Meski Banyak Tantangannya, Siapa Bilang Pengusaha Wanita Gak Jago Berbisnis?

Meski Banyak Tantangannya, Siapa Bilang Pengusaha Wanita Gak Jago Berbisnis?

Jumlah pengusaha wanita memang tidak sebanyak pria. Menurut WhatToBecome, wanita sebagai pemilik small business di Amerika hanya sebanyak 22,4%. Namun, angka tersebut masih lebih tinggi di Indonesia. Data tahun 2019 menyebut, Indonesia memiliki lebih dari 64 juta UMKM, yang sekitar 60%-nya adalah milik pengusaha wanita. Meski usaha mereka banyak yang mengalami jatuh-bangun dan sulit berkembang.

Sebenarnya apa, sih, penyebabnya? Dari beberapa kisah pengusaha wanita sukses, dapat disimpulkan bahwa masih ada banyak tantangan yang harus mereka hadapi saat ingin mengembangkan bisnisnya.

Tantangan pengusaha wanita ketika berbisnis

Untuk bisa menjadi wanita pengusaha sukses, mereka sering dihadapkan dengan tantangan yang bisa menghambat keberlangsungan usahanya. Ini juga sering menyebabkan usaha mereka sulit berkembang. Berikut tantangan wanita pengusaha dalam berbisnis:

Punya peran ganda yang harus seimbang

Pengusaha wanita tidak hanya punya tugas memimpin usahanya, mereka juga bertanggung jawab penuh mengurus rumah tangga sekaligus mengasuh anak. Pembagian peran ini harus seimbang karena keduanya punya keterkaitan. 

Ketika seorang wanita sukses dalam karirnya, kehidupan rumah tangga mereka jadi bahagia. Rumah tangga yang bahagia, membuat wanita bisa lebih fokus dan sukses dalam pekerjaannya. Namun sayang, kesetaraan gender dalam kehidupan rumah tangga pengusaha wanita masih sulit didapat. Peran untuk mengurus rumah tangga, terkadang dituntut harus lebih dominan – yang membuat mereka sulit fokus mengembangkan bisnis. 

Adanya stigma yang mendiskriminasi

Anggapan “perempuan lebih baik di rumah mengurus rumah tangga dan membesarkan anak”, nyatanya membawa dampak ke banyak hal. Seperti, bisnis milik pengusaha wanita seringkali diremehkan, termasuk oleh lembaga perbankan yang membuat mereka jadi sulit mendapat pinjaman modal usaha. 

Anggapan itu juga membentuk stigma bahwa laki-laki lebih layak jadi pemimpin karena dianggap lebih kuat, dan pola pikirnya lebih rasional. Apalagi bila wanita berada di lingkungan bisnis yang didominasi oleh laki-laki, rasa hormat pun sulit mereka dapat. Tak hanya itu, pengusaha perempuan belum merdeka sepenuhnya untuk mengambil berbagai keputusan bisnis, karena terkadang mereka masih harus membutuhkan persetujuan pasangan. 

Rendahnya keyakinan terhadap bisnis yang dijalaninya

Untuk bisa menjadi wanita pengusaha sukses, dibutuhkan kepercayaan diri dan keyakinan demi mencapai segala impian. Hanya saja, adanya stigma yang mendiskriminasi wanita – membuat mereka jadi tidak yakin dengan usahanya, dan kurang percaya diri. 

Terbukti dari penelitian Centennial Asia yang menunjukkan bahwa pengusaha perempuan lebih memilih usahanya tetap berskala kecil, ragu mempekerjakan pegawai selain anggota keluarga, dan ragu memperluas bisnisnya ke pasar baru. Bahkan, mereka lebih memilih menolak pesanan dalam jumlah besar – ketimbang harus mempekerjakan pegawai tambahan untuk memenuhi pesanan tersebut. 

Beberapa tantangan di atas memang bisa menjadi hambatan. Namun, wanita harus mampu bangkit dan kembali berdaya untuk dapat memiliki bisnis yang sukses. Wanita tentu punya peluang karena kelebihan yang dimilikinya. Bukan hal yang mustahil bagi mereka untuk membuat bisnisnya lebih sukses berkembang. Kira-kira apa kelebihan yang dimiliki pengusaha wanita? Yuk, simak ulasan Investree di bawah ini! 

Pintar menentukan prioritas

Wanita dikenal memiliki kemampuan multitasking. Meski memiliki peran ganda, pengusaha wanita lebih pintar menentukan prioritas. Mereka mampu mengelola waktu dan berbagai urusan dengan baik. Ketika ada seorang wanita yang sukses menjadi CEO, biasanya karena mereka mampu menentukan prioritas hidup, mengesampingkan hal-hal yang tidak begitu penting, dan tegas dengan pilihannya. 

Termasuk saat harus menghadapi berbagai persoalan ketika menjalankan bisnis, pengusaha wanita yang sukses akan lebih tahan banting. Mereka lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan, menggunakan petimbangan yang matang.     

Pengusaha wanita lebih luwes dan komunikatif

Ini salah satu kelebihan yang menjadi peluang wirausaha perempuan untuk membuat bisnisnya lebih berkembang. Wanita dinilai lebih luwes ketika menjalin hubungan dengan orang lain, serta fleksibel menerima pendapat orang lain yang bertentangan dengan pendapatnya. 

Keluwesan itu sendiri ditunjang oleh kemampuan komunikasi yang baik, yang membuat mereka lebih mudah dalam mempresentasikan ide/gagasan bisnis. Pengusaha wanita yang dinilai lebih komunikatif, juga berpeluang membentuk jalur komunikasi yang sehat dan terbuka. Sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menumbuhkan trust para pegawainya dan rekan bisnis.    

Lebih sabar dalam berproses

Saat membangun sebuah usaha, ada proses yang harus dilalui. Perempuan dinilai lebih sabar melalui proses tersebut dan fokus pada tujuan/hasil yang ingin dicapai. Kesabaran itu membawa mereka menjadi lebih setia dan yakin pada usaha yang dijalankannya. Bila terjadi krisis, pengusaha wanita bisa berpikir dengan kepala dingin dan mau mempertimbangkan pendapat orang-orang di sekitarnya (kolaboratif). 

Banyak pengusaha wanita juga merupakan ibu dan istri, yang sudah terlatih menghadapi krisis rumah tangga dengan penuh kesabaran. Sehingga ketika mereka menghadapi kondisi darurat yang terjadi pada bisnisnya, pengusaha wanita memilih untuk tetap tenang dan sabar, tidak serampangan dalam mengambil keputusan. 

Bekerja lebih efektif 

Menurut survei yang dilakukan Harvard Business Review, perempuan dianggap sebagai pemimpin yang lebih baik dibandingkan dengan rekan laki-laki mereka. Di usia 36 hingga 40 tahun, laki-laki dianggap sebagai pemimpin yang lebih efektif. Namun, wanita menjadi jauh lebih efektif sebagai pemimpin ketimbang pria setelah usia 40 tahun, hingga mencapai usia 60 tahun. 

Alasannya karena wanita pengusaha mampu membawa perspektif baru dan ide unik ke meja kerja. Sehingga dapat menghasilkan sudut pandang baru yang mengarah pada pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Selain itu, pengusaha perempuan dinilai lebih mumpuni dalam melihat masalah secara menyeluruh (helicopter view), sehingga mampu menghasilkan problem solving yang lebih efektif.  

Selain empat kelebihan di atas, wanita pengusaha juga dianggap pintar mengelola uang. Terbiasa melakukan perhitungan dan manajemen keuangan rumah tangga, membuat mereka mampu mengatur keuangan bisnis dan pribadinya dengan lebih baik. Itu kenapa wanita harus berbisnis, karena ternyata punya potensi untuk bisa menyukseskan usahanya sendiri. Setuju?  

Referensi:

Arina Yulistara. 29 Maret 2018. Ini Kelebihan Perempuan Jadi Pimpinan Perusahaan. Cnbcindonesia.com: http://bit.ly/3S8P96r

Tim Pesona. 10 Karakter Pemimpin Wanita. Pesona.co.id: http://bit.ly/3S45I3H

Geofanni Nerissa. 10 Desember 2020. 7 Tantangan Wanita Pengusaha, dari Diskriminasi hingga Dianggap Emosional. Glints.com: http://bit.ly/3YW8slR