How-To

Tips Usaha Tambak Udang Beserta Rincian Biaya Modalnya

Usaha tambak udang menjadi salah satu usaha yang bisa Anda coba. Usaha ini memiliki prospek ke depan yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, permintaan pasar akan udang terus mengalami peningkatan. Permintaan udang tidak hanya dari kalangan rumah tangga tetapi juga usaha kuliner, seperti restoran, rumah makan dan sebagainya.

Udang merupakan salah satu protein hewani dengan kandungan nutrisi yang banyak serta memiliki rasa yang sangat lezat. Untuk memulai usaha ini memerlukan modal dan persiapan. Simak beberapa tips memulai usaha tambak udang secara lengkap di bawah ini.

Tips Usaha Tambak Udang

1. Menentukan Jenis Udang yang akan Dibudidayakan

Tips ini penting dilakukan mengingat jenis udang yang ada di Indonesia cukup banyak. Mulai dari jenis udang vannamei, udang windu, udang kipas, udang kucing, udang jerbung, udang dogol, udang galah dan sebagainya.

Banyaknya jenis udang pasti akan membuat Anda merasa bingung untuk memilihnya. Akan tetapi, Anda disarankan untuk memilih jenis udang yang sangat populer dan permintaan pasarnya tinggi, contohnya udang galah, udang windu dan udang vannamei. Ketiga jenis udang tersebut sudah sangat populer di Indonesia dan paling banyak dibudidayakan karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

2. Menentukan Lokasi Tambak Udang

Perlu diketahui jika lokasi paling tepat untuk membudidayakan udang adalah di daerah pantai. Ini dikarenakan daerah tersebut memiliki tanah dengan tekstur liat dan juga berpasir sehingga menjadi lebih mudah dipadatkan untuk bisa menahan air. Sedangkan air yang cocok atau bagus untuk budidaya udang adalah air payau dengan suhu 25 derajat celcius. Kolam yang dibuat harus dilengkapi dengan saluran air supaya air bisa keluar masuk dengan mudah. Selain itu, saluran air ini juga akan mempermudah proses beternak hingga panen.

3. Mempersiapkan Modal yang Dibutuhkan

Tips usaha tambak udang selanjutnya adalah mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Modal menjadi satu hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha. Dimana besaran modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini disesuaikan dengan konsepnya. Jika Anda menggunakan konsep tambak tradisional maka modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. 

Namun, jika memilih untuk menggunakan konsep modern maka modal yang harus dipersiapkan cukup besar. Modal yang dipersiapkan nantinya juga digunakan untuk membeli bibit udang, membeli pakan, membangun kolam dan sebagainya.

4. Mempersiapkan Kolam untuk Budidaya Udang

Dalam membudidayakan udang dibutuhkan kolam dengan konstruksi sesuai dengan syarat yang ditentukan. Misalnya kolam harus dilengkapi dengan pintu air yang dilengkapi tanggul, saringan atau penampung air, papan pengarah pintu air dan sebagainya. Pembangunan kolam ini membutuhkan biaya yang disesuaikan dengan luas serta sistem budidaya yang digunakan.

5. Memilih Bibit Udang yang Berkualitas

Keberhasilan usaha ini juga ditentukan dengan bibit udang yang digunakan. Dimana saat membeli bibit udang direkomendasikan untuk memilih bibit udang yang berkualitas dan unggul. Harga bibit udang tidak terlalu mahal tetapi jika semakin tua usia bibit tersebut maka harganya cenderung naik. Pastikan untuk membeli bibit udang ditempat terpercaya.

Rincian Biaya Modal Usaha Tambak Udang

Biaya sewa tempat Rp  4000.000

Biaya pembuatan kolam Rp  5000.000

Biaya beli terpal Rp  1000.000

Biaya beli pompa air dan kincir Rp   5000.000

Biaya instalasi listrik Rp 12.000.000

Biaya peralatan lainnya Rp   4000.000

Biaya beli bibit Rp 10.000.000

Biaya beli pakan Rp   3000.000

Biaya beli suplemen dab vitamin Rp    1000.000

Gaji karyawan Rp    5000.000

Biaya listrik dan transportasi Rp    1000.000

Total Rp 51.000.000

Jadi perkiraan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha satu ini sebesar Rp 51.000.000

Itulah informasi tentang tips usaha tambak udang beserta rincian biaya modalnya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha tambak udang, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha tambah udang dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Investasiuntung. 07 Juni 2021. 10 Cara Membka Bisnis Tambak Udang yang Berhasil Modal Kecil. Investasiuntung.com. https://bit.ly/3H6mLw3

Ir. Tri Juni Sasongko. 05 Agustus 2021. Analisa Usaha Udang Vaname untuk Pemula, Dijamin Untung Berlimpah. gdm.id. https://bit.ly/2Yyct6t

Share this Post

Artikel Terbaru