Tips Memulai Bisnis Salon dan Rincian Modalnya

Bisnis salon kecantikan menjadi peluang bisnis yang bisa Anda coba. Perawatan kecantikan sangat dibutuhkan di era modern saat ini. Tentu ini menjadi peluang yang bagus untuk memulai bisnis salon. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis salon lengkap dengan rincian modalnya.

Tips Membuka Bisnis Salon

1. Membuat Perencanaan Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan memulai bisnis salon kecantikan adalah membuat rencana bisnis. Perencanaan bisnis ini adalah arahan langkah apa yang harus pertama diambil dan langkah selanjutnya baiknya seperti apa, bisa dilihat dari rencana bisnis tersebut. Isi dari rencana bisnis ini adalah step atau hal apa saja yang perlu disiapkan agar bisa membuka sebuah bisnis salon sendiri, serta untuk mengetahui perkiraan modal yang dibutuhkan nanti.

2. Menentukan Target Pasar

Target pasar dalam sebuah promosi berperan sangat penting. Misalnya ingin membuka salon kecantikan, maka targetnya adalah remaja, wanita, karier, atau ibu rumah tangga. Anak-anak atau kaum pria tidak masuk pada target pasar.

3. Memilih Lokasi

Setelah sudah jelas siapa yang menjadi target pasar, maka selanjutnya tinggal mencari lokasi yang strategis. Salon sebaiknya berada di dekat fasilitas umum. Tak hanya itu cari tempat yang dekat dengan keramaian sehingga peluang untuk calon pelanggan datang lebih besar. Biasanya untuk membuka salon bisa menyewa tempat satu lantai saja yang berupa sepetak ruang yang cukup untuk 2 cermin. Biaya sewa tempat kira-kira bisa 2 juta rupiah untuk sewa selama 3 bulan.

4. Mengikuti Tren Terkini

Saat memutuskan untuk membuka usaha salon sebaiknya perhatikan dulu tren terbaru. Dengan mengetahui tren terbaru, Anda bisa lebih mudah menentukan konsep salon mau seperti apa. Jika salon memiliki konsep yang tidak up to date dengan tren terbaru tentu akan membuat pelanggan enggan untuk masuk walau hanya untuk coba-coba. Pastikan sudah mencari informasi sebanyak mungkin tentang dunia salon bahkan sampai konsep ruang salonnya.

5. Menyiapkan Segala Perlengkapan

Dalam bisnis salon memerlukan berbagai peralatan dan perlengkapan khusus. Untuk itu perlu disiapkan sebaik mungkin dengan cara mencari tahu terlebih dahulu. Jika belum ada pengetahuan seputar salon kecantikan, pelajari dulu semuanya dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin terutama tentang alat yang digunakan dan perlengkapan yang dibutuhkan nanti.

Rincian Modal Usaha Salon

Jika sudah mengetahui tips untuk memulai bisnis salon, selanjutnya Anda harus mengetahui besar modalnya. Hal pertama adalah biaya untuk perizinan dan tempat, ini kurang lebih bisa mencapai 7 juta rupiah. Namun biaya tersebut bisa ditekan lagi jika menggunakan rumah sendiri atau tanpa menyewa tempat.

Setelah itu ada peralatan salon yang cukup beragam. Hair dryer, tempat untuk mencuci rambut, sampai gunting dan peralatan lain biasanya untuk salon yang masih kecil membutuhkan dana sebesar 15 juta rupiah. Ini juga tergantung dari merk dan juga jenis alat yang akan digunakan serta dibeli.

Buat perkiraan juga dengan biaya operasional salon. Ini biasanya mencakup listrik, air, dan juga internet. Persiapkan dana operasional untuk 3 bulan kedepan, misalnya satu bulan menghabiskan uang operasional sebesar 500 ribu rupiah, maka siapkan 1,5 juta rupiah.

Terakhir adalah gaji karyawan, ini bagi yang memang tidak ada keahlian di bidang salon. Biasanya gaji karyawan setiap bulannya berada di kisaran 1 juta rupiah ke atas. Jika ingin berhemat  dan memiliki keahlian di bidang salon, ada baiknya gunakan tenaga sendiri untuk bisa mengembangkan salon tersebut. Jika pelanggan sudah banyak baru mempekerjakan orang lain.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis salon, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan bisnis Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis salon dengan lancar dan maksimal.

Itulah tips serta hitungan untuk memulai bisnis salon. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah sendiri sebagai permulaan. Peluangnya cukup bagus karena setiap orang memperhatikan penampilannya untuk bisa bersosialisasi dengan orang lain. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Jurnal entrepreneur. Tips Sukses Memulai Bisnis Salon Kecantikan Bagi Pemula. Jurnal.id : https://bit.ly/3qNtSDB