Investasi

4 Tips Investasi Tanah, Mudah dan Ampuh untuk Dilakukan

Investasi tanah masih menjadi favorit banyak orang karena dianggap mudah, aman, dan harganya selalu naik. Hampir belum pernah ada ceritanya harga tanah mengalami penurunan setelah sekian tahun. Itulah sebabnya membeli tanah merupakan cara yang cukup banyak dilakukan orang untuk berinvestasi. Investasi berupa tanah juga tidak membutuhkan pengelolaan yang rumit.

Akan tetapi, pada prakteknya tidak sedikit juga cerita orang yang tertipu saat membeli tanah karena sertifikatnya palsu, masih sengketa dan sebagainya. Jika situasi seperti itu dialami pastinya bukan imbal hasil yang didapatkan, melainkan kerugian besar di depan mata. Oleh sebab itu, perlu diketahui bagaimanakah cara untuk melakukan investasi tanah secara aman.

4 Tips dan Cara Investasi Tanah

Menginvestasikan uang untuk membeli tanah memang termasuk cukup menjanjikan. Apalagi saat ini ketersediaan lahan semakin berkurang, sehingga otomatis harga tanah akan makin melambung tinggi. Kenaikan harga tanah sendiri setiap tahunnya bisa mencapai 20% sampai 25% tergantung lokasinya. Nah, agar tujuan investasi ini mendapatkan imbal hasil yang cukup tinggi dalam jangka waktu tertentu, sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Cari dan Pilih Lokasi yang Tepat

Sebaiknya, jangan langsung tertarik dengan harga tanah yang murah namun berada di daerah yang sepi dan sulit untuk dijangkau. Mengapa? Karena membeli tanah pada lokasi seperti itu dapat mempersulit Anda untuk menjualnya kembali. Carilah dulu dan pilih lokasi yang cukup strategis dalam artian mudah diakses, dekat jalan raya, dekat dengan pusat-pusat keramaian seperti pasar, kantor atau sekolah dan lain-lain. Peminat pada tanah yang memiliki lokasi strategis dan mudah kemana saja pastinya lebih banyak, sehingga Anda bisa menawarkannya dengan harga tinggi.

2. Cari Informasi Perbandingan Harganya

Hal lain yang juga harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli tanah adalah melakukan pengecekan harga, terutama pada lokasi yang Anda minati tersebut. Tujuannya adalah agar Anda tidak membeli tanah tersebut dengan harga yang terlalu mahal dari kisaran harga di daerah atau lokasi tersebut, meskipun memang harga tersebut bisa saja dipengaruhi oleh hal lainnya.

3. Ketahui Kondisi dan Peruntukannya

Tips yang selanjutnya adalah ketahui bagaimana kondisi dan peruntukan tanah yang seharusnya. Meskipun lokasinya strategis, namun jika kondisi tanah tidak sesuai dengan peruntukan yang Anda inginkan, sebaiknya dibatalkan saja. Misalnya tanah di daerah rawa-rawa pastinya kurang sesuai dengan peruntukan untuk dibangun rumah karena tanahnya yang cenderung labil. Kondisi tanah yang pas sebagai instrumen investasi yaitu konturnya stabil, datar dan tidak bergelombang.

4. Periksa Surat dan Dokumennya

Ini adalah poin yang sangat penting dalam membeli tanah yaitu periksa semua surat-surat dan dokumennya apakah legal dan asli. Seiring dengan canggihnya teknologi pemalsuan surat dan dokumen juga makin mudah dilakukan termasuk surat tanah. Membeli tanah yang ternyata surat-suratnya palsu tentu saja hanya akan mendatangkan masalah di kemudian hari. Jangan lupa juga untuk memeriksa status tanah tersebut apakah hak milik, hak guna pakai dan sebagainya. Kalau perlu Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu ke kantor pertanahan setempat untuk memastikannya.

 

Banyak keunggulan investasi berupa tanah yang bisa didapatkan seperti harga yang selalu naik, tidak butuh perawatan berbiaya besar, tidak akan hilang dan masih banyak lagi. Menyimpan uang melalui investasi tanah merupakan solusi untuk menjamin keamanan finansial di masa mendatang. Namun, perlu Anda pahami bahwa melakukan investasi tanah membutuhkan modal awal yang cukup besar. Nah, bagi Anda yang masih dalam proses pengumpulan modal, mungkin Anda bisa mencoba pendanaan di marketplace lending Investree terlebih dahulu. Anda dapat memperoleh imbal hasil hingga 20% per tahun dengan biaya pendanaan mulai dari Rp 1 juta. Hitung-hitung, bisa jadi passive income dalam membantu pengumpulan modal Anda bukan? Cek sekarang di sini.

 

Referensi :

7 Plus Minus Investasi Tanah dan Tipsnya. Rumah123.com : https://bit.ly/2Tj6vUl

Linda Bestari. 15 Juli 2020 . Investasi Tanah Terbukti Menguntungkan? Wajib Tahu Dulu 5 Kelebihan Dan 3 Kekurangannya Disini!. Akulaku.com : https://bit.ly/3drtKT9

 

 

Share this Post

Artikel Terbaru