How-To

Ini 5 Cara Menabung untuk Mahasiswa yang Cukup Praktis

Cara menabung mahasiswa sangat mudah dilakukan. Sebagai mahasiswa, mengelola keuangan sangat penting terutama untuk yang merantau. Banyak yang mengeluh sulit untuk memiliki tabungan saat akhir bulan. Sebenarnya cara menabung untuk mahasiswa tidak sulit. Kunci utamanya yaitu menerapkan prinsip hidup hemat. Banyak manfaat menabung yang bisa didapatkan. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa cara menabung untuk mahasiswa di bawah ini.

1. Membuat Catatan Sederhana

Buat catatan sederhana yang berisi pemasukan dan pengeluaran. Setiap pengeluaran dan pemasukan catat secara rinci. Catatan sederhana tersebut bisa digunakan untuk melihat, apakah pengeluaran seimbang dengan pemasukan atau justru lebih besar pengeluaran dibanding dengan pemasukan. Catatan ini juga bisa digunakan untuk mengelola keuangan agar lebih bisa lebih terkontrol.

Evaluasi jadi lebih mudah jika ada catatan pengeluaran. Manakah pengeluaran yang paling banyak menghabiskan uang, manakah pengeluaran yang paling prioritas dan mana yang tidak. Evaluasi tersebut akan sangat membantu mahasiswa untuk menyisihkan uang untuk ditabung.

2. Menyusun Anggaran

Membuat anggaran atau budget untuk pengeluaran setiap bulan juga bisa membantu dalam mengatur keuangan. Anggaran ini bisa dibuat untuk pengeluaran setiap bulan atau mingguan. Usahakan saat belanja pengeluaran tidak melebihi anggaran yang sudah ditetapkan. Akan lebih baik jika pengeluaran bisa lebih kecil dari anggaran atau budget pengeluaran yang ditentukan. Cara ini secara tidak langsung memaksa Anda untuk lebih hemat. Anggaran  bisa dibuat sesuai dengan uang saku setiap dan kebutuhan setiap bulannya.

3. Mengutamakan Kebutuhan daripada Keinginan

Bedakan kebutuhan dengan keinginan. Banyak yang masih sering bingung, mana yang termasuk kebutuhan atau prioritas dan mana yang merupakan keinginan saja. Kebutuhan adalah sesuatu yang penting dan harus ada. Sedangkan keinginan meski tidak ada, tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk lebih mudahnya, jawab pertanyaan ini. Apakah barang ini yang Anda butuhkan? Apakah akan menjadi masalah jika satu minggu kedepan tidak ada barang ini? Jika jawabanya adalah barang yang akan dibeli tidak terlalu mendesak dan tidak akan ada masalah jika barang tersebut tidak ada, artinya Anda hanya menginginkan barang tersebut.

4. Menggunakan Diskon Mahasiswa

Sebagai mahasiswa biasanya ada fasilitas berupa diskon mahasiswa. Diskon ini diberikan mulai dari 10% dan paling besar setengah harga. Potongan harga tersebut biasanya berlaku di bioskop atau café, serta fasilitas umum lain misalnya perpustakaan kota atau untuk tiket transportasi umum. Sisa dari pembelian tiket bisa disisihkan untuk tabungan.

5. Berinvestasi

Mahasiswa sudah bisa mulai mempelajari investasi. Cara menabung untuk mahasiswa ini sangat disarankan karena selain memiliki dana darurat atau dana untuk masa depan, mahasiswa juga bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari investasi tersebut. Salah satu bentuk investasi yang sesuai dengan mahasiswa adalah reksadana.

Setoran reksadana cukup kecil,  mulai Rp 10 ribu rupiah saja. Prosesnya sekarang jauh lebih mudah karena teknologi sudah semakin canggih. Cara membeli reksadana sekarang bisa dilakukan secara online. Investree menjadi tempat membeli reksadana yang aman karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Daftar di Investree dan klik menu Reksa Dana for Lender. Setelah itu telusuri marketplace dan analisis produk reksadana yang ingin dibeli, tentukan jumlah, dan pesan reksadana. Tunggu verifikasi pembelian selesai. Proses verifikasi pembelian dilakukan sesuai dengan batas waktu penerimaan (cut-off time) pembelian. Daftar Investree sekarang juga dan raih kesuksesan di masa depan.

Itulah beberapa cara menabung mahasiswa yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Edunitas. 07 Sep 2020. Tips Efektif Menabung, Ala Mahasiswa. Edunitas.com: https://bit.ly/3kdPupg

Share this Post

Artikel Terbaru