How-To

Pentingnya Disiplin Kerja untuk Menjadi Karyawan Baik

Pentingnya disiplin kerja penting dipahami dan dimengerti semua anggota organisasi maupun karyawan perusahaan di semua level. Tanpa adanya kedisiplinan, sulit bagi seseorang untuk bisa mengembangkan diri dimanapun dia berada. Disiplin merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan di bidang apapun.

Secara tata bahasa kata disiplin berasal dari bahasa Latin yaitu disiplina yang memiliki arti pengajaran, latihan dan sebagainya. Kata disiplin diambil juga dari kata disiplus yang artinya seseorang yang belajar. Secara etimologi, discipline (Inggris) berarti murid atau pengikut setia terhadap suatu ajaran maupun aliran tertentu.

Makna Disiplin Kerja

Pada dunia kerja, disiplin bisa diartikan sebagai suatu keadaan yang penuh ketertiban dari individu ataupun seseorang yang tergabung dalam organisasi, komunitas ataupun perusahaan untuk mengikuti dan menjalankan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis berlandaskan pada kesadaran diri sehingga produktivitas kerja bisa mengalami peningkatan.

Disiplin kerja dibutuhkan untuk menjaga efisiensi dan menunjang kelancaran seluruh kegiatan organisasi atau perusahaan supaya apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai secara maksimal.

Manfaat Menjaga Disiplin Kerja

Disiplin dalam bekerja harus ditumbuhkan dan dikembangkan dalam diri setiap individu ataupun kelompok dalam perusahaan. Mengapa? Supaya perusahaan dan karyawan bisa memperoleh manfaatnya berikut ini.

1. Berkurangnya Masalah Akibat Tidak Disiplin

Penegakan aturan kerja dan disiplin pada karyawan akan memberikan manfaat menurunnya angka pelanggaran disiplin yang bisa berpengaruh pada produktivitas perusahaan. Contohnya, dengan penegakan disiplin pada jam kerja maka jumlah karyawan yang terlambat atau absen bisa dikurangi sehingga tidak mengganggu proses produksi dan kegiatan operasional perusahan yang semestinya.

2. Menjaga Standar Organisasi atau Perusahaan

Akibat banyaknya karyawan yang terlambat, absen atau tidak masuk tanpa alasan, pulang sebelum waktunya dan masalah ketidakdisiplinan lainnya bisa berakibat pada berkurangnya output pada perusahaan akibat menurunnya produktivitas. Oleh sebab itu, secara tidak langsung penegakan disiplin kerja membantu menjaga standar perusahaan tetap bisa seperti yang telah ditetapkan bahkan bisa lebih baik.

3. Menjaga Tingkat Konsistensi Kerja

Dengan rendahnya tingkat pelanggaran disiplin kerja maka perusahaan ataupun organisasi tidak perlu memikirkan cara lain atau merubah sistem yang sudah ada. Sebaliknya, ketika tingkat pelanggaran disiplin oleh karyawan relatif tinggi maka tidak menutup kemungkinan perusahaan akan merumuskan sistem baru yang dianggap bisa menegakkan disiplin kerja. Itu artinya, jika ingin konsistensi kerja dengan segala peraturannya tidak mengalami perubahan salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan menegakkan disiplin kerja pada masing-masing karyawan.

4. Menurunkan Risiko Adanya Masalah Hukum

Karyawan bekerja dengan dasar kontrak hitam di atas putih yang berkekuatan hukum dimana didalamnya juga memuat berbagai peraturan yang harus dipatuhi. Ketika terjadi pelanggaran atas peraturan tersebut maka otomatis bisa terjadi kasus hukum berupa sengketa industrial. Penyelesaian masalah sengketa industrial dan masalah hukum lainnya membutuhkan proses lama dan biaya yang tidak sedikit sehingga lebih baik dihindari.

Pentingnya disiplin kerja bukan semata masalah hukum dan peraturan saja melainkan tentang bagaimana karyawan dan perusahaan bersinergi untuk bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan agar produktivitas meningkat dan pendapatan bertambah. Disiplin juga bisa Anda terapkan dalam hal lainnya seperti disiplin menabung dan berinvestasi. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan masa depan yang lebih sukses. Anda bisa mulai dengan melakukan pendanaan di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Unduh aplikasi Investree for Lender sekarang dan berikan pendanaan pada pinjaman yang Anda inginkan secara nyaman untuk memperoleh imbal hasil atraktif hingga 20% p.a.

Referensi:

Tsalis Anisa. 9 April 2021. Panduan Menjaga Disiplin Kerja dan Manfaatnya untuk Perusahaan. Ekrut.com: https://bit.ly/2VLUYhu

Hidayat Tri Sutardjo. 12 Juni 2020. Pentingnya Disiplin Kerja. Koranbekasi.id: https://bit.ly/2XmPMkD

Share this Post

Artikel Terbaru