Tips dan Rincian Modal Usaha Konter Pulsa Bikin Cuan!

Dipandang sebagai bisnis yang prospektif berapakah rincian modal usaha konter pulsa? Sebagaimana jenis bisnis yang lainnya, sebelum memulai usaha konter pulsa sebaiknya memang dibuat dulu rincian modalnya. Tujuannya supaya kita bisa mengetahui biaya apa saja yang harus dikeluarkan dan total modal yang diperlukan. Setelah itu selanjutnya memikirkan darimana sumber modal tersebut.

Konter pulsa merupakan usaha yang cukup prospektif dan menguntungkan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi internet. Siapapun butuh pulsa dan kuota untuk mengakses internet. Sementara itu hampir semua hal dalam kehidupan manusia saat ini menggunakan teknologi digital yang memerlukan sambungan internet.

Tips Jitu Memulai Usaha Konter Pulsa

Meskipun termasuk bidang usaha yang menjanjikan keuntungan Anda tetap harus paham bahwa persaingan usaha ini sangatlah besar. Oleh sebab itu harus ada trik dan strategi tertentu supaya konter pulsa Anda bisa memenangkan persaingan. Berikut ini adalah beberapa strategi dan tips jitu untuk memulai usaha konter pulsa: 

  1. Mulai dari Kecil Dulu

Sebagai langkah awal tidak perlu membuka konter yang besar dulu karena pastinya akan membutuhkan modal tidak sedikit. Mulai saja dulu dari yang kecil cukup dengan modal HP sebagai sarana untuk mengirimkan pulsa elektrik pada pelanggan. 

Jika ingin terlihat lebih lengkap bisa ditambahkan dengan voucher pulsa dan kartu perdana yang harganya relatif murah. Tidak perlu menjual HP dan aksesorisnya lebih dulu jika memang modalnya belum mencukupi. Anda bisa menggunakan teras atau halaman rumah sebagai tempat untuk membuka konter pulsa jadi tidak perlu mengeluarkan dana untuk sewa kios.

  1. Hitung Modalnya

Setelah Anda menemukan gambaran konter pulsa seperti apa yang akan dijalankan selanjutnya buat perhitungan serta perkiraan modalnya. Masukkan semua biaya dan kebutuhan yang diperlukan untuk membuka konter lalu hitung totalnya.

Selanjutnya pikirkan darimana modal tersebut akan Anda dapatkan apakah dari simpanan pribadi, patungan dengan orang lain atau meminjam dari pihak ketiga. Salah satu solusi untuk mendapatkan modal usaha konter pulsa yaitu lewat Investree, aplikasi pinjaman online terpercaya dengan biaya dan bunga rendah. Investree aman karena resmi terdaftar di OJK.

  1. Cari Distributor yang Terpercaya

Anda pastinya membutuhkan pemasok atau distributor pulsa elektrik, voucher, kartu perdana dan sebagainya. Pastikan Anda memilih distributor yang reputasinya bagus sehingga tidak akan melakukan tindakan kecurangan yang merugikan. Distributor yang terpercaya juga akan menjamin keamanan transaksi yang Anda lakukan dengan mereka.

  1. Jual dengan Harga yang Wajar

Berikan harga jual yang wajar agar banyak orang yang lebih memilih membeli pulsa di konter Anda. Jangan hanya memikirkan laba besar saja sehingga menjual pulsa dengan harga mahal. Sebaliknya juga jangan menjual dengan harga terlalu murah dari lainnya karena itu membuat Anda hanya mendapatkan keuntungan yang sangat kecil sehingga sulit untuk mengembangkan bisnis.

  1. Hindari Sistem Utang

Semua orang yang membeli pulsa pada Anda harus membayar secara tunai jika ingin usaha tersebut berkembang. Membiarkan orang berhutang saat beli pulsa hanya akan membuat modal Anda berhenti dan tidak bisa memperoleh keuntungan.

Rincian Modal Konter Pulsa

Nah, agar Anda tidak bingung berapa kira-kira modal yang diperlukan untuk buka konter pulsa silahkan lihat contoh berikut ini.

  1. Modal Tetap
  • Etalase kaca besar Rp.   900.000
  • Kursi plastik 5 buah Rp.   150.000
  • HP untuk deposit Rp. 1.500.000 +
  • Total Rp. 2.550.000
  1. Modal Operasional
  • Deposit pulsa Rp. 4.000.000
  • Kartu perdana Rp.    100.000
  • Voucher Rp.    300.000
  • Listrik Rp.    200.000
  • Lain-lain Rp.    300.000 +
  • Total Rp.  4.900.000

Total keseluruhan: Rp. 2.550.000 + Rp. 4.900.000 = Rp. 7.450.000. 

Itulah tips dan rincian modal usaha konter pulsa yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Untuk tambahan modal usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah mendapatkan izin dari OJK. Sebagai borrower (peminjam), Anda dapat mengajukan pinjaman dengan mudah dan cepat serta tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern. 

Sumber :

Kudo. 17 Juli 2019. 7 Tips Sukses Memulai Usaha Konter Pulsa Banyak Untung Bersama GrabKioa Terbaru. Grab.com : https://bit.ly/3s62X6Z

Bang Izal. 6 November 2019. Rincian Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota Internet. bangizaltoy.com : https://bit.ly/3q7go42