How-To

Ingin Jadi Wanita yang Menginspirasi? Yuk, Intip Caranya!

Semua memang dimulai dari mimpi. Tak masalah bermimpi, asal Anda mau memperjuangkan mimpi tersebut. Dalam prosesnya, bukan lagi soal berapa kali Anda jatuh dan gagal, tapi seberapa sering Anda mau bangkit kembali dan berani untuk terus maju. Menjadi inspiratif adalah impian setiap wanita. Tak harus menjadi terlalu hebat, wanita inspiratif hanya perlu mau mendukung wanita lain untuk sukses bersama dan saling memberdayakan, serta berani menghadapi ketakutan. Memperingati Hari Perempuan Internasional, Investree ingin mendukung Anda agar bisa menginspirasi wanita lain di sekitar dan dapat berdaya bersama. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut!

Tak enggan mengakui kelebihan wanita lain

Jangan buru-buru menghakimi wanita lain hanya dari penampilan atau cara mereka berbicara. Apa yang Anda lihat di permukaan sering kali bias. Terkadang rasa iri muncul ketika melihat kondisi yang lain 'lebih', sehingga membuat kita terlalu subjektif dalam menilai orang. Padahal setiap wanita punya kelebihan dan kualitas dirinya masing-masing. Rasa iri hanya akan menghalangi kita membentuk hubungan positif dan bermakna dengan sesama wanita. Kita harus bisa saling menerima kelebihan untuk memaksimalkan kekuatan. Buang rasa iri yang menghalangi agar dapat saling dukung. Mau belajar dari satu sama lain. Tidak gengsi bertanya tentang cerita kesuksesan orang lain karena pasti di sana Anda akan memperoleh banyak ilmu, yang bisa ditularkan ke orang-orang di sekitar Anda. 

Mau belajar dari orang-orang hebat

Malas jelas bukan sifat wanita. Justru seorang wanita bisa sukses karena ketekunannya, rajin, dan tidak mudah menyerah. Termasuk tak henti-hentinya belajar dari orang yang lebih berpengalaman. Bila Anda menemukan orang lain mengetahui cara melakukan sesuatu yang Anda minati atau butuhkan, jangan ragu untuk meminta mereka mengajari Anda. Begitu juga sebaliknya, jangan ragu untuk membagikan ilmu Anda kepada yang lain. Setiap dari Anda punya pengalaman hidup yang berbeda, sehingga wajar bila ada orang lain yang kurang atau lebih dari Anda. Justru ini menjadi peluang untuk belajar banyak hal dan menambah ilmu yang berguna. Seorang wanita yang tidak pernah bosan belajar, memiliki peluang untuk bisa menginspirasi wanita lain di sekitarnya.

Belajar mencintai diri sendiri

Terkadang kita sebagai seorang wanita sering membanding-bandingkan diri kita dengan yang lain. Sering merasa insecure dan merasa harus selalu ikut-ikut yang lain. Padahal, wanita yang kuat adalah mereka yang memiliki independensi, rasa percaya diri, dan tak mudah terbawa arus. Itu semua bisa didapat bila kita mau mulai mencintai diri sendiri. Sebelum memimpin orang lain, pimpinlah diri Anda sendiri dengan melihat ke dalam diri Anda. Kesuksesan jangka panjang tidak akan datang bila Anda terus menyesuaikan diri dengan 'cetakan' orang lain. Sehingga sangat penting untuk bisa menjadi diri sendiri dan berusaha memberdayakan diri Anda sebelum membantu memberdayakan wanita lain di sekitar. Gali seluruh potensi yang Anda miliki dan jangan ragu untuk mempelajari hal baru yang belum diketahui sebelumnya. 

Jangan malu untuk membagikan kisah Anda

Bagikan cerita dan pengalaman Anda yang mungkin pahit atau tidak menyenangkan untuk bisa menginspirasi wanita lain. Jangan malu untuk berbagi karena bisa saja cerita Anda menjadi penyemangat atau inspirasi bagi orang lain yang mungkin juga sedang mengalaminya. Menunjukkan kepada mereka bahwa segala kesulitan pasti bisa dihadapi bila mau berusaha, adalah hal yang positif. Membagikan kisah Anda membuat orang lain tahu bahwa tidak ada yang tidak mungkin, dan menyemangati mereka untuk tidak menyerah begitu saja. Serta, memiliki kepribadian yang jujur dan apa adanya, membuat Anda lebih mudah dipercaya. Setiap wanita dibekali energi feminim yang membuat kita mampu mempercayai intuisi, rasa kasih sayang, dan kesabaran, yang perlu disadari dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

At least, berupaya untuk mandiri secara finansial

Balik lagi kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi hari esok. Setidaknya, bila kita memiliki kemandirian secara finansial, kita bisa berdaya atas diri kita sendiri di tengah situasi apapun. Bila Anda sudah berada di posisi yang aman, Anda tinggal fokus menolong/mendukung wanita lainnya di lingkungan Anda yang membutuhkan. Pasti bahagia rasanya bisa jadi bermanfaat bagi banyak orang, apalagi ikut serta memberdayakan sesama wanita. Seperti membantu wanita lainnya untuk juga bisa mandiri secara finansial. Selain itu, kondisi finansial wanita identik dengan tingkat kesejahteraan keluarga. Makin mandiri Anda secara finansial, makin baik kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Ya, di tengah zaman yang kian modern, banyak wanita yang bisa menjadi contoh dan menginspirasi sesama kaumnya. Sebut saja Najwa Shihab, Sri Mulyani, dan Susi Pudjiastuti yang menjadi sosok panutan wanita Indonesia karena kepribadiannya yang apik dan juga prestasinya yang gemilang. Apalagi sekarang eranya kolaborasi, dimana kita sebagai sesama wanita harus saling dukung untuk bisa berkembang dan maju bersama. Karena bila jalan sendiri-sendiri pasti akan terasa berat. Bila Anda ingin menjadi sosok inspiratif berikutnya, yuk, pasti bisa!

Referensi:

Angela Kambouris. 4 Maret 2019. 8 Ways Women Leaders Inspire The Next Generation. Sheownsit.com: https://bit.ly/3MxBYcm

Admin. Five Ways To Be Inspired By Women Around You. Choma.co.za: https://bit.ly/3MvpAcA

Share this Post