Investasi

6 Keuntungan Memilih Instrumen Sukuk Tabungan, Check!

Siapa yang lagi cari-cari investasi syariah? Masih bingung mau pilih yang mana? Memang produk investasi syariah kini kian beragam. Namun ada yang aman dan cocok buat pemula, nih. Yap, ialah produk sukuk tabungan. Produk investasi syariah yang dikeluarkan oleh negara ini, sudah jelas minim sekali risiko dan bisa dimulai hanya dengan modal minimal sebesar Rp 1 juta. Mana tarif pajaknya juga lebih rendah dibanding pajak deposito, tapi imbalannya lebih besar. Masa cuma itu saja kelebihannya? Tentu tidak! Masih ada lagi. Di bawah ini Investree sudah mengulasnya untuk Anda, simak, yuk!

Pokok dan imbalan dijamin oleh negara

Mengulang kembali tentang SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), salah satu produknya ialah Sukuk Tabungan. Di mana produk investasi ini diterbitkan secara resmi oleh negara melalui Mitra Distribusi (Midis). Itu artinya Anda berinvestasi langsung ke negara sehingga pokok pinjaman beserta imbalannya juga dijamin oleh negara. Risiko gagal bayarnya sangatlah kecil. Selama negara kita masih merdeka - dana investasi Anda akan aman. Produk investasi ini memang ditujukan untuk menghimpun dana masyarakat per individu agar dapat meminimalisir utang ke luar negeri. Maksudnya, jika rakyatnya sendiri bisa, kenapa harus meminta bantuan dari luar, begitu. 

Fasilitas early redemption

Sukuk tabungan akan menyimpan dana investasi Anda selama 2 tahun terhitung setelah periode setelmen. Namun, ada fasilitas early redemption setelah tahun pertama yang bisa Anda manfaatkan bila ingin mencairkan sebagian dana lebih cepat dari waktu jatuh temponya. Perlu diingat, pencairan dana hanya bisa dilakukan maksimal sebesar 50% dan harus menyisakan dana investasi sebesar kelipatan Rp 1 juta (jika ganjil akan dibulatkan ke bawah). 

Sebagai contoh, Anda menginvestasi dana sebesar Rp 5 juta. Nah, maksimal dana yang bisa Anda cairkan sebesar Rp 2 juta dan bukan Rp 2,5 juta. Dengan begitu, ada syarat yang menentukan besar dana investasi minimal adalah Rp 2 juta agar mendapat early redemption sebesar Rp 1 juta. Tapi enaknya, fasilitas ini tidak dikenakan biaya apapun oleh pemerintah.  

Tingkat imbalan kompetitif

Sukuk tabungan memiliki imbalan mengambang, namun tetap dengan batas minimal yang telah ditentukan sejak awal. Sebut saja pada seri ST008, kupon yang ditetapkan sebesar 4,80% p.a. Sehingga, imbalan minimalnya juga sebesar itu dan berlaku sampai waktu jatuh tempo. Kupon akan dibayarkan oleh pemerintah setiap bulan. Namun, bila di bulan-bulan tertentu acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate naik, besar imbalan yang Anda terima bisa jadi lebih besar dari nilai minimalnya. Jelas besar imbalannya masih di atas tingkat rata-rata bunga deposito.

Prosesnya serba online

Mekanisme pemesanan sukuk tabungan dilakukan melalui sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi sesuai jadwal masing-masing seri. Tujuannya adalah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi tanpa harus datang dulu ke bank. 

Jangan khawatir lewat online malah jadi ribet, karena Anda hanya perlu memiliki nomor SID (Single Investor Identification) atau gampangannya seperti KTP bagi para investor. SID ini berupa kode tunggal dan khusus diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Jika belum punya, Anda bisa memperolehnya melalui Midis dengan cara mendaftarkan diri terlebih dulu. 

Bisa ikut membangun negeri

Sukuk tabungan merupakan penerbitan Green Sukuk Ritel pertama sekaligus menunjukkan komitmen dan kontribusi pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan syariah. Hasil dari penerbitan sukuk tabungan akan digunakan negara untuk membiayai proyek ramah lingkungan di dua sektor, yaitu transportasi berkelanjutan dan ketahanan terhadap perubahan iklim. Harapannya, dapat memitigasi dampak perubahan iklim dan adaptasi atas perubahan iklim yang kini telah terjadi. Sebab, di tahun lalu, alokasi anggaran untuk mitigasi perubahan iklim saja mencapai Rp 77,8 triliun karena kebutuhannya sangat banyak. Itu mengapa, dana investasi Anda sudah tentu sangat bermanfaat bagi pembangunan negeri sendiri.

Bila dianalogikan, berdasarkan laporan dampak green sukuk/sukuk tabungan 2020, penurunan emisi karbon akibat pembangunan kereta Trans Sumatera diproyeksikan sebesar 213.000 ton. Itu artinya, setiap dana investasi Anda sebesar Rp 1 juta berpotensi menurunkan emisi sekitar 2 ton atau setara dengan perjalanan Jakarta - Bandung sebanyak 56 kali atau sama dengan menanam sebanyak 200 pohon manggis. 

Produk sesuai prinsip syariah

Kesesuaian sukuk tabungan dengan prinsip syariah ditandai dengan tidak adanya unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), usury (riba), menggunakan akad wakalah, dan telah dinyatakan sesuai syariah Islam oleh Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Akad wakalah terjadi antara masyarakat pemegang sukuk (investor) dengan Perusahaan Penerbit Sukuk (Midis). Midis wajib menyatakan dirinya bertindak sebagai wali amanat/wakil dari pemegang sukuk untuk mengelola dana hasil penerbitan sukuk dalam berbagai kegiatan yang menghasilkan keuntungan. 

Lalu, yang membuat sukuk bebas riba adalah karena sukuk merupakan penyertaan terhadap aset negara yang disewakan ke pemerintah, dan bukan surat utang. Itu sama halnya, Anda membeli aset negara yang kemudian disewakan sampai waktu jatuh tempo.

Itu tadi keenam benefit yang bisa Anda peroleh ketika berinvestasi di sukuk tabungan. Jika Anda tertarik, ini adalah waktu yang tepat. Kenapa? Sebab, per pada 1-17 November 2021, pemerintah menerbitkan kembali seri ST008 dengan besar kupon 4,80% per tahun. Mengingat risikonya sangat minim, tidak ada salahnya memindahkan deposito Anda ke produk yang satu ini. Ya, hitung-hitung sekalian melakukan diversifikasi sesuai prinsip Islam. Beli lewat Investree, yuk! Melalui Investree, berinvestasi ST008 menjadi lebih mudah dan penuh manfaat. Anda juga berkesempatan memperoleh tambahan bonus hingga Rp 6 juta untuk pembelian ST008 di Investree. Cukup dengan sekali klik. Tunggu apa lagi? Langsung pesan di https://sbn.investree.id/st atau aplikasi mobile Investree for Lender.

Referensi:

Kementerian Keuangan. Mengenal Sukuk Tabungan. Kemenkeu.go.id: https://bit.ly/2Zxa0cG
Kementerian Keuangan. Materi Presentasi Sukuk Tabungan. Kemenkeu.go.id: https://bit.ly/3GBrbKY

Share this Post

Artikel Terbaru