How-To

Inilah 4 Manfaat Akuntansi dalam Perkembangan Usaha

Fungsi dan manfaat akuntansi tidak hanya terbatas pada bisnis atau perusahaan saja, namun juga untuk kehidupan kita sehari-hari. Sadar ataupun tidak, ilmu akuntansi sederhana sering digunakan masyarakat dalam aktivitas ekonomi yang mereka lakukan. Dengan mempergunakan akuntansi maka perhitungan keuangan menjadi lebih mudah.

Dalam skala besar yaitu bisnis dan perusahaan, akuntansi bermanfaat sebagai salah satu acuan bagi pihak manajemen untuk mengambil keputusan terkait kebijakan serta strategi usaha. Informasi yang diperoleh dari laporan akuntansi tersebut akan digunakan oleh kreditur, investor, karyawan, manajer, pemimpin perusahaan maupun pemerintah.

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Pengertian akuntansi adalah kegiatan untuk menyajikan berbagai informasi ekonomi kepada pihak-pihak yang terkait dan berkepentingan. Di dalam usaha dan bisnis informasi keuangan yang disajikan lewat akuntansi tersebut berguna untuk mencapai tujuan yaitu mendapatkan laba secara maksimal.

Akuntansi juga memiliki pengertian sebagai teknik atau seni untuk mencatat, menggolongkan maupun menyimpulkan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan serta melakukan analisis dari hasil yang didapatkan tersebut.

Pengertian lainnya dari akuntansi adalah penyedia informasi yang dibutuhkan dalam melaksanakan segala kegiatan dalam rangka untuk membuat perencanaan serta pengawasan yang efektif yang bertujuan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan dan pertanggungjawabannya kepada pihak-pihak terkait.

Sedangkan definisi akuntansi secara lebih luas adalah rangkaian kegiatan dalam hal pencatatan, pengukuran, identifikasi, penyajian dan pelaporan semua aktivitas pada transaksi keuangan.

Apa Saja Manfaat dari Akuntansi?

1. Sarana untuk Perencanaan, Pengawasan, Koordinasi dan Pengendalian

Secara internal akuntansi bermanfaat untuk alat pelaporan keuangan kepada manajer ataupun pimpinan. Berdasarkan pelaporan keuangan tersebut nantinya perusahaan akan bisa membuat perencanaan, pengawasan, koordinasi serta pengendalian keuangan yang tepat supaya tujuan tercapai yaitu mendapatkan laba yang maksimal.

2. Acuan untuk Perhitungan Pajak

Informasi keuangan yang diperoleh dari akuntansi berguna sebagai dasar bagi perusahaan untuk memperhitungkan besarnya pajak yang harus dibayarkan. Besarnya pajak yang wajib dibayarkan perusahaan kepada negara yaitu salah satunya diperhitungkan sesuai jumlah laba yang diperolehnya.

3. Sarana untuk Mendapatkan Pinjaman

Informasi keuangan yang didapatkan dari hasil perhitungan akuntansi juga bermanfaat mempermudah perusahaan untuk mendapatkan pinjaman dari pihak lain. Perusahaan dengan keuangan yang sehat lebih dipercaya dan lebih mudah mendapatkan pinjaman sebagai modal usaha.

 

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

4. Menyediakan Informasi Keuangan bagi Investor

Banyak perusahaan yang dalam menjalankan kegiatan usahanya membutuhkan modal dari sejumlah investor yang tentu saja nilainya tidak kecil. Hal paling penting yang akan dilihat dan menjadi bahan pertimbangan oleh investor yaitu kondisi keuangan dari perusahaan tersebut. Investor hanya akan menanamkan modalnya kepada perusahaan dengan laporan keuangan yang baik dan sehat karena itu menjamin pengembalian dana miliki mereka.

 

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian dan manfaat akuntansi bagi bisnis, usaha dan perusahaan. Informasi akuntansi akan memberikan gambaran seberapa sehat kondisi keuangan pada sebuah perusahaan.

Referensi :

16 September 2021. Pengertian Akuntansi, Tujuan, Manfaat dan Fungsinya. Kompas.com : https://bit.ly/3ADj1hK

Rakha Fahreza Widyananda. 25 November 2020. 7 Manfaat Akuntansi dalam Kehidupan Sehari-hari, Anda Wajib Tahu. Merdeka.com : https://bit.ly/3u5NnHp

Share this Post

Artikel Terbaru