How-To

Ketahuilah 6 Cara Menentukan Target Market Usaha Anda

Cara menentukan target market sangat penting Anda pelajari agar usaha semakin berkembang. Ada beberapa hal yang harus dianalisis terlebih dahulu agar target market yang dituju memang benar-benar sesuai dengan jenis usaha atau bisnis yang sedang dijalankan. Jika cara menentukan target market ini kurang tepat, maka usaha pun bisa jadi tetap stagnan dan perlahan-lahan akan mengalami kebangkrutan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari target market usaha dibawah ini.

Cara Menentukan Target Market

1. Menganalisa Persaingan Pasar

Cara menentukan target market yang pertama adalah dengan menganalisa persaingan pasar terhadap usaha yang sejenis dengan usaha yang sedang Anda rintis. Hal ini penting dilakukan untuk membangun strategi market yang mampu menarik perhatian dari para calon konsumen atau target pasar yang dituju.

2. Memulai dengan Asumsi

Setelah Anda memiliki produk dengan detail dan rancangan yang final, maka Anda bisa menentukan target pasar dengan cara berasumsi. Sebagai contoh, jika produk Anda merupakan produk fashion yang kekinian dengan warna soft dan gaya khas anak muda, maka nantinya Anda bisa menentukan para remaja sebagai target pasar yang paling berpotensi menggunakan produk tersebut.

3. Melakukan Komunikasi dengan Pelanggan

Menemui para pelanggan secara langsung di lapangan juga diperlukan untuk menyakinkan mereka bahwasannya produk Anda memang benar-benar juara. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan promosi dengan menceritakan keunggulan produk Anda dibandingkan dengan yang lain. Di samping itu, Anda pun juga bisa bertanya pada mereka tentang selera pasar saat ini terkait dengan produk tersebut untuk membuat produk dengan inovasi yang baru.

4. Menciptakan Buyer Persona

Buyer persona merupakan sebuah representasi dari pembeli produk Anda. Hal ini berkaitan erat dengan jenis kelamin, usia, gaya hidup, dan lain sebagainya. Jika Anda telah menentukan aspek-aspek tersebut, maka Anda pun bisa membidik target pasar dengan sangat mudah.

5. Menciptakan Branding yang Unik

Brand yang unik dan mudah diingat akan sangat penting dalam mempengaruhi target market. Buatlah brand yang memang unik dan berbeda dari produk yang lainnya. Usahakan dalam menciptakan brand ini Anda harus membuatnya singkat, padat, dan sejelas mungkin. Akan tetapi, hal tersebut harus bisa membuat target market cepat mengingatnya.

6. Memanfaatkan Analytic Tools

Analytic tools merupakan sebuah perangkat yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengolah data. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan Google Trends untuk produk apa saja yang paling banyak dicari di mesin pencari Google. Hal ini akan membantu Anda untuk dengan mudah menentukan target pasar sebuah usaha.

Itulah beberapa cara menentukan target market untuk mengembangkan usaha Anda. Dalam menentukan target ini Anda harus benar-benar sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Setelah target ditentukan, Anda juga harus melakukan pemasaran atau marketing yang kreatif agar target market yang dituju tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa milik Anda. Selain itu, modal juga penting Anda miliki. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan udaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Suryadi Kurniawan. Pentingnya Kenali Target Pasar untuk Bisnis Anda!. Niagahoster.co.id : https://bit.ly/33G5qv0

Share this Post