How-To

Ketahuilah 5 Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Strategi meningkatkan penjualan sangat penting Anda ketahui untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Tidak bisa dipungkiri, setiap hari kompetitor tumbuh dan selalu ada yang baru. Tanpa adanya strategi yang tepat, produk Anda makin sepi peminat dan kemungkinan besar tersingkir dari pasar.

Setiap pengusaha seharusnya bisa mempertahankan pertumbuhan kinerja pada bisnisnya. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengetahui seberapa bagus pertumbuhan kinerja bisnisnya adalah angka penjualan yang selalu mengalami peningkatan. Bagaimana agar penjualan meningkat? Buatlah konsumen dan pelanggan selalu yakin untuk membeli serta mempergunakan produk Anda. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari caranya dibawah ini.

Tips dan Strategi untuk Meningkatkan Penjualan

1. Kenali Pelanggan Anda dengan Baik

Di dunia bisnis Anda mengenal istilah pembeli dan pelanggan adalah raja. Artinya, Anda harus memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada pembeli dan pelanggan layaknya raja. Kenali apa saja yang diinginkan dan menjadi kebutuhan dari pelanggan. Dengan begitu mereka tidak berpaling kepada yang lainnya. Menurut pakar pemasaran tipe, pelanggan dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Tipe Tightwads yaitu suka menghemat uang dan hanya membeli produk ketika langka di pasaran.
  • Tipe Spendthrift yaitu pelanggan yang berpikir bahwa uang memang seharusnya dibelanjakan.
  • Tipe Avarage Spenders yaitu pelanggan yang tidak masuk kedua kelompok di atas dan jumlahnya paling banyak di masyarakat.

2. Jaga Kualitas Produk

Pelanggan akan loyal dan selalu membeli produk Anda jika mereka tahu bahwa produk Anda berkualitas. Jangan sampai kualitas produk Anda berbeda dari apa yang Anda sampaikan dalam pamflet promosi. Kualitas yang bagus akan menjadi pembeda antara produk Anda dengan kompetitor.

3. Lakukan Promosi dengan Tepat

Promosi adalah cara efektif untuk membuat masyarakat sebagai calon pelanggan mengenal produk Anda. Lakukan promosi dengan cara yang tepat sesuai dengan karakteristik pasar yang ingin diraih. Sebagai contoh jika target pasar produk adalah anak remaja usia 13-18 tahun Anda bisa melakukan promosi melalui TikTok atau Instagram.

Cara promosi lainnya adalah dengan rajin mengikuti pameran sehingga masyarakat mengetahui eksistensi perusahaan dan bisnis Anda. Memang biaya promosi cukup besar namun mengingat manfaatnya sangat sayang kalau dilewatkan.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

4. Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Banyak perusahaan atau pelaku usaha yang lupa menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya karena menganggap hal tersebut tidak penting. Padahal dengan menjaga hubungan baik maka pelanggan akan merasa puas dan menjadi loyal pada produk Anda. Pelanggan juga tidak akan segan untuk mengajak orang lain membeli produk Anda.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan bisa dilakukan melalui cara pemberian diskon khusus, selalu memberikan informasi kalau ada produk terbaru, memberikan voucher dan sebagainya.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Pelanggan  membeli produk bukan semata-mata karena kualitasnya saja, melainkan pelayanan memuaskan yang diberikan. Pelanggan yang merasa senang dan puas setiap kali melakukan transaksi pada umumnya akan dengan suka rela datang kembali.

Dengarkan dan segera berikan tanggapan atas semua keluhan yang disampaikan pelanggan. Selalu gunakan tata bahasa yang baik serta bersikap ramah setiap kali pelanggan datang adalah contoh bagaimana memberikan pelayanan yang memuaskan.

Itulah beberapa strategi meningkatkan penjualan yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan usaha Anda. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Admin. 11 Januari 2017. 5 Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan. Kapyaniswar.com : https://bit.ly/3kPlgcs

Tips Berbisnis. 19 Februari 2021. 5 Tips dan Strategi Penjualan Usaha agar Omzet Melesat. Gobiz.co.id : https://bit.ly/39JIomk

Share this Post

Artikel Terbaru