How-To

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam Beserta Fungsinya

Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu lembaga keuangan yang ada di tengah masyarakat. Ada banyak kegunaan dari lembaga ini yang memang pada akhirnya dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi banyak masyarakat. Mari mengenal tentang Koperasi simpan pinjam mulai dari pengertian hingga fungsinya.

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam

Lembaga keuangan memang ada banyak, salah satunya adalah Koperasi Simpan Pinjaman (KSP). KSP adalah badan usaha yang mempunyai beberapa anggota perseorangan yang bersifat terbuka atau sukarela. KSP dikelola dengan mandiri dan juga demokratis.

ACD marketplace

Pada koperasi ini kekuasaan tertinggi ada pada Rapat Anggota Tahunan. Ada sisa hasil usaha atau SHU yang nanti dibagikan secara merata dan adil kepada semua anggota koperasi berdasarkan dengan kontribusi masing-masing individu terhadap KSP. 

Ada beberapa modal yang ada dalam KSP seperti simpanan pokok yang merupakan simpanan pertama kali dibayar oleh para anggota KSP ketika masuk menjadi anggota. Hanya dibayarkan satu kali di awal masuk menjadi bagian KSP. Lalu, ada simpanan sukarela yang merupakan simpanan tanpa ada batasan waktu atau jumlah. 

Dana cadangan juga masuk modal yaitu sisa hasil usaha yang tidak dibagikan kepada para anggota namun digunakan untuk membiayai KSP. Ada juga modal pinjaman yaitu dana yang dipinjam pengurus koperasi dari orang lain guna memperkuat modal. Terakhir, ada hibah atau donasi yang diberikan secara sukarela oleh pihak luar kepada KSP sebagai modal untuk menjalankan usaha.

Fungsi dari KSP

KSP bisa berjalan dan berguna bagi para anggota karena koperasi ini memang dibuat untuk memberikan pinjaman kepada para anggota dan pihak luar, namun sesuai dengan mekanisme dan aturan yang sudah ditentukan pihak KSP. Fungsinya pun baik bagi anggota dan pihak diluar koperasi juga cukup beragam yaitu:

ACD lender

  • Mengumpulkan dana dalam bentuk simpanan dan tabungan dari para anggota
  • Menyalurkan dan memberikan bantuan pinjaman pada anggota dan calon anggota yang punya kebutuhan sangat mendesak
  • Memberikan tambahan modal usaha untuk para anggota dan calon anggota
  • Melayani pembelian dan penjualan barang secara tunai dan kredit

Pada mulanya KSP memang didirikan hanya untuk memberikan layanan untuk para anggota koperasi itu sendiri. Namun seiring berjalannya waktu KSP mulai membuka layanan untuk orang luar yang statusnya calon anggota. Agar orang luar bisa menjadi calon atau masuk menjadi anggota KSP ada syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Status kewarganegaraannya WNI
  • Bersedia melakukan pembayaran, simpanan pokok dan wajib sesuai ketentuan
  • Mau menyetujui anggaran dasar, anggaran rumah tangga, serta semua ketentuan yang berlaku di KSP

Jika sudah menjadi calon anggota atau sudah resmi menjadi anggota KSP maka sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan termasuk mengadakan pinjaman kepada koperasi. Tentunya meski sudah menjadi anggota ada syarat yang harus dipenuhi saat mengajukan pinjaman. 

Saat mengajukan pinjaman, anggota akan memperoleh penjelasan seputar bunga, akad, dan jangka waktunya. Tentunya bunga yang ada pada KSP jauh lebih kecil daripada bunga dari bank. Sebab, tujuan dari didirikannya koperasi adalah untuk memberikan anggota kesejahteraan.

Peran KSP

Berpegang pada prinsip dan tujuan didirikannya sebuah koperasi simpan pinjam, maka ada beberapa peran KSP yang cukup penting untuk para anggotanya, seperti:

  • Memberikan kesejahteraan anggota dengan adanya penyaluran dana kredit
  • Memberikan bunga yang ringan untuk menghindari lintah darat
  • Membagikan SHU yang akan digunakan sebagai dana segar bagi para anggota yang aktif
  • Mengelola dana simpanan dan tabungan sebagai bentuk investasi para anggota
  • Menjadi stimulus supaya menciptakan hasrat menabung di KSP

Itulah informasi mengenai koperasi simpan pinjam sekaligus fungsi dan peranannya. Semoga dengan informasi ini Anda bisa lebih memahami seputar lembaga yang satu ini, ya. 

ACD borrower

Referensi: 

Muhammad Idris. 21 Maret 2021. Koperasi Simpan Pinjam: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya. Kompas.com. https://bit.ly/37ahK4U

Share this Post

Artikel Terbaru