How-To

Mengenal Metode Cloud Computing Secara Lebih Mendalam

Cloud computing adalah teknologi yang banyak digunakan perusahaan saat ini. Fungsi hingga cara kerjanya sangat berpengaruh pada organisasi maupun perusahaan besar. Meski begitu, masih sedikit orang yang mengenal istilah tersebut dengan baik. Oleh karena itu di sini akan diulas secara singkat dan jelas mengenai cloud computing tersebut.

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing merupakan bentuk dari kemajuan teknologi yang cukup pesat di tengah masyarakat. Adanya metode ini perusahaan besar bisa lebih mudah berinteraksi melalui satu komputer dengan komputer lain tanpa biaya yang besar.

Cloud computing ini membuat pekerjaan apa saja jadi lebih praktis tanpa memerlukan infrastruktur yang besar. Metode ini banyak digunakan dan dibutuhkan untuk menekan pengeluaran yang besar.

Jika dilihat dari definisi atau pengertiannya, cloud computing adalah proses pengolahan daya komputasi dengan menggunakan internet. Fungsi metode ini adalah untuk mengoperasikan dan menjalankan program melalui komputer yang sudah tersambung satu sama lain di waktu yang sama.

Dalam hal ini internet adalah pusat server yang digunakan untuk mengelola data serta aplikasi pengguna. Adanya metode tersebut memberikan kemudahan pengguna dalam menjalankan program tanpa perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu. Tak hanya itu pengguna juga jadi mudah mengakses data serta informasi hanya melalui internet.

Cara Kerja Cloud Computing

Untuk cara kerjanya, cloud computing ini yaitu dengan login pada internet supaya bisa mengakses sebuah program atau aplikasi tanpa proses instalasi  terlebih dahulu. Penyimpanan yang digunakan sendiri juga virtual sehingga tidak memenuhi memori komputer.

Untuk sederhananya, bentuk atau contoh dari metode cloud computing ini seperti Google Drive, Yahoo, dan PDF Gmail. Untuk menjalankan semua aplikasi tersebut, user hanya perlu memerlukan jaringan internet tanpa menginstal program tersebut ke komputer.

Model - Model Cloud Computing

1. Private Cloud

Metode cloud computing sendiri ada beberapa model atau jenis, pertama ialah private cloud. Jenis ini hanya digunakan satu perusahaan saja secara tertutup atau private. Biasanya digunakan untuk interaksi dalam bisnis dan hanya boleh dijalankan perusahaan yang sama.

Private cloud ini sumber dayanya dapat diatur dan dijalankan serta dimiliki hanya untuk satu perusahaan saja. Tidak ada perusahaan atau organisasi luar yang bisa mengakses teknologi Cloud jenis ini.

2. Community Cloud

Model yang kedua ini umumnya dibutuhkan dan digunakan perusahaan lebih dari satu dengan tujuan bersama pada masing-masing perusahaan itu sendiri. Umumnya dikelola pihak internal atau pihak ketiga. Model ini biayanya bisa dibagi pada setiap pengguna.

3. Public Cloud

Untuk model ketiga digunakan secara publik dan bebas biaya. Contoh atau bentuk dari public cloud seperti Youtube, Gmail, Instagram, Yahoo dan Twitter. Ini merupakan model cloud computing yang bebas biaya dan perlu sedikit hati-hati dalam menjaga data diri.

4. Hybrid Cloud

Ini adalah model terakhir yang merupakan gabungan dari private cloud dan public cloud. Model ini hanya bisa digunakan perusahaan atau instansi tertenu saja. Umumnya digunakan untuk interaksi Business to Business atau Business to Consumer.

Fungsi Cloud Computing

1. Media Penyimpanan Terpusat pada Server

Teknologi cloud ini sangat memudahkan penggunanya dalam penyimpanan data pada satu server dan secara virtual. Pengguna tidak membutuhkan lagi media penyimpanan dan data server. Pekerjaan pun jadi lebih praktis dan mudah diakses.

2. Keamanan Data

Data yang disimpan dengan metode cloud computing keamanannya terjamin. Ada jaminan data data tidak akan mudah rusak. Selain itu data juga akan lebih aman terjaga atau tidak akan mudah bocor ke pihak luar yang tidak terhubung.

3. Ekonomis dan Tahan Lama

Data yang terus bertambah tidak membutuhkan lagi penyimpanan seperti hardisk internal atau eksternal. Media penyimpanan yang terpusat pada server membuat data tersimpan dengan aman secara virtual. Meski sudah sangat lama, file atau data yang tersimpan tidak akan mudah corrupt.

Kesimpulannya, cloud computing adalah teknologi yang penting Anda terapkan dalam perusahaan Anda. Tentu untuk mengembangkan teknologi tersebut membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan perusahaan, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan perusahaan dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Indonesian Cloud. Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya. Indonesiancloud.com :https://bit.ly/3ofaIDM

Share this Post

Artikel Terbaru