How-To

Ketahuilah 4 Cara Mengecek Merek Dagang Dengan Mudah

Ada cukup banyak cara mengecek merek dagang yang bisa Anda gunakan. Merek dagang sendiri merupakan salah satu komponen terpenting yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik usaha. Klise, keberadaan brand akan membantu masyarakat agar lebih mudah dalam mengenali produk yang Anda pasarkan. Lalu, bagaimana sih cara untuk mengecek merek dagang dengan mudah secara online?

Prosedur Cara Pengecekan Merek Dagang

Secara garis besar, pengecekan merek bisa dilakukan melalui laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Nantinya, Anda bisa memeriksa apakah nama, logo, atau warna yang hendak dipakai sudah atau belum digunakan oleh siapapun. Tujuan pengecekan merek dagang sendiri adalah agar Anda sebagai pelaku usaha tidak menghabiskan terlalu banyak biaya saat mendaftar nantinya.

Lebih lanjut, berikut merupakan prosedur pengecekan merek dagang yang bisa Anda tiru urutannya.

  1. Kunjungi laman DJKI melalui alamat https://pdki-indonesia.dgip.go.id
  2. Di halaman utama, ubah opsi Paten menjadi Merek.
  3. Tuliskan merek yang hendak dicari pada kolom pencarian bebas merek. Kemudian, klik tombol Cari.
  4. Setelah itu, sistem dgip.go.id akan secara otomatis mengeluarkan hasil merek dagang yang dicari, apakah sudah terdaftar dalam sistem maupun belum. Melalui laman hasil pencarian yang sama, Anda bisa mengetahui merek dagang tadi dipegang oleh siapa, sampai kapan tenggat waktu disetujuinya, dan apa status usahanya.

Kenapa Produk Harus Memiliki Merek Dagang?

Terdapat beberapa alasan utama kenapa suatu produk tertentu harus memiliki merek dagang, di antaranya adalah:

  1. Membedakan Produk dengan Kompetitor

Merek dagang dari suatu produk akan sangat berguna untuk mengidentifikasi bahwa produk itu berbeda dengan jenis produk lain yang namanya serupa, atau hampir mirip. Disamping itu, identifikasi produk memiliki manfaat tersendiri bagi para pebisnis, terutama dalam hal iklan atau promosi.

  1. Menambah Nilai Produk

Merek dagang juga bisa menambah nilai produk karena konsumen bakal melihat bahwa merek tadi adalah tolak ukur mereka dalam membeli produk yang diinginkan. Sederhananya, produk yang memiliki merek akan lebih bernilai daripada produk lain tanpa merek dagang.

  1. Menambah Image Suatu Produk

Umumnya, konsumen lebih mempercayai produk yang jelas dan memiliki merek tersendiri. Sebab produk tadi dinilai lebih meyakinkan dibanding produk lain yang tidak bermerek. Asal usul produk juga lebih mudah ditemukan oleh konsumen, terlebih bila merek dagang yang digunakan sudah terdaftar secara sah dimata hukum.

  1. Kebutuhan Pengelolaan Merek akan Lebih Terasa

Untuk pengusaha kecil yang berniat membuka cabang di lokasi lain, merek dagang akan lebih terasa manfaatnya. Sejatinya merek menunjukkan ciri khas tertentu. Dimanapun letak cabang usaha didirikan, ciri khas produk yang dipasarkan bakal tetap sama.

  1. Nilai Lebih Jika Ada Kompetitor yang Menggunakan Nama Sama

Seperti yang kita ketahui, pemerintah hanya akan menerima 1 perusahaan dengan nama yang sama, meskipun jenis usaha yang dijalankan berbeda. Hal ini tentu memberikan produk Anda nilai plus karena sudah terdaftar secara resmi dan tidak terkait dengan masalah hukum manapun.

Kompetitor yang menggunakan nama sama persis seperti milik Anda akan langsung ditolak pengajuannya di DJKI. Sehingga jika dijajarkan satu sama lain, produk yang mereknya sudah terdaftar secara resmi pasti akan lebih unggul dalam menarik minat masyarakat.

Kini, Anda tak perlu risau atas risiko hukum yang mungkin melanda merek dagang. Dengan melakoni cara mengecek merek dagang di atas secara runtut, Anda bisa dengan mudah memeriksa apakah merek yang akan digunakan sudah lebih dulu dipakai perusahaan lain atau belum. Cukup mudah, bukan?

Referensi:

Editorial Team. 12 Oktober 2020. Cara Cek Merek Dagang dan Hak Paten Online di DGIP.go.id. Live.divedigital.id. bit.ly/3rVJJin

Share this Post

Artikel Terbaru