How-To

Tips Memulai Usaha Warung Makan Kecil dan Rincian Modalnya

Modal usaha warung makan kecil penting Anda ketahui sebelum memulai usahanya. Hingga saat ini usaha warung makan kecil selalu laris manis dan tidak akan pernah mati dalam kondisi apapun. Semua orang butuh makan dan itu merupakan alasan terkuat. Bagi setiap usaha, kebutuhan modal memang tidak bisa dihindarkan termasuk usaha warung makan kecil. Berikut ini beberapa tips memulai usaha warung makan kecil dan rincian modalnya yang wajib Anda ketahui.

Tips Memulai Usaha Warung Makan Kecil

Hal pertama yang harus Anda pahami, pelaku usaha warung makan kecil memiliki banyak kompetitor. Artinya Anda harus mempunyai cara khusus supaya konsumen nantinya lebih memilih makan di warung Anda daripada milik orang lain. Oleh sebab itu tidak ada salahnya kalau Anda lebih dulu menyimak beberapa tips memulai usaha warung makan kecil berikut ini.

1. Lakukan Riset Sederhana

Meskipun hanya warung makan kecil saja namun sebaiknya Anda juga melakukan riset sederhana lebih dulu. Riset tersebut nantinya berguna untuk membantu Anda menentukan target pasar, model promosi, kelebihan usaha dan sebagainya.

 

Dari hasil riset Anda bisa memperkirakan produk apa yang potensial untuk dijual sesuai target pasar yang ada. Misalnya Anda akan membuka warung makan masakan jawa karena di sekitar tempat itu belum ada warung sejenis dan mayoritas penduduknya adalah orang Jawa.

2. Tentukan Konsepnya

Setelah menemukan jenis makanan apa yang akan dijual selanjutnya Anda harus membuat konsepnya juga. Konsep tersebut bisa Anda sesuaikan dengan jenis makan yang disajikan ataupun kondisi target pasar.

 

Misalnya Anda membuka warung makan di sekitaran kampus maupun perkantoran konsep yang bagus adalah desain minimalis atau industrial dengan sajian prasmanan.

3. Cari Lokasi yang Tepat

Meskipun bukan satu-satunya faktor namun lokasi yang tepat membantu usaha Anda menjadi lebih mudah dikenal orang. Beberapa lokasi yang bagus untuk membuka warung makan kecil misalnya dekat kampus, area perkantoran ataupun sekitaran industri/pabrik.

4. Perhitungan Modal

Setelah rencana usaha Anda memiliki gambaran jelas langkah selanjutnya adalah memperhitungkan jumlah modal yang dibutuhkan. Hitung apapun yang Anda butuhkan untuk memulai usaha secara rinci agar diketahui dengan jelas berapa total modal yang dibutuhkan. 

 

Barulah setelah itu Anda memikirkan dari mana modal tersebut didapatkan apakah dari kantong pribadi, kerjasama dengan orang lain atau mencari pinjaman.

5. Perhitungan Modal Warung Makan Kecil

Meskipun membuka warung makan kecil tidak membutuhkan modal sebesar restoran atau cafe modern namun Anda tetap harus memperhitungkan lebih dulu modalnya kemudian dipikirkan darimana sumber permodalannya. 

Untuk memudahkan Anda membuat perhitungan modal silahkan perhatikan contoh rincian modal berikut ini.

  • Meja panjang 4 buah Rp. 1.000.000
  • Kursi panjang 8 buah Rp. 1.500.000
  • Kompor gas 1 buah Rp.    250.000
  • Tabung gas 1 buah Rp.    150.000
  • Piring 3 lusin Rp.    300.000
  • Gelas 3 lusin Rp.  200.000
  • Tutup gelas 3 lusin Rp.    45.000
  • Mangkuk 1 dosin Rp.    90.000
  • Piring kecil 3 lusin Rp.   100.000
  • Wadah makanan Rp.   400.000
  • Etalase kaca kecil Rp.    500.000
  • Bahan baku 1 bulan Rp.  2.000.000
  • Lain-lain Rp.  1.000.000
  • Total jumlah Rp.   7.535.000

Setelah diketahui jumlah modal usaha warung makan kecil tersebut selanjutnya Anda harus menentukan sumber permodalannya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha warung makan kecil, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha warung makan kecil dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

2 Maret 2020. 7 Tips Memulai Usaha Warung Makan, Modal Mulai 10 Juta. Gobiz.co.id : https://bit.ly/3lZRwK3

BukuKas. 29 September 2020. Peluang Usaha Warung Nasi dan Tips Sukses Memulainya. Bukukas.co.id : https://bit.ly/3IKdF8O

Share this Post

Artikel Terbaru