Tips Memulai Bisnis Wedding Organizer yang Menguntungkan 

Apabila Anda ingin memiliki usaha dengan peluang mendapatkan imbal hasil yang besar, bisnis wedding organizer (WO) bisa menjadi pertimbangan. Alasannya karena saat ini banyak pasangan yang mempercayakan acara pernikahannya kepada wedding organizer (WO). Bisa dibilang peluang bisnis satu ini sangat menjanjikan. Lalu, apa saja tips untuk memulai bisnis WO?

7 Tips Memulai Bisnis Wedding Organizer yang Menguntungkan 

Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis WO:

1. Tentukan Target Pasar

Tips pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan target pasar secara spesifik. Target pasar yang sudah ditentukan akan mempermudah Anda dalam merencanakan biaya anggaran, melakukan promosi atau pemasaran hingga menentukan konsep. Jika target pasar sudah ditentukan maka Anda bisa menentukan konsep sesuai dengan target pasar tersebut. 

2. Mengetahui Seluk Beluk Wedding Organizer  

Hal penting yang tidak boleh dilewatkan saat memulai bisnis ini adalah mengetahui banyak hal tentang wedding organizer. Ini bertujuan supaya Anda dapat memahami konsep WO dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis WO. Cara mendapatkan informasi tentang bisnis ini yaitu dengan bergabung di komunitas WO. Dengan bergabung di komunitas tersebut maka Anda akan mendapatkan banyak inspirasi tentang konsep pernikahan yang menarik. 

3. Merekrut Tim Inti yang Solid 

Tips memulai bisnis wedding organizer selanjutnya adalah dengan merekrut tim inti yang solid. Untuk menjalankan bisnis ini Anda diharuskan untuk membangun tim inti yang solid. Selain itu, supaya hasilnya lebih maksimal Anda bisa merekrut freelancer sebagai karyawan tambahan. Karyawan tambahan tersebut akan membantu Anda saat acara pernikahan  berlangsung.

Merekrut freelancer sebagai karyawan tambahan merupakan pilihan tepat. Ini dikarenakan bisnis di bidang wedding merupakan bisnis musiman. Jika merekrut karyawan teta maka biaya gaji karyawan akan membengkak sehingga imbal hasil yang diterima menjadi sedikit.

4. Mengajukan Proposal Kerjasama dengan Pemilik Bisnis Lain di Bidang Wedding

Sebagai pemulai di bisnis ini tentu bukan suatu yang mudah untuk mendapatkan klien. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan mengajukan proposal kerjasama dengan bisnis lain yang berkecimpung di bidang wedding. Contohnya bekerjasama dengan tata rias, vendor dekorasi atau venue, catering, fotografer dan sebagainya. Kerjasama yang terjalin nantinya akan menguntungkan Anda. Selain bisnis Anda mulai dikenal banyak orang tetapi juga bisa meminimalisir modal yang keluarkan. 

5. Melakukan Promosi 

Saat ini pemasaran atau promosi suatu bisnis bisa dilakukan dengan mudah sehingga harus dilakukan dengan maksimal. Dimana saat ini promosi bisa dilakukan secara online maupun offline. Anda bisa melakukan promosi secara online di situs resmi bisnis Anda atau bisa juga melalui media sosial, seperti Instagram,Youtube, Facebook, Twitter dan sebagainya. Promosi melalui media sosial selain mudah, gratis tetapi juga sangat efektif untuk mendapatkan banyak klien. 

6. Selalu Berikan Pelayanan Terbaik

Wedding organizer merupakan salah satu bisnis jasa sehingga Anda harus memberikan pelayanan terbaik ke semua klien. Jika klien merasa puas dengan pelayanannya maka akan merekomendasikan ini kepada teman-temannya atau keluarga lainnya. Hal ini merupakan salah satu bentuk promosi gratis yang hasilnya cukup maksimal.

7. Buatlah Konsep Bisnis yang Menarik

Konsep bisnis WO yang akan ditawarkan kepada konsumen juga harus diperhatikan. Usahakan untuk membuat konsep bisnis yang kreatif dan menarik yang berorientasi pada kepuasan klien. Pastikan konsep bisnis yang dipilih mengandung tiga pilar bisnis WO, yaitu mengikuti tren pasar, konsep wedding yang unik, kreatif dan menarik serta memprioritaskan kepuasan klien. 

Nah itulah 7 tips memulai bisnis wedding organizer yang menguntungkan. Bagi Anda yang berencana menggeluti bisnis ini, diharapkan tips-tips yang disebutkan diatas bisa membantu Anda. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangakan bisnis WO, maka Investree bisa menjadi pilihan tepat. Ajukan pinjaman dana di Investree dengan proses yang cepat dan mudah. 

Sebagai peminjam (borrower), Anda akan dipertemukan dengan pihak pemberi pinjaman (lender). Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Investree juga aman karena sudah mendapatkan izin dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dapatkan modal dan kembangkan bisnis Anda dengan lebih lancar dan maksimal bersama Investree sekarang juga. 

Referensi:

Plaminan. 01 Februari 2020. Bagaimana Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer. Plaminan.com. https://bit.ly/3Eyf0ww

Ananata Fitri.09 Mei 2020. Bisnis Wedding Organizer, Bagaimana Cara Memulainya?. Blog.jejualan.com. https://bit.ly/3sy2omH