How-To

Tips Membuka Usaha Warung Kelontong yang Menguntungkan

Usaha warung kelontong menjadi salah satu usaha yang menguntungkan. Meski sering diremehkan, usaha ini dibutuhkan bagi masyarakat sekitar. Toko atau warung kelontong banyak membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Barang yang dijual hampir semuanya penting dan sebagian besar adalah kebutuhan primer atau pokok. Jika melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan kehadiran toko kelontong, peluang usaha ini cukup menjanjikan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba usaha warung kelontong. Bagaimana cara atau tips untuk membuka warung kelontong ini? Simak dibawah ini.

1. Lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan riset pasar. Coba cari tahu apa saja yang biasanya dijual atau jenis barang apa saja yang biasanya ada di toko kelontong. Cari tahu sedetail mungkin dan mulai dari tetangga rumah sendiri. Tanyakan kebutuhan apa saja yang sering dicari, kebutuhan sehari-hari apa yang cepat habis, dan sebagainya. Riset ini juga berguna untuk memastikan barang yang dijual sudah jelas pasarnya.

2. Tentukan Modal

Setelah melakukan riset, jenis barang sudah tergambar dan bisa mulai memperkirakan besaran modal yang dibutuhkan. Modal untuk membuka toko kelontong memang yang paling utama untuk pengadaan barang, selanjutnya modal untuk tempat usaha, selain itu ada juga yang perlu disiapkan yaitu perlengkapan toko seperti meja, kursi, etalase, dan lain sebagainya.

Buatlah catatan agar bisa memperhitungkan modal dengan benar. Masukkan dalam daftar biaya tak terduga sebagai antisipasi sehingga nanti saat menyiapkan dananya tidak sampai kurang. Pastikan penentuan modal dilakukan dengan teliti dan hati-hati jangan sampai ada yang terlewat.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha warung kelontong, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

3. Lokasi Strategis

Dalam bisnis apa saja tempat usaha adalah aspek penting yang harus diperhatikan dengan baik. Toko atau warung kelontong baiknya dibuka di lahan atau lokasi strategis. Jika memiliki rumah yang sudah memiliki lokasi yang strategis, maka bisa memanfaatkan ruang tamu atau mungkin garasi sebagai toko kelontong. Bisa juga dengan membangun warung kelontong di halaman rumah yang sudah ada.

Namun jika posisi rumah kurang pas untuk membuka warung, bisa mencari tanah kosong atau lahan untuk nantinya dijadikan tempat warung kelontong berdiri. Toko kelontong yang letaknya strategis memiliki peluang penjualan lebih tinggi daripada yang letaknya kurang strategis.

4. Siapkan Gudang

Gudang merupakan bagian penting saat membuka warung kelontong. Stok barang perlu ditempatkan di ruang yang aman dan bisa membuat barang dagangan tidak mudah rusak. Jangan meletakkan stok barang jadi satu di dalam toko atau warung meski masih di dalam kardusnya. Ini akan membuat warung terlihat penuh dan pelanggan jadi kurang nyaman belanja karena tidak leluasa dalam bergerak.

5. Temukan Distributor yang Baik

Distributor barang harus dipilih secara selektif. Untuk itu memang perlu dilakukan riset terlebih dahulu. Pilihlah distributor yang pas dan terpercaya. Pastikan barang yang disediakan pihak distributor selalu baik dan berkualitas, serta harga yang bersaing. Jadi sebelum memutuskan distributor mana yang akan diajak kerja sama, lakukan riset dulu lalu pilih dengan hati-hati.

Itulah beberapa tips membuka usaha warung kelontong yang bisa Anda pelajari. Biasanya warung kelontong memiliki banyak jenis barang yang dibutuhkan orang mulai dari bahan pangan, perlengkapan dapur, mencuci, perlengkapan mandi, alat tulis, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk mengutamakan kenyamanan pelanggan sehingga penjualan dari warung kelontong bisa sesuai target dan warung bisa berkembang dengan cepat. Semoga bermanfaat!

Referensi :

TIPS BERBISNIS. Juni 8, 2021. 7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuka Warung Kelontong. Gobiz.co.id : https://bit.ly/3n6xuhH

Share this Post