Investasi

5 Perbedaan Saham dan Reksa Dana yang Jarang Diketahui

Perbedaan saham dan reksa dana terkadang masih belum begitu jelas bagi sebagian orang. Banyak yang berasumsi kalau keduanya adalah hal yang sama. Padahal baik saham dan reksa dana jika dilihat dari beberapa faktor, ada perbedaan yang cukup mencolok. Tidak sulit, kok, membedakannya! Cukup ketahui beberapa perbedaan saham dan reksa dana berikut ini.

Mengenal Reksa Dana dan Saham

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang perbedaan antara saham dan reksa dana, ada baiknya untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertiannya terlebih dahulu. Saham adalah bentuk kepemilikan sebuah perusahaan. Jadi jika ada seseorang yang membeli sebuah saham maka orang tersebut berhak akan harta dari perusahaan.

Sementara reksa dana adalah salah satu bentuk investasi yang bentuknya bisa berupa saham, surat utang, obligasi, atau deposito. Dalam cara kerja reksa dana ada Manajer Investasi yang berwenang untuk melakukan pengelolaan dana investasi yang terkumpul hingga bertanggung jawab pada kinerja reksa dana itu sendiri.

Perbedaan Antara Reksa Dana dan Saham

Meski sama-sama bentuk dari sebuah investasi, ada beberapa perbedaan antara saham dan reksa dana yang cukup mencolok. Banyak yang menganggap keduanya sama karena didengar dari pengertiannya memang mirip. Namun jika dilihat lagi secara teliti, beberapa aspek memperlihatkan perbedaan yang cukup jelas diantara keduanya.

1. Cara Mengelola Dana

Perbedaan antara saham dan reksa dana yang paling mencolok terlihat dari unsur satu ini. Dalam saham yang berwenang mengelola dana investasi adalah pemilik saham itu sendiri. Bahkan untuk menentukan perusahaan mana yang akan dibeli sahamnya juga adalah keputusan nasabah sendiri. Sangat berbeda dengan reksa dana yang pengelolaan dananya menggunakan jasa Manajer Investasi.

Manajer investasi adalah pihak yang ditunjuk untuk mengelola dana investasi yang terkumpul. Bertanggung jawab untuk membeli beragam diversifikasi investasi untuk para nasabahnya. Jasa Manajer Investasi adalah tenaga yang sudah profesional di bidangnya sehingga nasabah hanya tinggal memantau dan menunggu tanpa rasa khawatir.

2. Biaya Investasi

Pada unsur ini pun reksa dana dan saham memiliki perbedaan. Untuk saham, Anda tidak perlu membayar biaya Manajer Investasi karena memang semua pengelolaan dilakukan sendiri tanpa bantuan jada MI. Namun dana tetap harus dialokasikan pada biaya online trading yang jumlahnya tergantung dari perusahaan tempat nasabah menanam sahamnya.

Sementara dalam reksa dana ada biaya pengelolaan karena memang yang bertugas mengelola dana investasi adalah pihak Manajer Investasi, jadi nanti akan ada biaya operasional saat akan mencairkan dana investasi.

3. Risiko

Untuk saham, tingkat risikonya memang bergantung pada produknya. Namun, pengetahuan investor berperan besar dalam peroleh keuntungan ataupun kerugian saat berinvestasi saham. Bagi investor pemula, mungkin saham terlalu berisiko karena butuh pemahaman beragam analisis fundamental dan technical pada saham. Namun untuk reksa dana tingkat resiko tergolong rendah karena ada bantuan dari Manajer Investasi. Meski seorang pemula memiliki investasi reksa dana, karena yang mengelola investasi adalah pihak yang berpengalaman dan profesional, Anda bisa merasa lebih tenang. Namun, pilih jenis reksa dana yang cocok untuk preferensi Anda, ya. Misalnya, reksa dana pasar uang seperti yang tersedia di Reksa Dana for Lender Investree.

4. Pajak

Perbedaan antara saham dan reksa dana juga terletak pada pajak. Untuk saham pajaknya sebesar 0,1 persen dari penjualan saham. Nanti akan ada pajak lagi 10 persen ketika mendapat dividen perusahaan. Sementara itu, reksa dana tidak menggunakan pajak namun sebagai gantinya nasabah atau investor harus membuat laporan pajak tahunan.

5. Pencairan Dana

Untuk pencairan dana saham bisa dilakukan setelah 2 hari pengajuan. Pada reksa dana, setelah pengajuan masih harus menunggu sekitar 5 hari karena ada proses yang harus diselesaikan oleh pihak Manajer Investasi.

Dilihat dari perbedaan saham dan reksa dana keduanya merupakan produk investasi yang sering dipilih masyarakat karena memang prosesnya mudah. Bagi para pemula sangat disarankan untuk mencoba reksa dana apalagi yang pengetahuannya masih belum terlalu luas di dunia saham.

Referensi:

Nadiyah Rahmalia. 2 Desember 2020. 5 Perbedaan reksa dana dan Saham yang Wajib Dipahami. Glints.com. https://bit.ly/3lvfnBR

Share this Post

Artikel Terbaru