How-To

Tips Keuangan Menghadapi Hari Belanja Online Nasional

Pernahkah Anda mendengar Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional? Pertama kali diadakan pada 12 Desember 2012, Harbolnas sebenarnya memiliki konsep yang hampir sama dengan Cyber Monday dan Black Friday di luar sana. Pada saat Harbolnas, kita dapat dengan mudah menemukan promo spesial dan diskon besar-besaran di berbagai e-commerce yang ada. Akan tetapi, perlu digarisbawahi bahwa Harbolnas lebih difokuskan pada belanja secara online di e-commerce yang ada di Indonesia.

Dalam menghadapi Harbolnas Desember mendatang, tentunya kita harus mempersiapkan diri, baik dari penjual (seller) maupun pembeli (buyer).

Berikut beberapa tips yang ingin kita bagikan kepada para penjual (seller) dalam menyambut Hari Belanja Online Nasional.

Deskripsi produk yang informatif

Pertama, Anda harus memastikan bahwa deskripsi yang Anda berikan informatif dan menarik. Pembeli akan lebih senang melakukan transaksi apabila mereka mengetahui deskripsi produk yang Anda tawarkan dengan jelas.

Foto yang menarik

Deskripsi yang menarik dan informatif saja tidak akan cukup untuk menarik pelanggan apabila tidak dilengkapi dengan visual yang menarik pula. Seperti yang kita ketahui, visual atau foto produk merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli online. Bisa dibayangkan apabila foto yang kita sediakan tidak menarik, tentunya calon pembeli tidak akan mengklik foto tersebut dan tanpa klik foto, mereka tidak akan dapat melihat deskripsi produk yang telah kita sediakan. Belum lagi, ketika berhadapan dengan mereka yang malas membaca dan hanya mengandalkan visual. Hal inilah yang kemudian membuat para seller harus selalu memastikan bahwa foto atau gambar yang ditampilkan mampu menarik perhatian calon pembeli.

Layanan pertanyaan pelanggan yang responsif

Menghadapi zaman yang serba cepat saat ini, calon pembeli akan lebih menyukai penjual yang responsif dalam memberikan tanggapan atas segala pertanyaan yang diberikan. Akan lebih baik apabila Anda juga memberikan beberapa saluran akses komunikasi yang dapat digunakan oleh calon pembeli untuk menghubungi Anda. Dengan demikian, calon pembeli akan lebih mudah untuk menjangkau Anda dan juga Anda dapat memberikan respons yang lebih cepat.

Menyiapkan stok

Ketersediaan stok atau ketersediaan jumlah maupun jenis barang merupakan hal yang paling penting dalam menyambut Hari Belanja Online Nasional. Dengan promo dan diskon yang menarik, tentunya akan menarik pembeli yang lebih banyak. Anda tidak ingin pembeli ‘lari’ ke toko online lainnya hanya karena Anda kehabisan stok bukan? Jadi, jangan ragu untuk menyiapkan stok produk terlaris Anda. Jangan sampai Anda kehabisan stok ketika pesanan melonjak.

Modal usaha

Hal terakhir yang perlu Anda siapkan adalah modal usaha untuk menunjang pengembangan usaha. Hal terakhir inilah yang kerap kali menjadi permasalahan bagi sebagian besar seller e-commerce saat ini. Keterbatasan modal usaha tentunya menjadi halangan bagi seller e-commerce dalam hal pengembangan usaha maupun pengadaan produk. Menyadari hal ini, Investree, sebagai pionir peer-to-peer lending di Indonesia memberikan solusi dengan menyediakan Online Seller Financing, salah satu bentuk pendanaan bagi seller e-commerce yang telah bekerja sama dengan Investree.

Melalui Online Seller Financing, seller e-commerce dapat  mengajukan pinjaman mulai dari Rp 5 juta rupiah hingga Rp 2 miliar rupiah dengan bunga bersahabat mulai dari 0,9% hingga 1,9% flat per bulan. Pengajuan yang 100% online dan hanya membutuhkan waktu 3 hingga 5 hari juga menjadi kelebihan yang ditawarkan untuk mempermudah seller e-commerce dalam memperoleh akses finansial.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk Anda, para seller e-commerce dalam menyambut Hari Belanja Online Nasional. Jadi, tunggu apa lagi? Siapkan diri dan tingkatkan pendapatanmu di Harbolnas 2017. Selamat berjualan dan selamat berkembang, karena kami percaya bahwa #semuabisatumbuh.

Share this Post

Artikel Terbaru