How-To

Tips Memulai Bisnis Sewa Apartemen Agar Menguntungkan

Seiring pertumbuhan penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal pun menjadi sangat tinggi. Tidak heran jika peluang bisnis sewa apartemen memiliki potensi yang bagus. Apalagi tidak semua orang memiliki dana yang cukup untuk langsung membeli rumah. Lalu, bagaimana cara untuk memulai bisnis ini? 

5 Tips Memulai Bisnis Sewa Apartemen Agar Berhasil 

Sebagai referensi, berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis sewa apartemen: 

1. Mencari Lokasi Apartemen yang Strategis

Menjalankan bisnis ini berarti Anda harus memiliki unit apartemen terlebih dahulu. Jika belum memilikinya berarti harus membelinya. Usahakan untuk memilih unit apartemen yang berada di lokasi strategis, yaitu berada di dekat universitas, tempat kerja atau pusat perbelanjaan. 

Pemilihan lokasi apartemen yang tepat akan memberikan nilai jual apartemen. Tidak perlu membeli apartemen dengan fasilitas yang mewah, yang terpenting berada di lokasi strategis. Dengan begini maka harga sewa apartemen Anda menjadi cukup mahal sehingga Anda akan mendapatkan banyak imbal hasil.

2. Menentukan Target Pasar 

Menentukan target pasar penting untuk diperhatikan karena bisa mempengaruhi keberhasilan bisnis. Anda diharuskan untuk menentukan target pasar secara spesifik. Jika target pasarnya adalah pekerja berarti lokasi apartemen harus dekat dengan perkantoran. Sedangkan jika target pasarnya adalah penyewa yang sudah menikah dan memiliki anak berarti unit apartemen yang cocok adalah 2BR atau 3BR. 

3. Mengetahui Kebutuhan Penyewa

Setelah target pasar ditentukan, langkah selanjutnya yaitu harus mengetahui apa saja kebutuhan penyewa. Seperti yang diketahui jika kebutuhan setiap penyewa itu berbeda-beda, ada yang membutuhkan sewa apartemen harian ada juga yang bulanan. Selain itu, kebutuhan penyewa akan fasilitas apartemen, furniture, maupun dekorasi juga tidak sama. 

Dengan memahami periode penyewa maka menjadi lebih mudah dalam menentukan harga sewa. Anda juga bisa menentukan dekorasi dan furniture yang dibeli sesuai dengan kebutuhan penyewa. Kondisi ini akan memberikan dampak pada penawaran yang diberikan karena calon penyewa pasti akan memilih apartemen yang paling bisa mengakomodasi kebutuhan mereka. 

4. Melakukan Renovasi

Tips memulai bisnis sewa apartemen selanjutnya yaitu melakukan renovasi. Unit apartemen yang disewakan harus memiliki kondisi yang bagus dan bisa menarik hati calon penyewa. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh agar apartemen semakin bagus adalah dengan melakukan renovasi. Anda bisa mengganti warna cat dinding secara berkala supaya apartemen tetap cantik dan bersih. Bisa juga dengan rutin melakukan pengecekan pada utilitas bangunan. 

5. Melakukan Promosi 

Promosi akan sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis penyewaan apartemen yang dijalankan. Oleh karena itu, pastikan melakukan promosi dengan maksimal menggunakan cara marketing online maupun offline. Iklankan apartemen Anda di berbagai media sosial seperti Instagram, Twitter, maupun Facebook. 

Selain itu, juga bisa memanfaatkan cara offline seperti dengan mencetak banner, membagikan brosur, maupun membuat baliho. Dengan kombinasi strategi promosi online dan offline, target calon penyewa yang Anda jangkau bisa menjadi lebih luas dan efektif. 

Nah itulah informasi tentang 5 tips memulai bisnis sewa apartemen. Dengan menjalankan bisnis ini Anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan banyak imbal hasil.  Jika Anda ingin membangun bisnis sewa apartemen tetapi  terkendala modal yang minim, disarankan untuk mengajukan pinjaman di Investree yang sudah berizin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Sebagai peminjam dana (borrower) Anda akan bertemu dengan pemberi pinjaman (lender) dengan proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Dengan tambahan modal yang cukup, Anda bisa mengembangkan bisnis sewa apartemen dengan lebih maksimal. 

Referensi:

Mastrigus.com. 29 Oktober 2019. Mau Memulai Bisnis Sewa Apartemen? Ikuti Tips Berikut Ini. mastrigus.com. https://bit.ly/3qthl1a

Prospeku.com. 24 Agustus 2021. Pertimbangan & Strategi Memulai Bisnis Sewa Apartemen. Prospeku.com. https://bit.ly/3zcUu3u

 

Share this Post