How-To

Mengenal IUMK Beserta Cara untuk Mendapatkannya

IUMK adalah izin untuk pelaku usaha mikro dan usaha kecil yang diterbitkan oleh lembaga Online Single Submission. Yang mana surat legalitas satu ini memiliki peranan yang sangat penting bagi pengusaha bisnis rintisan untuk mengembangkan usahanya. Kendati demikian, masih banyak pelaku usaha yang awam dan kurang memahami pentingnya legalitas untuk memperoleh jaminan proteksi hukum. Lalu, apa saja manfaat memiliki izin usaha mikro dan kecil? Dan bagaimana cara untuk memperolehnya? Simak dibawah ini.ACD marketplace

Mengenal Apa Itu Izin Usaha Mikro dan Kecil

Secara garis besar, izin usaha mikro dan kecil akan memberikan kepastian hukum berikut bukti bahwa usaha terkait benar-benar legal untuk dijalankan. Tidak peduli bahkan jika usaha mikro atau kecil masih terbilang baru, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah harus mengurus surat izin demi melegalkan usahanya.

Saat ini, registrasi izin usaha mikro dan kecil sangat mudah karena dapat dilakukan secara online maupun offline. Pada permohonan legalitas secara offline, pelaku usaha dapat mengajukan permintaan legalitas langsung ke kantor kecamatan. Kemudian petugas akan meminta pengusaha untuk melengkapi berbagai dokumen persyaratan dan pengisian formulir. Sementara untuk pendaftaran online dapat dilakukan melalui layanan Online Single Submission melalui laman https://oss.go.id/portal.

Syarat dan Prosedur Pendaftaran Izin Usaha Mikro dan Kecil

Beberapa syarat pengajuan izin usaha mikro dan kecil adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi identitas diri berupa kartu tanda penduduk.
  2. Fotokopi kartu keluarga.
  3. Pas photo warna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.
  4. Surat pengantar dari rukun tetangga berikut rukun warga setempat yang terkait dengan lokasi bisnis.
  5. Mengisi formulir izin usaha mikro dan kecil yang disediakan. Untuk data yang diminta pada formulir meliputi nama, nomor kartu tanda penduduk, kontak telepon yang bisa dihubungi, alamat, sarana usaha, kegiatan usaha, serta nilai ekuitas usaha.

 

Setelah seluruh persyaratan di atas berhasil terpenuhi, lurah, kepala desa atau camat yang sudah diberi wewenang oleh walikota atau bupati bakal melakukan pemeriksaan berkas izin usaha mikro dan kecil. apabila berkas pendaftaran dirasa layak dan memenuhi seluruh persyaratan yang diminta, maka pengajuan izin usaha mikro dan kecil akan disetujui.
ACD lender

Umumnya, naskah lembaran izin usaha mikro dan kecil akan diterbitkan paling lambat 1 hari kerja, terhitung sejak tanggal penerimaan surat permohonan pendaftaran izin usaha mikro dan kecil diterima pihak petugas. Sebagai tambahan catatan, permintaan legalitas usaha ini tidak dikenai biaya, retribusi daerah, ataupun pungutan biaya lainnya.

Untuk pendaftaran secara online, tahapan prosesnya adalah:

  1. Buat akun Online Single Submission lewat halaman https://app.oss.go.id/app/#front/home. Jika sebelumnya Anda sudah mempunyai akun, silakan masuk dengan alamat email pada kolom username, tulis kata sandi, dan kode captcha yang tersedia.
  2. Ikuti arahan Online Single Submission dalam pengisian data diri, lalu lengkapi dokumen dengan data yang benar.
  3. Tekan proses nomor induk berusaha.
  4. Pengusaha akan memperoleh nomor induk berusaha dengan menekan tombol nomor induk berusaha dan nomor induk berusaha pun dapat diunduh atau disimpan.
  5. Jika sudah, klik Cetak Izin Usaha untuk menerbitkan izin usaha mikro dan kecil.

Manfaat Mempunyai Legalitas Usaha

1. Memperoleh Perlindungan Hukum

Sejatinya legalitas usaha mikro, kecil dan menengah merupakan bentuk jaminan pasti untuk proteksi dan kepastian hukum bagi suatu badan usaha. Sebagaimana diketahui, cukup banyak kasus bisnis yang ditutup pemerintah secara tiba-tiba lantaran tidak mempunyai legalitas yang jelas.

2. Mudah Menjalin Kerjasama

Daripada usaha besar yang memegang banyak risiko karena tidak berbadan hukum, banyak retail, supermarket, atau pihak lain yang lebih memilih produk usaha mikro, kecil dan menengah dengan izin resmi dari pemerintah sebagai supplier barangnya.

3. Mudah dalam Pemberdayaan

Melalui legalitas yang jelas, usaha mikro, kecil dan menengah bukan hanya akan memperoleh berbagai fasilitas eksklusif, namun juga perlindungan, pendampingan, serta kemudahan dalam pemberdayaan. Lewat proses pemberdayaan ini, usaha mikro, kecil dan menengah bakal lebih siap dalam menghadapi persaingan secara global.

 

Kesimpulannya, IUMK adalah izin legalitas dari pemerintah untuk pemberian jaminan proteksi usaha, pemberdayaan, dan pengembangan yang perlu dimiliki oleh pemilik usaha kecil atau usaha mikro. Selain legalitas, Anda sebagai pemilik usaha harus memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti pengembangan produk, promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.
ACD borrower
 

Referensi:

Riadikemas. 21 Mei 2021. Apa Itu IUMK? Bagaimana Cara Mendaftar IUMK? Bisnisukm.com : https://bit.ly/2Y7h5A9

Share this Post

Artikel Terbaru