How-To

Tips Memulai Bisnis Konveksi Tanpa Modal Agar Berhasil

Apakah bisa menjalankan bisnis konveksi tanpa modal? Jawabannya adalah sangat bisa. Tanpa adanya modal bukan berarti bisnis konveksi tidak memiliki peluang yang menjanjikan. Jika bisa menjalankannya dengan baik, Anda tetap memiliki potensi keuntungan yang menggiurkan. Inilah cara selengkapnya untuk memulai bisnis ini.
6 Tips Memulai Bisnis Konveksi Tanpa Modal
Sebagai referensi, inilah beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa memulai bisnis konveksi meski tanpa modal:
1. Tentukan Produk Konveksi yang akan Diproduksi
Tips memulai bisnis ini yang pertama yaitu menentukan produk konveksi apa yang akan diproduksi. Ada banyak produk konveksi yang bisa diproduksi, seperti pakaian dewasa, baju muslim, seragam, pakaian anak-anak dan sebagainya.
Sebenarnya Anda bisa memproduksi banyak produk konveksi, tetapi karena sebagai pemula dan tidak memiliki modal maka disarankan untuk memulainya dari yang kecil-kecil dahulu. Jika sudah berkembang, jenis konveksi bisa dikembangkan lagi. Menentukan produk apa yang akan diproduksi akan mempermudah Anda dalam melakukan branding dan menentukan strategi pemasaran yang digunakan.
2. Menentukan Lokasi Bisnis
Lokasi bisnis memberikan pengaruh yang besar atas keberhasilan yang diraih. Anda disarankan untuk memanfaatkan ruangan kosong di rumah untuk kegiatan produksi agar tidak mengeluarkan modal. Baru setelah bisnis konveksi sudah berkembang, Anda bisa sewa tempat yang lebih besar.
3. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan
Ada banyak peralatan yang harus dipersiapkan untuk menjalankan bisnis ini. Mulai dari mesin jahit, mesin obras, gunting, jarum, kancing baju, mesin overdeck, resleting, meteran, dan printilan-printilan lainnya. Peralatan-peralatan tersebut harus dipersiapkan supaya proses produksi bisa berjalan dengan lancar.
4. Mencari Supplier
Bahan utama yang diperlukan oleh bisnis konveksi adalah benang dan juga kain. Ini berarti saat proses produksi Anda membutuhkan bahan tersebut dalam jumlah yang banyak. Kain yang berkualitas akan menentukan hasil produk konveksi yang dihasilkan. Disarankan juga untuk memilih supplier yang memiliki reputasi baik, memiliki variasi produk yang banyak dan lokasinya tidak jauh dari lokasi bisnis Anda.
5. Memiliki Keahlian atau Skill yang Mumpuni
Tips memulai bisnis konveksi tanpa modal selanjutnya adalah harus memiliki keahlian yang mumpuni. Dikarenakan tidak adanya modal berarti Anda tidak memiliki dana untuk membayar gaji karyawan. Maka dari itu, kegiatan produksi harus dilakukan sendiri sehingga kemampuan Anda akan sangat berperan besar untuk membuat produk konveksi yang baik.
6. Melakukan Promosi
Setelah semua persiapan sudah matang, tips selanjutnya yaitu mulai menyusun strategi pemasaran yang akan digunakan. Bisa dibilang jika ini merupakan tahapan paling sulit bagi pemula. Sebab, Anda harus berusaha keras untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli pertama.
Promosi atau pemasaran bisa Anda lakukan dengan banyak cara, seperti memanfaatkan keberadaan media sosial, blog, forum komunitas atau rajin mengikuti pameran. Untuk menarik banyak pembeli Anda bisa menerapkan strategi diskon.
Nah itulah informasi tentang 6 tips memulai bisnis konveksi tanpa modal agar berhasil. Jika Anda memiliki keahlian mumpuni dalam menjahit tetapi tidak memiliki modal, semoga pembahasan diatas bisa membantu Anda dalam memulai bisnis konveksi. Untuk mengembangkan usaha konveksi supaya lebih besar lagi, Anda bisa mengajukan pinjaman dana di Investree.
Di Investree, Anda sebagai peminjam dana (borrower) akan bertemu pihak pemberi pinjaman (lender). Pengajuan pinjaman bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Tidak perlu khawatir soal keamanan karena Investree sudah mendapatkan izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan modal tersebut, kembangkan usaha konveksi dengan lebih lancar dan maksimal.
Referensi:
Reskia. 06 Februari 2021. 5 Cara Memulai Bisnis Konveksi Rumahan. Wongcerdas.com. https://bit.ly/3pDGZqd
Bisabisnis.com. Cara Memulai Usaha Konveksi yang Perlu Anda Tahu. Bisabisnis.com. https://bit.ly/3ePXR77

 

 

Share this Post