How-To

Simak Pengertian Vendor Serta Cara untuk Memulainya

Vendor adalah pihak perorangan maupun badan usaha yang tugasnya menyediakan maupun menjual bahan. Istilah vendor cukup sering disebut-sebut saat kita melakukan aktivitas yang berhubungan dengan supply chain management. Meskipun sering disebutkan namun belum semua orang memahami apa maksudnya.

Vendor bisa juga diartikan sebagai bagian yang fungsinya menjembatani produk yang berasal dari produsen supaya bisa sampai ke tangan konsumennya maupun perusahaan lain. Vendor mencakup pemasok maupun pengecer secara luas dan bisa dimanfaatkan dalam rantai pasokan di berbagai tempat. Keberadaan vendor sangat penting bagi lancarnya sebuah bisnis. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari apa itu vendor dibawah ini.

Pengertian Vendor

Vendor di dalam dunia bisnis biasanya berperan sebagai pemasok sumber daya atau bahan mentah yang nantinya akan diolah menjadi produk lain oleh pihak yang menerimanya. Itulah sebabnya vendor dikatakan juga sebagai penjual atau penyedia bahan penolong, jasa ataupun produksi yang nantinya akan dijual kembali oleh pihak/perusahaan lain untuk menunjang aktivitas usahanya.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa pengertian dari vendor yaitu pihak perorangan maupun badan usaha/lembaga/perusahaan yang tugasnya menyediakan bahan-bahan baku untuk kebutuhan bisnis tertentu. Lingkup pekerjaan vendor bukan sebatas pada penyediaan bahan baku saja melainkan juga barang setengah jadi.

Bahan-bahan baku maupun barang setengah jadi yang disediakan oleh vendor tersebut dipergunakan perusahaan/pihak lainnya sebagai pelengkap kegiatan produksinya.

Namun ada juga vendor yang menyediakan jasa kepada pihak lain bukan berupa bahan baku ataupun barang setengah jadi. Jasa tersebut bisa dipesan kapan saja saat Anda membutuhkannya.

Vendor seperti pengertian di atas dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

1. Vendor Barang

Vendor barang adalah pihak yang menyediakan suatu barang dimana tujuannnya untuk mendukung kegiatan operasional produksi dari perusahaan tertentu. Dalam hal ini vendor diperlukan ketika perusahaan tidak bisa menyediakan atau membuat bahan atau barang tersebut sendiri. Contohnya pabrik smartphone membutuhkan baterai agar menghasilkan produk yang bisa digunakan maka perusahaan akan mencari vendor yang menyediakannya.

2. Vendor Jasa

Vendor jasa menyediakan jasa berupa keahlian tertentu kepada pihak/perusahaan lain yang membutuhkannya. Contohnya perusahaan smartphone membutuhkan vendor berupa jasa ekspedisi untuk mengirimkan produknya kepada distributor maupun toko pengecer.

Cara Menjadi Vendor

Anda juga bisa menjalankan usaha dengan menjadi vendor barang maupun jasa bagi pihak lain dan perusahaan tertentu. Namun sebagai pemula di bidang ini, tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Kemampuan

Untuk memulai usaha vendor, Anda bisa memulai dengan skala kecil menyesuaikan dengan kemampuan. Anda bisa memilih membuat perusahaan dalam skala mikro, kecil dan menengah.

2. Urus Izin Sesuai Ketentuan

Setelah Anda menentukan bentuk usahanya, selanjutnya urus perizinannya sesuai dengan ketentuan pemerintah. Jika Anda memilih perusahaan berbentuk Commanditaire Venootschap (CV) cukup membuat akta pendiriannya ke notaris. Sedangkan untuk Perseroan Terbatas (PT) maka akta pendiriannya harus dilengkapi dengan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu Anda juga harus memiliki SIUP sesuai dengan klasifikasi usaha apakah mikro, kecil, menengah atau besar.

 

Tentu saja bentuk usaha yang dipilih harus mempertimbangkan juga tentang permodalannya. Hitung berapa modal yang dibutuhkan dan darimana sumbernya apakah uang pribadi atau dari pihak lain.

 

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha vendor, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha vendor dengan lancar dan maksimal.

 

Kesimpulannya, vendor adalah penyedia barang maupun jasa yang sangat penting dalam proses produksi dari pihak/perusahaan lain. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Muhammad Idris. 23/08/2021, 19:37 WIB. Mengenal Arti Vendor dalam Rantai Pasok Perusahaan. Money.kompas.com : https://bit.ly/31BxJcA

Share this Post

Artikel Terbaru