How-To

Tips dan Rincian Modal Usaha Cafe Pinggir Jalan

Berapakah kira-kira modal usaha cafe pinggir jalan? Modal yang diperlukan untuk usaha cafe di pinggir jalan pastinya tidak akan sebesar kalau kita membukanya di mal, bandara dan pusat-pusat keramaian elit lainnya. Yang perlu dikembangkan adalah bagaimana konsep yang bagus agar cafe pinggir jalan tidak kalah menarik dari tempat-tempat bergengsi. 

Anda bahkan bisa memulainya dari teras atau halaman rumah sendiri untuk menghemat modal sewa tempat. Peralatan yang ada di rumah juga bisa digunakan untuk proses produksi minuman di cafe. Sehingga dengan begitu modal awal yang diperlukan bisa ditekan seminimal mungkin agar keuntungan menjadi lebih maksimal. 

Tips Memulai Usaha Cafe Pinggir Jalan 

Cafe menjadi bisnis yang menarik dan prospektif seiring dengan tren hobi ngafe di kalangan masyarakat terutama anak-anak muda seperti mahasiswa dan pekerja kantoran. Cafe bukan sekedar sebagai tempat menikmati secangkir kopi saja tapi juga digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah bahkan meeting. Nah, kalau Anda tertarik untuk membuka usaha cafe pinggir jalan simak bagaimana tips memulainya berikut ini:

  1. Pilih Tempat yang Tepat

Langkah pertama adalah mencari dimana tempat yang tepat untuk membuka cafe tersebut. Meskipun sama-sama di pinggir jalan tentunya Anda tetap harus memperhatikan kondisinya.  Sebaiknya pilih tempat di pinggir jalan yang tidak sepi namun juga tidak terlalu ramai dengan kendaraan. 

Jalanan yang sepi pastinya jarang dilalui orang maupun kendaraan. Sebaliknya pinggir jalan besar yang terlalu ramai lalu lalang kendaraan bisa membuat pengunjung menjadi kurang nyaman karena bising dan asapnya. Jika lokasi rumah Anda di pinggir jalan dan dekat dengan pusat aktivitas warga seperti sekolah, kampus, kantor dan sejenisnya buka saja cafe di rumah.

  1. Buat Nama dan Desain yang Unik

Usaha cafe saat ini sudah sangat banyak sehingga Anda harus memiliki keunikan agar lebih mudah diingat. Anda bisa menampilkan keunikan tersebut melalui pemilihan nama dan desain logonya. Kalau perlu minta tolong kepada desainer untuk membuatkan nama dan logo cafe tersebut.

  1. Sediakan Berbagai Menu

Meskipun cafe identik dengan kopi bukan berarti Anda tidak menyediakan pilihan menu makanan dan minuman lainnya. Perlu diingat bahwa tidak semua orang suka dan bisa mengkonsumsi kopi misalnya penderita asam lambung. Jadi lengkapi cafe Anda dengan menyediakan berbagai menu minuman dan makanan yang sedang tren di kalangan anak muda saat ini atau sesuai dengan target market bisnis Anda.

  1. Gunakan Bahan Baku Berkualitas

Salah satu cara untuk menjadi lebih unggul dari cafe lainnya yaitu dengan mempertahankan kualitas minuman dan makanan yang disediakan. Rasa yang enak bisa didapatkan dari pemilihan bahan baku yang berkualitas tinggi. Jadi jangan asal murah tapi kualitasnya tidak baik sehingga membuat konsumen kapok.

Perkiraan Modal Usaha Cafe Pinggir Jalan

Lalu berapakah kira-kira besarnya modal yang diperlukan untuk membuka cafe pinggir jalan tersebut? Inilah contoh perhitungannya.

  1. Sewa tempat/ tahun Rp. 10.000.000
  2. Meja dan kursi 5 set Rp.   2.000.000
  3. Peralatan masak Rp.   2.500.000
  4. Peralatan makan Rp.   1.000.000
  5. Etalase kaca kecil Rp.    500.000
  6. Etalase kaca besar Rp.  1.000.000
  7. Bahan baku Rp.   2.000.000
  8. Gaji 2 karyawan Rp.   3.000.000
  9. Honor desainer Rp.  1.000.000
  10. Biaya lain-lain Rp.   3.000.000 +

Total Rp. 23.000.000

Nah, dari contoh perhitungan modal usaha cafe pinggir jalan di atas Anda bisa mengurangi biaya untuk sewa tempat kalau Anda menggunakan rumah atau properti milik pribadi sebagai lokasinya. Apabila Anda membutuhkan tambahan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang terpercaya dan sudah diawasi oleh OJK. 

Pengajuan pinjaman bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Dengan tambahan modal yang cukup, Anda bisa memulai usaha cafe pinggir jalan dengan lebih maksimal. 

Sumber :

Rincian Modal Buka Usaha Cafe Mini dan Strateginya. Bisikanbisnis.com : https://bit.ly/3DR2nfD

Ivan Bastian. 18 Juni 2021. Tak Harus Modal Besar, Modal Cafe Pinggir Jalan Minim Juga Bikin Untung. Stophoax.id : https://bit.ly/3e8OKOx

 

Share this Post

Artikel Terbaru