How-To

Pengertian Lokasi Usaha dan Cara Ideal Menentukannya

Lokasi usaha adalah tempat yang digunakan untuk usaha Anda. Lokasi usaha ini sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Dalam bisnis, penempatan lokasi usaha tidak boleh sembarangan karena akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan penjualan produk atau jasa. Penasaran mengenai lokasi usaha dan bagaimana cara menentukannya? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Lokasi Usaha?

Lokasi usaha digunakan untuk kegiatan operasi atau produksi demi menghasilkan barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada pembeli atau pengguna. Dalam sebuah lokasi usaha tersebut, biasanya akan terjadi proses pembuatan, pendistribusian, hingga penyaluran barang dari produsen kepada konsumen.

Dalam pemilihan suatu lokasi usaha, pengusaha harus menentukan tempat yang strategis dan mudah diketahui oleh banyak orang. Lokasi usaha ini harus menjadi salah satu hal utama yang wajib dipertimbangkan sebelum Anda benar-benar memulai sebuah usaha yang nyata di lingkungan masyarakat konsumtif.

Cara Menentukan Lokasi Usaha yang Tepat

Menentukan lokasi usaha memang harus cermat dan tepat. Hal ini tidak bisa dilakukan begitu saja. Sebelumnya, Anda harus melakukan beberapa analisa dan survey terlebih dahulu agar lokasi yang dipilih memang benar-benar mendukung keberhasilan usaha Anda. Berikut ini ada beberapa cara yang harus Anda lakukan agar bisa menentukan lokasi usaha yang pas.

1. Melakukan Survey Lokasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menentukan lokasi usaha yakni melakukan survey terhadap lokasi yang kiranya telah Anda incar. Hal ini sangat penting untuk mengetahui sejauh mana prospek lokasi tersebut dalam menunjang kesuksesan usaha Anda. Jika memang ternyata lokasi yang diinginkan kurang menguntungkan, maka Anda bisa memilih lokasi yang lainnya.

2. Menentukan Tempat yang Strategis

Tempat yang strategis dan sering dikunjungi oleh banyak orang adalah salah satu faktor terbesar yang menjadi penunjang berhasil atau tidaknya suatu usaha. Pastikan lokasi yang Anda pilih strategis dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat yang datang dari berbagai daerah. Di samping itu, tempatnya juga harus aman, nyaman, dan memberikan kesan tersendiri yang tak terlupakan.

3. Menyelaraskan Lokasi Usaha dengan Target Pasar

Anda juga perlu untuk menyesuaikan lokasi usaha yang dipilih dengan target pasar yang menjadi incaran konsumen usaha Anda. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih tersebut dekat dengan target pasar sehingga Anda akan lebih mudah dalam melakukan marketing dan pastinya nanti akan banyak yang tertarik dengan produk atau jasa yang dijajakan.

4. Mengetahui Harga dari Lokasi Usaha

Jika Anda belum memiliki lokasi usaha hak milik pribadi, maka bisa dipastikan Anda akan menyewa tempat atau membelinya terlebih dahulu. Harga dari tempat tersebut juga harus Anda pertimbangkan matang-matang. Jika memang kiranya harga terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan budget, maka Anda harus mencari tempat yang lebih cocok dari segi harga maupun letak wilayahnya. 

Itulah pengertian tentang lokasi usaha dan beberapa cara yang harus Anda perhatikan untuk menentukan tempat yang pas untuk mengembangkan usaha. Pastikan setiap lokasi yang akan Anda gunakan sebagai lokasi usaha nantinya mampu memberikan respon yang positif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Anda juga harus menyiapkan modal untuk menyewa atau membeli tanah sebagai lokasi usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Muchlisin Riadi. Desember 16, 2020. Lokasi Usaha (Pengertian, Tujuan, Jenis, Aspek dan Faktor Pemilihan). Kajianpustaka.com : https://bit.ly/3qS9PUy

Share this Post