How-To

Pengertian Anuitas Serta Jenis-Jenisnya Wajib Kamu Tahu

Anuitas adalah istilah yang tidak asing dalam di bidang keuangan. Anuitas sering terdengar ketika Anda mengambil pinjaman di bank. Sebab, petugas kredit di bank biasanya menjelaskan mengenai konsep anuitas kepada nasabahnya meskipun tidak secara rinci. Istilah ini memang sangat melekat pada produk perbankan, terutama yang berkaitan dengan kredit, simpanan, serta investasi jangka panjang. Lantas, apa itu anuitas dan apa saja jenis-jenisnya? Anda bisa mempelajari secara lengkap dibawah ini.

Pengertian Anuitas

Berdasarkan dunia ekonomi keuangan, anuitas merupakan serangkaian penerimaan maupun pembayaran tetap yang dilakukan secara kontinyu, berkala, serta berkesinambungan dalam jangka waktu atau periode tertentu. Dengan kata lain, anuitas adalah cicilan penerimaan atau pembayaran yang nilainya tetap jika diterima ataupun dibayar dalam kurun waktu tertentu.

Pengertian mengenai istilah ini sebenarnya tidak hanya terbatas pada penerimaan atau pembayaran yang sifatnya berkala serta berhubungan dengan kredit dan pinjaman saja. Istilah tersebut juga dapat digunakan pada investasi yang bertujuan untuk menyiapkan kemandirian finansial ke depan. Secara lebih luas, anuitas juga dikenal dan digunakan dalam berbagai produk asuransi.

Dalam dunia asuransi, istilah ini bisa diartikan sebagai manfaat pensiun yang akan dibayarkan setiap bulannya dengan berkala. Bisa dikatakan pula bahwa istilah ini merupakan kontrak antara pekerja dengan perusahaan asuransi dimana setiap pekerja melakukan beragam rangkaian pembayaran. Sebagai imbalan nya, pekerja akan mendapatkan pencairan secara reguler pada saat waktu yang ditentukan sudah tiba.

Sementara itu, anuitas dalam bidang investasi digunakan sebagai perencanaan finansial untuk masa mendatang agar bisa memberikan aliran pendapatan yang stabil pada saat masa pensiun. Sejumlah dana yang dibayarkan oleh pekerja selama mereka masih bekerja, jumlahnya tentu akan semakin meningkat setiap tahunnya sampai masa pensiun tiba.

Jika kembali pada konteks keuangan, maka istilah anuitas diaplikasikan untuk menghitung bunga investasi jangka panjang serta bunga pinjaman. Tujuan penggunaan tersebut adalah untuk mempermudah setiap nasabah dalam membayar cicilan atau nilai angsuran setiap bulan selama jangka waktu pinjaman tersebut. Sementara dalam investasi, hal ini bertujuan untuk mempermudah investor untuk mendapatkan imbal hasil setiap bulan selama jangka waktu investasi tersebut berlangsung.

Investree menjadi salah satu platform pembiayaan dan pendanaan yang sudah sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Untuk pinjaman, Investree memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Sedangkan bagi Anda untuk yang ingin mengembangkan dana di pendanaan Investree bisa mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan penerima pinjaman (Borrower). Daftar Investree sekarang juga!

Jenis-Jenis Anuitas

1. Anuitas Biasa (Ordinary Annuity)

Ordinary Annuity merupakan jenis anuitas dengan sistem pembayaran atau penerimaan dilakukan secara berkala pada akhir waktu periode dalam jangka waktu tertentu. Contoh dari Ordinary Annuity adalah pembayaran hipotek. Pada pembayaran hipotek, penerimaan atau pembayaran hipotek selalu dilakukan pada saat akhir periode.

2. Anuitas Jatuh Tempo (Due Annuity)

Due Annuity merupakan jenis anuitas yang sistem penerimaan maupun pembayaran secara berkala dilakukan pada awal waktu periode selama kurun waktu tertentu. Contoh paling umum dari Due Annuity adalah produk asuransi. Pada saat menggunakan suatu produk asuransi, Anda harus membayar premi sebelum bisa mengklaim produk asuransi yang digunakan. Bukan hanya asuransi, produk lain dari Due Annuity diantaranya adalah rental, perjanjian sewa, dan beberapa produk lainnya.

3. Anuitas Ditangguhkan (Deferred Annuity)

Deferred Annuity dapat diartikan sebagai jenis anuitas yang mana proses penerimaan dan pembayaran berkala dalam jangka waktu tertentu dilakukan setelah lewat beberapa waktu atau periode yang telah berjalan. Dengan kata lain, pembayaran atau penerimaan pada Deferred Annuity ini dapat ditunda atau ditangguhkan.

4. Anuitas Langsung (Immediate Annuity)

Immediate Annuity merupakan suatu jenis anuitas yang pembayaran dan penerimaannya dilakukan pada kurun waktu tertentu secara berkala terjadi secara langsung tanpa adanya penundaan di suatu periode tertentu. Contoh Immediate Annuity adalah saat membeli mobil dengan sistem kredit. Mengingat bahwa penerimaan dan pembayarannya tetap, maka Anda dapat melakukannya tanpa adanya penundaan periode.

Itulah pengertian anuitas dan jenis-jenisnya yang penting Anda ketahui. Perlu diketahui juga bahwa dibutuhkan perhitungan yang teliti dan cermat agar bisa mendapatkan nilai anuitas yang tepat. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memahami pengertian sekaligus mempelajari cara perhitungannya agar bisa mengelola keuangan dengan baik. 

Referensi :

TokopediaKamusKeuangan. Anuitas. kamus.tokopedia.com : https://bit.ly/3mTQCzv

Mutia Fauzia. 30/09/2021, 18:31. Bunga Anuitas: Pengertian, Contoh, dan Cara Hitung. Money.kompas.com : https://bit.ly/3bQ72mr

Share this Post

Artikel Terbaru