How-To

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Agar Cuan!

Bisnis jual beli mobil bekas menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Hal ini tidak terlepas dari permintaan masyarakat terhadap mobil bekas yang tinggi. Tentu ini menjadi peluang bisnis untuk Anda yang sedang ingin memulai usaha. Lalu, bagaimanakah cara untuk memulai bisnis ini? Anda bisa pelajari dibawah ini.

Tips Memulai Usaha Jual Beli Mobil Bekas

1. Memilih Lokasi Showroom yang Strategis

Memulai bisnis mobil bekas tidak harus memiliki tempat yang luas dengan lantai tinggi. Asalkan lokasinya strategis, pemilihan tempat dengan luas pas-pasan pun bisa mendatangkan banyak imbal hasil. Cobalah untuk mencari showroom di dekat jalan raya untuk menarik perhatian pengguna jalan. Atau, Anda bisa juga menempatkan showroom di lokasi yang teraugmentasi pada bisnis serupa.

2. Menjual Jenis Mobil yang Banyak Diminati Pasar

Selain dapat menghambat keberhasilan usaha, menjual atau membeli mobil yang kurang diminati akan berujung pada kebangkrutan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengamati jenis dan tipe mobil yang paling banyak digunakan di sekitar Anda.

Tak lupa, pilihlah produk roda empat yang diproduksi tidak terlalu lama. Sebagaimana diketahui, mobil dengan tahun pembuatan yang terlalu lama atau mobil tua cenderung memerlukan biaya perawatan yang relatif besar.

Disamping itu, sebagian besar masyarakat Indonesia umumnya memilih merek mobil yang menawarkan layanan after-sales yang baik, pun sparepart yang gampang ditemukan. Tentunya ini menjadi pertimbangan besar bagi calon pelanggan dan pelaku usaha mobil bekas itu sendiri.

3. Memperbaiki dan Mempercantik Mobil yang Dijual

Memperbaiki komponen mobil bekas yang rusak hingga memolesnya menjadi lebih cantik akan meningkatkan harga jual mobil tersebut. Sebelum itu, cobalah untuk memeriksa kembali kondisi mobil di bengkel dan pastikan apakah mesinnya dalam kondisi baik, juga layak untuk digunakan atau tidak.

Mempercantik yang dimaksud disini adalah melakukan perbaikan pada bagian body mobil, semisal dengan melakukan pengecatan ulang pada cat yang mengelupas, dan lain sebagainya.

4. Memeriksa Kelengkapan Surat

Tidak ada seorangpun yang rela mengeluarkan uang besar untuk membeli produk mobil tanpa adanya kejelasan surat-surat. Baik itu buku pemilik kendaraan bermotor ataupun surat tanda nomor kendaraan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mempersiapkan kelengkapan surat yang diperlukan oleh pelanggan. Lebih baik lagi jika pengusaha bisa memberikan layanan tambahan seperti balik nama surat kendaraan bagi pelanggan yang datang.

5. Memanfaatkan Networking

Dalam bisnis apapun, kekuatan networking sangatlah dibutuhkan. Anda bisa mengoptimalkan peran rekan kerja untuk memasarkan barang dagangannya melalui word of mouth power. Pada dasarnya, networking yang baik bakal membawa bisnis mobil bekas berkembang lebih baik lagi.

6. Memperhatikan Manajemen Keuangan

Tidak bisa dipungkiri, hingga saat ini masih banyak pengusaha pemula yang abai terhadap manajemen keuangan dari bisnisnya. Padahal, manajemen keuangan merupakan bagian krusial dalam menjalankan suatu usaha. Dengan finansial yang baik, bisnis bisa lebih cepat berkembang dan melakukan ekspansi ke pasar yang lebih luas.

7. Taat Pada Hukum yang Berlaku

Kepatuhan terhadap hukum juga berlaku pada usaha jual beli mobil bekas. Dalam hal ini, hukum akan menjamin kedua belah pihak yang melakukan transaksi jual beli mobil bekas tidak dirugikan satu sama lain. Selain itu, fakta suatu usaha taat pada hukum yang berlaku akan meyakinkan masyarakat untuk membeli produk dari tempat tersebut. Sebab bisnis dianggap bisa dipercaya dan cukup kredibel.

Rincian Modal Usaha Jual Beli Mobil Bekas

Dengan asumsi total mobil yang akan diperjual belikan adalah 12 unit dengan masing-masing harga berkisar antara 75-100 juta rupiah, maka modal kulak mobil bekas yang dibutuhkan sekitar 1 miliar.

Mengenai tempat showroom, rata-rata sewa tempat di kawasan perkotaan per bulannya mencapai 400 juta atau 4,8 miliar per tahun, lengkap dengan biaya air dan listrik.

Dengan demikian, total modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha jual beli mobil bekas menjadi 5,5 miliar. Perlu dicatat, rincian modal tersebut hanyalah kisaran dengan asumsi. Naik-turunnya nominal modal bergantung pada jumlah mobil yang hendak dijual, plus lokasi tempat Anda berencana membuka showroom.

Itulah beberapa tips jitu untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Referensi :

 

Jurnal Entrepreneur. 8 Tips Jitu Memulai Bisnis Jual-Beli Mobil Bekas. Jurnal.id : https://bit.ly/3HcKVol

Share this Post