Tips Memulai Bisnis Olahan Tahu Agar Cuan!

Bisnis olahan tahu menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Selain modal yang cukup terjangkau, permintaan tahu saat ini terbilang cukup tinggi. Tentu ini menjadi peluang untuk Anda untuk memulai bisnis tahu. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari tips-tips memulai bisnis tahu di bawah ini.

Kenapa Harus Bisnis Olahan Tahu?

1. Peluang Pasar Masih Bagus

Meskipun sudah banyak pesaing lain di pasar, namun jika dilihat secara general, prospek usaha tahu masih begitu menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Terlebih, orang-orang masih membutuhkan olahan tahu sebagai salah satu menu andalan di rumahnya. Besarnya minat masyarakat akan tahu masih belum sebanding dengan banyaknya pengusaha yang menawarkan produk serupa. Inilah kenapa prospek usaha olahan tahu masih sangat bagus.

2. Skup Bisnis Masih Luas

Ada banyak jenis olahan tahu yang bisa dipasarkan. Semisal saja keripik tahu krispi yang dikemas dalam wadah kedap udara, atau frozen food yang lezat. Cita rasa khas dari olahan camilan berbahan tahu mempunyai pangsa pasar yang masih luas, bisa nasional dan bahkan internasional.

3. Prediksi Keuntungan Terus Naik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, variabel modal dan biaya operasional dari bisnis ini masih tergolong terjangkau bila dibandingkan dengan bisnis-bisnis snack rumahan lainnya. Kendati demikian, harga pasaran tahu yang sudah diolah bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Tak heran jika usaha ini diprediksi akan memiliki grafik keuntungan yang terus meningkat.

Tips Memulai Bisnis Makanan Olahan Tahu

1. Menetapkan Harga

Dalam ranah bisnis manapun, penetapan harga selalu menjadi hal pertama yang wajib dipertimbangkan oleh seorang pengusaha. Pada dasarnya, harga harus ditetapkan dengan menyesuaikan kantong target pembeli agar mereka bisa merasakan kepuasan optimal setelah mengkonsumsi produk Anda. Jika dimungkinkan, Anda dapat membuat harga yang ramah bahkan untuk calon pembeli yang berasal dari tempat yang jauh dari lokasi usaha.

2. Memperhatikan Pelayanan

Setiap pembeli tentu senang saat memperoleh pelayanan yang baik ketika membeli suatu produk tertentu. Pun demikian dengan bisnis makanan olahan tahu. Pastikan Anda atau karyawan yang bekerja langsung dengan melayani konsumen, untuk ramah, tersenyum, dan solutif ketika ditanya. Selain itu, kecepatan dalam melayani konsumen pun jadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

3. Menjaga Kualitas

Kualitas produk harus dijaga secara kontinyu agar pelanggan tidak merasa kecewa. Dalam hal ini, pemilihan bahan produksi wajib diperhatikan dengan baik. Penggunaan bahan yang sama dengan takaran yang sama pula akan menghasilkan produk dengan kualitas serupa.

4. Tempat yang Nyaman

Jika Anda memilih untuk membuka toko olahan tahu secara offline, maka kenyamanan tempat usaha harus diperhatikan dengan saksama. Tak lupa, kebersihan toko, alat masak, hingga piring saji harus dijaga dengan baik.

 

Penataan kursi dan meja tamu berikut interior lain yang ada di toko tersebut bisa menunjang kenyamanan para pelanggan yang datang.

5. Terus Berinovasi

Jangan hanya fokus pada satu produk tertentu. Usahakan untuk melakukan inovasi, baik dari segi rasa, bentuk, maupun pengemasannya, agar pelanggan tidak bosan dengan menu yang terkesan itu-itu melulu. Sebagai contoh, mulanya Anda hanya fokus pada pembuatan tahu bulat berbumbu pedas, dalam beberapa waktu kedepan, Anda dapat meluncurkan produk baru seperti nugget tahu, tahu mercon, keripik tahu, mayonnaise tahu, hingga french fries tahu.

Estimasi Modal Usaha Olahan Tahu

Dengan asumsi jenis usaha olahan tahu yang dipilih merupakan tahu krispi, maka rincian modal yang dibutuhkan meliputi:

1. Modal Investasi

  • Gerobak dorong Rp 2.000.000
  • Biaya sewa tempat usaha 1 bulan Rp 750.000
  • Kompor dan tungku Rp 400.000
  • Peralatan dan perlengkapan makan Rp 900.000
  • 2 tabung gas 3 kg beserta isinya Rp 300.000
  • Wajan dan peralatan memasak Rp 150.000
  • Biaya lain-lain Rp 250.000

2. Modal Operasional

  • Tahu putih Rp 500.000
  • Tepung terigu Rp 160.000
  • Tepung beras dan baking powder Rp 150.000
  • Gula dan garam Rp 50.000
  • Biaya air, iuran kebersihan, listrik dan telepon Rp 400.000
  • Biaya lain-lain Rp 300.000

 

Dengan demikian, estimasi modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha olahan tahu adalah Rp 5.660.000. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis olahan tahu, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan bisnis Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis olahan tahu dengan lancar dan maksimal.

 

Itulah beberapa tips memulai bisnis olahan tahu untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Referensi :

 

Caksub. 27 Mei 2018. Bisnis Tahu: Aneka Olahan Tahu Untuk Usaha. Mesintasudo.com : https://bit.ly/3Ke4zSG