Cara Menabung Untuk Traveling Bersama Keluarga

Tak ada salahnya melepas penat dengan traveling bersama keluarga. Namun karena membutuhkan biaya, maka Anda harus mengetahui cara menabung untuk traveling yang tepat. Dengan menabung keinginan Anda untuk traveling bersama keluarga akan segera terwujud.

Untuk traveling, ada banyak hal yang perlu Anda rencanakan dan persiapkan. Utamanya biaya. Mau itu traveling ke luar negeri atau hanya di dalam negeri, tetap saja Anda akan membutuhkan biaya untuk transportasi, penginapan, makan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, supaya momen traveling bersama keluarga terasa menyenangkan, mulailah untuk menabung dari sekarang dengan mengikuti cara berikut ini.

1. Menentukan Tujuan Traveling

Untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan saat traveling, Anda perlu menentukan tujuan traveling terlebih dahulu. Apakah itu di dalam negeri atau ke luar negeri. Dengan begitu Anda dapat mencari lebih jauh info mengenai biaya perjalanan ke tempat atau negara tujuan. Sehingga Anda pun bisa menentukan berapa lama harus mengumpulkan uang.

Menentukan tujuan traveling akan lebih memudahkan dalam mengatur keuangan. Selain itu Anda pun semakin termotivasi untuk lebih konsisten dalam menabung. Tujuan yang masih abu-abu hanya akan membuat Anda ragu dan malas memulai menabung.

2. Merinci Perkiraan Biaya Traveling

Setelah mengetahui tujuan traveling bersama keluarga, Anda sudah dapat merinci perkiraan biaya perjalanan. Lakukan perincian secara mendetail, mulai dari biaya tiket pesawat, biaya hotel atau penginapan selama seminggu misalnya, biaya transportasi selama berada di tempat atau negara tujuan hingga memperhitungkan tiket masuk tempat wisata.

Selain beberapa biaya di atas, Anda juga sebaiknya mempersiapkan biaya untuk membeli souvenir serta biaya darurat. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai tujuan traveling Anda. Kemudian sesuaikan dengan kemampuan finansial. Karena Anda berencana traveling bersama keluarga, tentunya biaya yang harus dipersiapkan lebih besar dibandingkan bila pergi traveling sendiri.

3. Menyisihkan Gaji

Setelah melakukan perincian, maka mulailah menabung. Tips menabung paling tepat adalah dengan menyisihkan sebagian gaji tepat setelah Anda menerimanya. Besaran gaji yang ditabungkan bisa disesuaikan dengan target Anda. Semisal Anda ingin traveling dalam waktu 6 bulan dengan biaya setidaknya Rp12 juta, maka setiap bulan sisihkan setidaknya Rp2 juta dari gaji yang diterima.

Menabung menggunakan sisa gaji di akhir bisa membuat Anda kurang konsisten. Sebab besarannya tidak akan sama dan terkesan “seadanya”. Yang mana hal tersebut bisa memperlambat target tercapai. Faktor inilah yang juga terkadang membuat seseorang menjadi malas menabung.

Selain itu, Anda bisa menyisihkan uang untuk investasi seperti reksadana. Jika Anda ingin membeli reksadana, silahkan daftar ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

4. Membuka Rekening Khusus untuk Traveling

Rekening untuk tabungan khusus traveling ada baiknya dipisah dari rekening yang digunakan belanja sehari-hari maupun rekening dana darurat. Hal ini dimaksudkan supaya Anda tidak tergoda atau sengaja menggunakan uang di tabungan traveling.

Memisahkan rekening juga dapat membantu Anda untuk mengetahui seberapa banyak dana yang telah terkumpul. Sehingga bila target jumlah tabungan masih belum tercapai, Anda secara otomatis akan termotivasi untuk terus mengisinya supaya rencana traveling segera terwujud. 

5. Mencari Pemasukan Tambahan

Menabung tidak melulu harus dengan nominal yang besar. Recehan yang menurut Anda kurang berguna, sebenarnya bisa menjadi tambahan tabungan traveling Anda. Jika menemukan uang recehan berserakan, sebaiknya simpan di celengan khusus sebagai tambahan dana traveling. 

Anda pun bisa mempercepat tercapainya target dengan mencari pemasukan tambahan. Seperti bekerja freelance, membuka usaha sendiri, hingga berinvestasi. Investasi itu sendiri dapat memberikan Anda imbal hasil yang bisa digunakan sebagai tambahan untuk tabungan traveling. 

Demikian penjelasan mengenai cara menabung untuk traveling. Semoga bermanfaat. 

Referensi :

Admin. 27 September 2020. Suka Traveling? Yuk Perhatikan 10 Tips Nabung untuk Liburan!. Trusvation.com: https://bit.ly/33Y9zu4