How-To

Pentingnya Appraisal Saat Anda Ingin Ajukan KPR!

Generasi milenial ataupun Anda yang ingin membeli rumah dengan sistem KPR akan melewati proses appraisal atau yang biasa dikenal dengan masa penilaian. Ingin tahu lebih lanjut proses appraisal? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Pengertian Appraisal Rumah

Proses penentuan nilai jual rumah sebagai aset properti adalah proses yang dikenal dengan appraisal. Jika aset properti akan dipasarkan, proses appraisal ini akan dilakukan oleh pihak bank yang ditunjuk. Bila Anda akan melakukan pengajuan kredit dengan properti sebagai jaminan kepada bank maka pihak bank akan meminta pihak ketiga untuk membuat perkiraan nilai properti Anda. Semakin tinggi nilai appraisalnya tentu dana yang Anda dapatkan akan semakin besar.

Biasanya, cara untuk menaksir nilai properti adalah dengan melihat Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang tertera pada slip bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Namun biasanya, nilai properti pada NJOP tidak cocok dengan nilai properti yang Anda ajukan.

Proses appraisal cukup krusial dalam dunia properti dan KPR. Sebab, nantinya akan memengaruhi pengajuan kredit KPR Anda akan disetujui atau ditolak oleh bank penyedia layanan KPR. Selain dalam istilah properti, appraisal juga diterapkan pada dunia profesional. Tentu saja istilahnya berbeda, yakni performance appraisal.

Performance Appraisal

Performance appraisal merupakan proses yang dijalankan oleh sistem manajemen suatu industri maupun organisasi dalam mengevaluasi mutu kinerja. Dengan kata lain, performance appraisal yakni suatu prosedur pada saat kinerja seseorang karyawan didokumentasikan serta diberikan evaluasi.

Tujuan dari performance appraisal merupakan mengevaluasi karyawan buat mengenali apakah terdapat kekurangan yang dapat diperbaiki. Sedangkan, guna dari performance appraisal merupakan menolong ikut tingkatkan prestasi kerja dengan bermacam perihal cocok kebijakan internal industri ataupun organisasi.

Performance appraisal merupakan evaluasi yang dilangsungkan secara berkala cocok preferensi internal industri dalam hitungan tahunan, 6 bulanan, ataupun 4 bulanan. Untuk karyawan, performance appraisal merupakan proses berarti. Darinya, karyawan menemukan umpan balik dari pekerjaannya, serta pastinya berujung pada besaran peningkatan pendapatan serta bonus. Untuk industri, performance appraisal merupakan proses yang pula memastikan apakah hendak PHK hendak dicoba ataupun tidak.

Terdapat pula sebutan lain yang menempel pada appraisal, ialah critical appraisal. Buat yang ini, umumnya berlaku pada area akademik. Critical appraisal diterapkan buat melaksanakan evaluasi terhadap acuan ilmiah. Proses tersebut memperpendek mulut jurang yang menganga antara studi dengan praktik

Kelengkapan Dokumen KPR serta Appraisal

Dalam kaitan dengan pengajuan KPR, appraisal merupakan proses yang memerlukan beberapa dokumen individu. Sebagian dokumen yang butuh Anda siapkan berbentuk kopian bukti diri diri, kopian akta nikah buat yang sudah menikah, kopian Kartu Keluarga, rekening koran, NPWP, slip pendapatan serta pesan penjelasan bekerja.

Anda pula mesti mempersiapkan dokumen rumah yang hendak dibeli semacam kopian sertifikat tanah, kopian IMB, serta kopian pesan ciri jadi dari pengembang ataupun penjual rumah berisi persetujuan penjualan unitnya. Nantinya, pihak bank hendak mengecek seluruh dokumen secara administratif. Dengan fitur BI Checking, pihak bank pula hendak mengecek rekam jejak Anda.

Aspek Berarti yang Pengaruhi Nilai Properti

Terdapat beberapa aspek yang jadi patokan dalam membubuhkan ditaksir nilai pada unit properti. Yang awal serta pernah diucap di atas, ialah NJOP. Walaupun tidak absolut, poin ini masih jadi penentu nilai. Namun, terdapat aspek lain yang diikutkan semacam pendekatan harga pasar serta pendekatan bayaran. Setelah itu, posisi serta kemudahan akses mengarah rumah pula mempengaruhi. Unit yang terletak di posisi strategis harga jualnya berbeda dari unit di posisi rawan musibah ataupun susah dijangkau.

Keadaan aktual rumah pula dipertimbangkan. Secara raga, kondisi bangunan semacam genting, pagar, bilik, serta lain- lain pula hendak ditilik. Unit yang sudah direnovasi biasanya mempunyai nilai appraisal lebih besar.

Pembiayaan Appraisal

Nilainya berbeda- beda dari satu bank ke bank lain. Kisarannya Rp300 ribu- Rp1 juta. Serta bank hendak menugaskan 2 regu appraisal dalam pengajuan kredit yang sudah merambah sesi evaluasi agunan.

  1. Appraisal Independen

Regu penilai ini umumnya berlabel Kantor Jasa Penilai Publik(KJPP). Penilai independen melaksanakan evaluasi atas bermacam pengajuan aplikasi semacam take- over KPR, multiguna, sampai top- up KPR. Sebab evaluasi regu ini lebih objektif, bayarannya juga lebih besar.

  1. Appraisal Internal

Penilai internal biasanya karyawan bank bersangkutan yang tugas utamanya melaksanakan analisis atas harga pasaran agunan. Regu penilai internal ditugaskan dalam pengajuan KPR rumah baru ataupun sisa. Biayanya umumnya lebih murah dari regu independen, tetapi hasil penilaiannya acap kali lebih rendah dari harga pasar.

Itulah pembahasan mengenai proses appraisal KPR yang harus Anda ketahui. Appraisal adalah proses yang harus Anda jalani. Nilai appraisal adalah komponen penting yang perlu dipersiapkan dengan baik supaya proses kredit berjalan lancar dan impian kamu untuk memiliki rumah impian dapat terwujud. 

Untuk memperoleh tambahan dana, Anda dapat mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1 persen per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi:

https://www.modalrakyat.id/blog/appraisal-adalah

https://lokadata.id/artikel/memahami-pentingnya-appraisal-dalam-proses-pengajuan-kpr

Share this Post