How-To

Kenali Analisis Laporan Keuangan Beserta Manfaatnya

Analisis laporan keuangan adalah salah satu hal penting bagi para pelaku bisnis. Fungsi utama dari laporan keuangan adalah memantau arus kas atau pengeluaran dan pemasukan pada perusahaan. Dari laporan keuangan ini pelaku bisnis bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari analisis laporan keuangan dibawah ini.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan adalah suatu metode yang biasa digunakan untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh. Cara ini biasanya digunakan oleh sebuah organisasi dan perusahaan karena perlu memeriksa seluruh jenis laporan keuangan secara rutin dan berkala.

Dari hasil analisis akan diketahui stabilitas keuangan serta perhitungan laba rugi perusahaan. Penganalisa harus menguraikan setiap komponen laporan keuangan sehingga nanti akan memperoleh informasi yang lebih detail.

Informasi atau hasil analisis tersebut sangat berguna untuk mengetahui keuangan perusahaan dalam keadaan yang baik atau justru mengkhawatirkan. Artinya hasil analisis akan digunakan dalam pengambilan keputusan dan tindakan dari perusahaan.

Jenis Analisis Laporan Keuangan

Analisis keuangan yang dipakai oleh perusahaan biasanya tidak satu macam. Jenis analisis keuangan ada beragam, akuntan perlu menerapkan jenis analisis laporan keuangan yang sesuai agar bisa mendapatkan informasi detail atau hasil analisis yang akurat.

1. Analisis Trend

Jenis analisis yang pertama adalah analisa trend. Istilah lain dari analisis trend adalah analisis time-series. Biasanya jenis analisis ini digunakan para manajer keuangan agar bisa melihat kinerja perusahaan dalam periode tertentu. Cara kerjanya ialah menggunakan history data dari sebuah laporan keuangan.

Dalam jenis ini metode yang digunakan adalah metode rasio keuangan yaitu perbandingan dari laporan keuangan yang sudah ada sejak beberapa tahun kebelakang. Dari perbandingan tersebut manajer bisa melihat performa perusahaan serta mengambil langkah untuk masa mendatang.

2. Analisis Common Size

Ada juga analisis common size yang sering digunakan untuk menganalisis neraca dan laporan laba rugi perusahaan. Tiap komponen laporan laba rugi nantinya dibagi dengan penjualan dan hasilnya menggunakan tampilan persentase penjualan.

Metode yang digunakan di sini adalah perbandingan yang sifatnya bukan angka absolut. Metode tersebut lebih mudah dibuat dan dipahami manajer keuangan. Laporan laba rugi jadi mudah dimengerti karena disajikan dengan format yang sederhana.

3. Analisis Persentase Perubahan

Untuk jenis analisis ini biasa dipakai untuk menghitung pertumbuhan tiap komponen laporan laba rugi atau neraca terhadap tahun dasar dibuatnya laporan atau neraca tersebut.

Analisa ini memang dikenal cukup rumit namun ini justru termasuk analisis laporan keuangan yang baik. Dari jenis analisis ini akan terlihat kondisi akun laporan laba rugi atau neraca dari total aset. Tak hanya dari aset, juga dari pertumbuhan atau penurunan penjualan.

4. Analisis Industri

Analisis industri menggunakan perbandingan kondisi perusahaan pada perusahaan lain dengan industri yang sama. Ini adalah cara untuk mengetahui cara perusahaan berinvestasi finansial. Hasil analisa ini membantu manajer melihat serta memutuskan penyesuaian finansial yang perlu dilakukan.

Manfaat Melakukan Analisa Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan merupakan indikator dalam penilaian kinerja keuangan pada periode tertentu. Nanti akan terlihat besar laba dan kerugian, laporan kas serta perputaran persediaan cash flow perusahaan. Selain itu ada beberapa manfaat laporan keuangan yang perlu diketahui:

  • Mencari tahu langkah yang akan diambil baik untuk jangka panjang atau pendek demi keberlangsungan perusahaan.
  • Sebagai tolak ukur antar perusahaan. Jadi saat ada kelemahan pada laporan satu perusahaan, pelaku bisnis dapat mengambil tindakan dengan cepat.
  • Mencari tahu keuntungan, perbandingan dari laba rugi juga rasio likuiditas.
  • Melihat dan mengetahui kekuatan dan kemampuan perusahaan.
  • Untuk memberikan informasi kepada manajemen dan calon investor.

Itulah penjelasan analisis laporan keuangan secara lengkap yang bisa Anda pelajari untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

123dok. Pengertian Analisis Laporan Keuangan Tujuan dan Manfaat Analisis Laporan Keuangan. Text-id.123dok.com : https://bit.ly/2YNjLmk

Share this Post

Artikel Terbaru