How-To

Simak 5 Cara Menyusun Manajemen Keuangan dengan Baik

Dengan cara menyusun manajemen keuangan yang baik dan benar, Anda dapat dengan mudah memantau arus keuangan usaha. Menyusun manajemen keuangan membutuhkan kemampuan dan keahlian yang mumpuni. Supaya keuangan dapat tersusun dengan rapi dan tidak bocor hingga diketahui pihak lain.

Sebagai pemilik usaha, Anda sebenarnya bisa menyewa seorang ahli keuangan yang khusus mengatur manajemen keuangan usaha Anda. Namun jika Anda ingin menghemat pengeluaran, tidak ada salahnya menyusunnya sendiri. Walaupun begitu menyusun manajemen keuangan tidak bisa dilakukan sembarangan. Terdapat beberapa aturan yang harus Anda ketahui.

Nah, sebagai pedoman bagi Anda dalam menyusun manajemen keuangan, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Menyusun Budgeting dengan Tepat 

Agar keuangan usaha Anda termanage dengan baik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun budgeting dengan baik. Budgeting bisa disebut juga dengan penganggaran. Penganggaran harus disusun dengan sebaik mungkin agar pengeluaran dapat sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Penganggaran sama halnya dengan planning saat Anda ingin berlibur. Tentunya Anda sudah memikirkan dari jauh-jauh hari berapa budget yang diperlukan dalam perjalanan liburan Anda, mulai dari akomodasi, hotel, pakaian dan masih banyak lagi.

Begitu pula dalam usaha. Anda juga membutuhkan planning keuangan dalam bentuk anggaran dana untuk 1 periode yang telah ditetapkan. Periode tersebut dapat Anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan. Tidak harus untuk 1 tahun, mungkin untuk 6 bulan, 3 bulan ataupun 1 bulan.

2. Menjadikan Imbal Hasil Usaha untuk Pengembangan Usaha

Dalam menjalankan usaha, Anda pasti akan mendapatkan imbal hasil penjualan produk maupun jasa. Tentu saja Anda dapat menikmati imbal hasil itu untuk sendiri, akan tetapi bila ingin usaha Anda semakin berkembang, maka jauh lebih baik bila sebagian imbal hasil usaha dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha.

Sebagian dari imbal hasil bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan dengan memperluas jangkauan promosi. Atau bisa juga untuk berinovasi produk. Sehingga jangkauan pasar Anda akan semakin luas yang sudah pasti akan meningkatkan pemasukan usaha Anda.

3. Memisahkan Uang untuk Modal Usaha dengan Uang Pribadi

Meskipun Anda menjalankan usaha dengan mandiri sebagai wirausahawan, bukan berarti Anda harus mencampurkan uang untuk modal usaha dengan uang pribadi. Keduanya harus dipisahkan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sebab hal ini dapat menimbulkan kerancuan dalam mengelolanya.

Salah satu caranya dengan memisahkan rekening untuk uang untuk modal usaha dan uang pribadi. Sehingga Anda dapat menahan diri untuk tidak mengambil uang untuk modal usaha untuk kepentingan pribadi. Begitu pula dengan uang pribadi yang tidak seluruhnya digunakan sebagai modal usaha.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

4. Mencatat Buku Kas dengan Rapi

Arus kas usaha Anda juga perlu dipantau dengan baik dengan cara mencatatnya serapi mungkin. Pencatatan arus kas usaha sebaiknya dilakukan dengan rutin. Bila Anda kesulitan mencatat secara manual, maka Anda bisa gunakan aplikasi pencatatan untuk dipasang di smartphone.

5. Mengawasi Pengeluaran Kas

Tak hanya mencatat, Anda pun harus selalu mengawasi pengeluaran kas. Pastikan pengeluaran tidak berlebihan dari anggaran yang telah ditetapkan. Kalaupun Anda harus melakukan pengeluaran tambahan, terlebih dahulu pastikan bila itu termasuk kebutuhan bukan hanya keinginan semata. Agar keuangan usaha Anda tetap rapi dan teratur.

Demikian penjelasan mengenai cara menyusun manajemen keuangan yang baik. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Admin. 12 Juni 2021. 6 Cara Menyusun Manajemen Keuangan Sebuah Bisnis. Ceroboh.com: https://bit.ly/3Fokqvo

Share this Post