How-To

Tips Memulai Usaha Agen Beras Serta Rincian Modalnya

Usaha agen beras merupakan salah satu usaha dengan peluang yang sangat menjanjikan. Ini dikarenakan beras yang nantinya diolah menjadi nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Kondisi ini membuat tingkat permintaan beras di pasaran sangat tinggi. Oleh karena itu, peluang membuka usaha ini tidak hanya menjanjikan tetapi imbal hasil yang diterima cukup besar. 

5 Tips Memulai Usaha Agen Beras

Sebelum memulai usaha agen beras, perlu Anda ketahui bahwa usaha ini memiliki banyak pesaing atau kompetitor yang banyak sehingga Anda harus memulainya dengan baik. Untuk memulai nya tentunya dibutuhkan modal yang cukup dan kesiapan yang matang. Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan: 

1. Siapkan Modal yang Dibutuhkan

Modal menjadi hal penting yang harus dipersiapkan jika Anda berencana untuk menjalankan suatu usaha, termasuk usaha agen beras. Menjadi agen beras membutuhkan modal yang tidak sedikit sehingga Anda harus mempersiapkan modal tersebut. Modal tersebut akan digunakan untuk membeli stok beras, sewa tempat, membeli peralatan usaha, biaya operasional dan sebagainya.

Jika Anda ingin memulai usaha ini tetapi terkendala modal yang minim, disarankan untuk mengajukan pinjaman di Investree. Investree merupakan fintech terpercaya yang sudah terdaftar di OJK.

2. Tentukan Target Pasar Menjual Beras

Selain modal, target pasar juga menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai usaha ini. Alasannya karena jika Anda menjual suatu produk tetapi tidak tahu target pasar apa yang dituju maka kesuksesan yang diraih tidak akan maksimal. Dalam menentukan target pasar Anda bisa melakukan survei. Hasil survei bisa membantu menentukan kelompok tertentu yang akan menjadi target pasar usaha Anda. 

3. Tentukan Jenis Beras Apa yang Akan Dijual

Seperti yang diketahui jika jenis beras yang ada di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Dimana masing-masing jenisnya memiliki kualitas yang berbeda-beda. Jika Anda memutuskan untuk menjadi pengusaha agen beras, disarankan untuk menjual berbagai jenis beras. Ini dikarenakan semakin lengkap jenis beras yang dijual maka akan menarik banyak pelanggan dan imbal hasil yang diterima semakin besar. Untuk itu Anda harus menentukan jenis beras apa yang akan dijual. 

4. Pilih Supplier Beras yang Tepat 

Tips memulai usaha agen beras selanjutnya yaitu pilihlah supplier beras yang tepat. Tips ini perlu diperhatikan karena supplier yang tepat merupakan kunci utama usaha Anda bisa berjalan dengan lancar. Sebagai agen beras tentu Anda harus memiliki stok beras yang banyak. Jika stoknya sedikit dan ada pelanggan yang membutuhkan beras dengan jumlah banyak maka akan membuat pelanggan berpindah ke agen lain. Dalam hal ini Anda tidak hanya mendapatkan kerugian tetapi juga kehilangan pelanggan.

5. Pilih Lokasi yang Tepat 

Supaya usaha Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dan imbal hasil, disarankan untuk memilih lokasi usaha yang tepat. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau masyarakat. Selain itu pilihlah lokasi di tempat yang ramai supaya usaha Anda bisa dengan mudah dikenal banyak orang. 

Rincian Modal Usaha Agen Beras

Inilah rincian modal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini:

Beli 20 karung beras @ Rp 220.000 Rp  4.400.000

Biaya sewa tempat Rp 10.000.000

Beli peralatan usaha ( kursi, meja, wadah beras, timbangan, dll) Rp  2.000.000

Biaya gaji karyawan ( 1 orang) Rp  1500.000

Biaya listrik, air, pulsa dan internet  Rp    500.000

Biaya transportasi Rp    300.000

Biaya lain-lain Rp    700.000+

Total Rp 19.400.000

Jadi perkiraan modal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini sebesar Rp 19.400.000

Nah itulah informasi tentang 5 tips memulai usaha agen beras serta rincian modalnya. Pada dasarnya usaha ini memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus dipersiapkan dengan benar dan matang. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha agen beras, Anda bisa mengajukan pinjaman dana ke Investree. 

Investree akan menjadi jembatan yang mempertemukan Anda sebagai peminjam atau borrower dan pihak pemberi pinjaman atau lender. Anda bisa mengajukan pinjaman dengan mudah dan juga cepat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Tidak perlu khawatir masalah legalitas, karena Investree sudah mendapatkan izin dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda dengan maksimal. 

Referensi:

Accurate.id. Tips Jualan Beras dan Peluang Besar yang Ada di Dalamnya. Accurate.id. https://bit.ly/32w9sVM

Rahayu Diyah Wiludjeng. 14 September 2020. Cara Mmeulai Bisnis Jualan Beras Bagi Pemula. Superapp.id. https://bit.ly/3qpwhCG

 

Share this Post