How-To

Simak 5 Cara Pemasaran Produk Anda Agar Cepat Terjual

Cara pemasaran produk penting Anda ketahui agar produk laris manis dan usaha semakin berkembang. Pemasaran jadi salah satu hal penting dalam pengembangkan usaha. Dalam prakteknya, strategi pemasaran produk sangat beragam. Anda bisa pelajari berbagai cara dan strategi pemasaran produk dibawah ini.

1. Mengenali Target Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan atau mengenali target pasar. Target pasar di sini memegang peranan penting dalam perencanaan hingga pelaksanaan pemasaran produk. Ini dikarenakan target pasar memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi pemasaran produk harus disesuaikan dengan siapa saja orang yang berpotensi membutuhkan produk yang dipasarkan.

Jika target market atau pasar sudah jelas, parameternya bisa lebih jelas dan mudah diketahui. Misalnya saja gender, usia, minat, sampai profesi para target market. Ini bisa dilakukan dengan cara membuat sebuah profil target pasar. Dengan ini pemasaran akan bisa lebih maksimal untuk menarik perhatian para calon konsumen.

2. Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah cara kedua untuk bisa menjual produk secara cepat dan maksimal. Mengingat saat ini sudah memasuki era digital, Anda harus bisa memaksimalkan pemasaran digital. Ini tak hanya melakukan promosi atau pemasaran di media sosial. Namun, ada beberapa aspek lain yang harus dilakukan seperti menerapkan Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing.

Di sini bisa juga dengan memanfaatkan media sosial seperti membuat giveaway dan menggunakan jasa influencer. Cara ini bisa membuat produk bisa dipasarkan dengan cepat dan tersebar secara luas. Influencer yang memiliki banyak pengikut pada akun medsosnya bisa mengajak banyak orang untuk membeli produk yang dipasarkan. Jika ingin menggunakan influencer, pastikan sesuaikan karakter influencer cocok dengan jenis produk yang akan dipasarkan.

3. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Menjalin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan sangatlah penting. Biasanya ini sedikit terlupakan karena fokus pelaku bisnis pada penambahan konsumen baru. Padahal menjalin dan menjaga hubungan dengan pelanggan lama adalah kunci dari keberhasilan pemasaran produk.

Pelanggan lama adalah sebuah investasi jangka panjang yang perlu dijaga. Jika pelanggan merasa nyaman maka secara otomatis pelanggan tersebut secara konsisten membeli produk dari Anda. Hal ini wajib dipertahankan. Cobalah untuk membuat layanan khusus untuk para pelanggan lama agar hubungan terjaga atau membuat sebuah program loyalitas pelanggan.

4. Memperhatikan Kemasan Produk

Kemasan adalah tampilan pertama yang dilihat para calon konsumen atau pelanggan sehingga harus dibuat semenarik mungkin. Dari kemasan rasa ketertarikan akan produk akan muncul. Pemilihan kemasan baik dari desain, bahan yang digunakan, serta pemilihan logo sangat perlu diperhatikan dengan baik, Kemasan ini yang akan menarik perhatian pelanggan dan membuat para calon konsumen akan melakukan pembelian dari produk tersebut.

Kemasan yang eye-catching akan mudah diingat dan menarik pelanggan sehingga ada keinginan untuk memiliki produk tersebut. Jadi pastikan kemasan produk yang dibuat sesuai dengan target pasar, sebab ketertarikan setiap target pasar berbeda-beda tergantung dari kriteria masing-masing. Misalnya, orang tua dengan remaja tentu memiliki ketertarikan yang berbeda, jadi sesuaikan pemilihan kemasan dengan target pasar.

5. Membuat Promosi

Untuk mengenalkan produk baru cara yang paling cepat supaya produk dikenal masyarakat adalah promosi. Buatlah promosi misalnya beli 1 gratis 1, bisa juga membuat promosi menarik lain dengan memberikan voucher atau diskon. Cara ini menarik perhatian konsumen sehingga ada keinginan untuk membeli.

Itulah beberapa cara pemasaran produk agar bisa memaksimalkan penjualan produk. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi, membuka cabang dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Windyolivia. Jum'at, 13 Desember 2019 | 17:28 WIB. Ingin Berbisnis? 5 Strategi Pemasaran Produk Ini Bisa Dicoba untuk Pemula. Yoursay.suara.com : https://bit.ly/3s86gL0

Share this Post