How-To

Ketahuilah 4 Fungsi Manajemen Pengawasan Suatu Usaha

Fungsi manajemen pengawasan usaha penting Anda ketahui. Manajemen pengawasan adalah bagian penting perusahaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang belum memahami pentingnya memiliki manajemen pengawasan dalam perusahaan. Untuk itu, berikut ini penjelasan mengenai manajemen pengawasan yang penting Anda pelajari.

Fungsi Manajemen Pengawasan

1. Mengendalikan Manajemen Perusahaan

Salah satu fungsi dari manajemen pengawasan adalah mengendalikan manajemen di suatu perusahaan. Manajemen pengawasan ini akan terus mengawal manajemen perusahaan sehingga nantinya jika manajemen perusahaan dirasa tidak bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya, maka manajemen pengawasan akan dengan sigap mendeteksinya.

Selanjutnya, hal tersebut akan disampaikan pada pimpinan perusahaan untuk dievaluasi bersama. Dengan begitu, permasalahan yang menyangkut ketidakberesan dalam manajemen perusahaan ini dapat segera diselesaikan dengan secepat mungkin.

2. Menilai Laporan dalam Perusahaan

Selain mengawasi manajemen perusahaan, manajemen pengawasan juga menilai setiap laporan kegiatan yang ada di perusahaan. Penilaian laporan ini sangat penting, sebab jika ada oknum yang tidak bertanggung jawab, maka laporan tersebut dapat direkayasa dan tidak dilaporkan sebagaimana aslinya.

Dengan adanya manajemen pengawasan, pelaporan dalam perusahaan akan benar-benar dikawal dengan baik utamanya pada laporan keuangan. Jika ada sesuatu yang ganjil dalam laporan tersebut, maka akan segera ditangani oleh pihak pimpinan dan yang berwenang dalam hal tersebut.

Laporan kegiatan termasuk dalam aktivitas pendanaan perusahaan ke instrumen investasi seperti Pendanaan. Pendanaan sangat penting untuk mengembangkan dana perusahaan. Selain itu, perusahaan bisa turut serta dalam membantu usaha kecil menengah untuk berkembang. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Perusahaan sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Pilih produk pendanaan sesuai preferensi perusahaan seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store. Atau daftar melalui website resmi Investree for Lender.

3. Menilai Kebijaksanaan dan Prosedur Perusahaan

Kebijaksanaan dan prosedur perusahaan memang harus diawasi setiap saat. Hal ini sudah menjadi tugas dan fungsi pokok dari manajemen pengawasan. Sebab, jika perusahaan tidak menerapkan prosedur yang benar, hal ini akan mematikan relasi dan juga mematikan konsumen perusahaan itu sendiri.

Oleh sebab itu, kebijakan dan prosedur perusahaan akan senantiasa dikaji dan dievaluasi dari waktu ke waktu. Jika memang keduanya dirasa sudah tidak sesuai dengan kondisi yang ada, maka akan segera dilakukan revisi.

4. Meneliti Jalannya Sebuah Kegiatan

Ketika ada kegiatan dalam perusahaan baik itu kegiatan produksi, distribusi, dan kegiatan lain yang diadakan, maka manajemen pengawasan akan selalu mengawalnya. Hal ini dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan juga tahap evaluasi setelah kegiatan tersebut berlangsung. Sebab, dalam sebuah kegiatan selalu ada hal ganjil yang akan terjadi.

Jika memang ditemukan suatu yang tidak beres dalam kegiatan, maka akan langsung dicatat, ditegur, dan dievaluasi oleh manajemen pengawasan. Tujuan lain dari meneliti kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan ini yakni untuk mengetahui seberapa besar kegiatan-kegiatan yang dilakukan memenuhi garis besar target dan tujuan perusahaan.

Itulah beberapa fungsi manajemen pengawasan pada sebuah perusahaan yang harus benar-benar Anda perhatikan dengan sebaik mungkin. Jangan pernah Anda abaikan adanya manajemen perusahaan tersebut. Lebih baik, Anda menggalakkan pengawasan pada perusahaan supaya nantinya jika ada kekeliruan atau kesalahan baik itu sifatnya kecil maupun besar, maka bisa segera terdeteksi oleh pihak manajemen pengawasan dan dapat segera dievaluasi serta dicarikan jalan keluarnya.

Referensi :

Ase Satria. 2016/05. Pengertian Dan Fungsi Manajemen Pengawasan Menurut Para Ahli. Materibelajar.id : https://bit.ly/3wx4va8

Share this Post

Artikel Terbaru