How-To

Ketahui 5 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dan Bijaksana

Cara menjadi pengusaha sukses sebenarnya terletak pada pola pikir orang itu sendiri. Kesuksesan Anda memerlukan dorongan yang lebih besar dari dalam diri. Sehingga Anda tidak bisa hanya bergantung dari orang lain.

Sebagai pengusaha, dalam mendirikan suatu usaha Anda sudah pasti menginginkan usaha menjadi sukses hingga mendatangkan imbal hasil yang besar. Selain dari perencanaan yang matang, kesuksesan usaha Anda juga dapat ditentukan dari pola pikir. Sebab segala keputusan berada di tangan Anda, sehingga Anda harus bisa mempertimbangkan semua hal dengan baik.

Nah untuk itu penting halnya Anda menerapkan beberapa pola pikir berikut bila ingin mendulang kesuksesan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kerja Cerdas

Sebagai pengusaha, memforsir diri terlalu keras hanya untuk bekerja saja sebenarnya bukanlah hal yang benar. Sebab Anda juga memiliki kehidupan lain, baik itu bersama keluarga, teman, hobi dan lainnya. Tujuan sukses bukan berarti harus dilalui dengan cara mengorbankan kehidupan Anda sepenuhnya pada pekerjaan.

Jika ingin menjadi pengusaha sukses, maka Anda harus dapat menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Caranya adalah dengan kerja cerdas. Contoh dari kerja cerdas yakni dengan mengetahui prioritas. Prioritas itulah yang akan membuat Anda fokus.

2. Terus Mengembangkan Diri

Keinginan untuk terus mengembangkan diri termasuk mindset yang harus Anda miliki sebagai seorang pengusaha. Hindari cepat berpuas diri. Teruslah perluas wawasan Anda dengan belajar dan beradaptasi terhadap proses, metode maupun teknologi baru agar bisnis Anda semakin kuat dan efisien.

Hal ini mengingat kondisi pasar selalu dinamis. Kebutuhan pasar maupun bisnis akan terus berubah-ubah, sehingga Anda harus siap menghadapi perubahan tersebut. Dengan melakukan pengembangan diri, maka Anda bisa menjaga bisnis untuk ikut berkembang sesuai kebutuhan pasar.

3. Menyerahkan Pekerjaan pada Ahlinya

Menyerahkan pekerjaan pada ahlinya termasuk contoh dari kerja cerdas. Anda tak harus menguasai semua bidang dalam bisnis. Hal ini hanya akan membuat Anda kelelahan sehingga performa kerja bisa saja menurun.

Akan lebih efektif bila Anda merekrut sumber daya manusia yang ahli di bidang tertentu. Meski hal ini memang menambah biaya untuk menggaji mereka, namun Anda akan dimudahkan secara tenaga dan waktu sehingga dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis secara keseluruhan.

Dalam hal pendanaan, Anda juga harus menyerahkan kepada ahlinya. Anda bisa mengembangkan dana Anda ke Pendanaan Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk mendapatkan imbal hasil yang atraktif hingga 20 p.a. Anda bisa memilih produk Pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender. Download Investree for Lender sekarang dan kembangkan dana Anda pada ahlinya hanya di Investree.

4. Mempekerjakan Freelancer

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, merekrut orang yang memiliki keahlian tertentu yang tidak Anda miliki dapat membantu Anda meringankan pekerjaan. Walau perlu digaris bawahi bahwa Anda tak harus merekrut sebagai karyawan tetap. Saat ini merekrut pekerja lepas sudah sangat umum terutama bagi usaha yang baru dirintis.

Pekerja lepas atau disebut juga freelancer, mereka bekerja dengan mengandalkan 1 keahlian yang dimiliki. Freelancer tidak bekerja dengan terikat kontrak, sehingga mereka hanya dibayar sesuai apa yang sudah mereka kerjakan saja. Selain tidak terikat kontrak, umumnya freelancer juga tidak terikat waktu. Oleh karenanya pekerjaan ini bebas dikerjakan kapanpun.

Mempekerjakan freelancer dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang membutuhkan tenaga ahli tambahan untuk membantu mengatasi pekerjaan dengan biaya yang lebih hemat. Apabila Anda kurang puas dengan kinerja seorang freelancer, Anda dapat mengopernya ke freelancer lain yang lebih berkualitas.

5. Menjaga Hubungan Bisnis

Hubungan dalam bisnis perlu Anda jaga dengan baik demi meraih kesuksesan. Hubungan tersebut terutama kepada rekan kerja, dengan konsumen, antar pengusaha, maupun pemodal. Dari relasi ini, Anda bisa merasakan banyak manfaat seperti wawasan yang semakin luas serta kemudahan dalam mendapatkan pendanaan.

Demikian penjelasan mengenai cara menjadi pengusaha sukses. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi : 

Edelweis Lararenjana. 9 Desember 2020. 5 Cara Menjadi Pengusaha Sukses, Ketahui dan Terapkan Pola Pikir Berikut Ini. Merdeka.com: https://bit.ly/3mmXsw1

Share this Post

Artikel Terbaru