menyimpan dana berlebih nasabahnya, deposito juga bisa digunakan sebagai jaminan kredit. Saat seorang nasabah berniat untuk mengajukan kredit melalui perbankan, deposito yang Anda miliki bisa dijadikan sebagai jaminan kredit.

5. Syarat Mudah

Persyaratan yang diminta penyelenggara deposito sangatlah mudah untuk dipenuhi. Berbekal kartu identitas diri, rekening bank, dan satu materai saja, Anda sudah bisa membuka atau menarik deposito. Bahkan, saat ini produk deposito dapat dengan mudah diperoleh secara digital melalui aplikasi perbankan atau layanan keuangan lainnya.

Jenis-Jenis Deposito

Produk simpanan deposito sendiri dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan nasabahnya. Diantaranya yang paling populer adalah deposito berjangka, deposito on call, deposito syariah, dan sertifikat deposito.

Itulah penjelasan pengertian deposito, jenis, hingga keuntungan yang bisa didapatkan oleh nasabahnya. Selain menyimpan uang dalam bentuk deposito, Anda juga bisa mengembangkan dana Anda untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. melalui pendanaan pinjaman di Investree. Unduh Investree for Lender dan kelola portofolio langsung dari smartphone Anda, kapan saja dan dimana saja.

 

Referensi :

Kompas.com. 14/03/2021, 08:15 WIB. Pengertian Deposito, Tingkat Bunga, Keuntungan, dan Kelemahannya. Money.kompas.com: https://bit.ly/3goRvwA

Share this Post

Artikel Terbaru