How-To

Ketahui 5 Manfaat Laporan Keuangan Bagi Suatu Usaha

Manfaat laporan keuangan sangat penting bagi usaha Anda. Laporan keuangan yang disusun rapi menjadi dasar evaluasi usaha Anda. Terlebih, laporan keuangan termasuk dalam salah satu laporan yang berperan penting dalam operasional perusahaan. Jika laporan keuangan tidak dibuat, divisi keuangan akan kesulitan dalam mencari rekam jejak serta mengatur anggaran dan pemasukan dana. Untuk mengetahui jenis laporan keuangan dan manfaatnya, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Jenis Laporan Keuangan

Laporan keuangan berisi data keuangan usaha. Fungsi utamanya untuk menyampaikan kondisi keuangan baik itu informasi terkait arus kas, posisi keuangan, dan kinerja keuangan dari suatu perusahaan yang dapat bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan. Secara garis besar, laporan keuangan terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

1. Neraca Keuangan

Laporan neraca keuangan akan menunjukkan posisi keuangan dari suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Yang mana posisi keuangan sendiri dibagi lagi dalam 2 bagian, yakni debit yang diisi dengan akun aset dan kredit yang diisi akun kewajiban atau liabilitas perusahaan. Tujuan neraca keuangan adalah memahami jumlah harta, modal, serta utang perusahaan pada periode waktu yang ditentukan.

2. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi berisi detail setiap pendapatan dan biaya supaya pemegang kepentingan dapat memahami kondisi laba rugi dari perusahaan pada periode tertentu. Penyusunan laporan laba rugi memiliki tujuan untuk memahami apakah suatu entitas mengalami keuntungan atau kerugian pada periode tersebut.

3. Laporan Arus Kas

Jenis laporan ini akan menunjukkan arus kas sebuah entitas dalam kurun waktu tertentu. Fungsinya ialah mengetahui berapa jumlah pertambahan atau pengurangan kas perusahaan pada rentang periode yang ditentukan.

4. Laporan Perubahan Modal

Sama seperti namanya, laporan perubahan modal akan menunjukkan selisih lebih atau kurang modal dari perusahaan pada kurun waktu tertentu.

Fungsi Dan Manfaat Penyusunan Laporan Keuangan

1. Sebagai Bahan Evaluasi

Bagi manajemen, laporan keuangan berfungsi sebagai dasar pengambilan keputusan dan evaluasi operasional perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan C yang bergerak di bidang konstruksi sudah membuat laporan keuangan untuk bulan Maret tahun 2021. Maka, pihak manajemen dapat menggunakan laporan tersebut untuk membuat rencana anggaran pada bulan April 2021.

2. Menimbang Risiko Penanaman Modal

Bagi pemilik perusahaan maupun investor atau pemegang saham, laporan keuangan memiliki fungsi untuk mengatur tingkat risiko penanaman modal di masa mendatang.

3. Menjadi Bukti Taat Pajak

Bagi pemerintah, laporan keuangan bermanfaat sebagai data untuk mengamati kemampuan perusahaan dalam membayar pajak. Sehingga, ketika timbul kewajiban yang harus dibayar, pemerintah dapat menagihnya pada entitas terkait.

4. Menjadi Bukti Pembayaran Utang

Pemasok atau supplier membutuhkan laporan keuangan untuk memahami kemampuan perusahaan dalam membayar utang jangka pendek atas pembelian produk. Apakah kondisi finansial perusahaan cukup likuid atau tidak.

5. Melihat Kemampuan Perusahaan Melunasi Pinjaman Dana

Bagi pemberi pinjaman alias kreditur, laporan keuangan mempunyai manfaat untuk mengetahui kemampuan sebuah entitas dalam membayar kewajiban berikut bunganya secara tepat waktu.

Itulah informasi mengenai jenis dan manfaat laporan keuangan yang penting Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi  dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

 

Referensi :

Rizki Indra. 5 Agustus 2021. 5 Manfaat Laporan Keuangan untuk Usaha Anda. Lemonilo.com : https://bit.ly/3ms3Bab

Share this Post

Artikel Terbaru